Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bonkiAvatar border
TS
bonki
[ngeri] Inilah Yang Terjadi Jika Bumi Kehilangan Atmosfer


Bagaimana jika bumi kehilangan atmosfer? Pernahkah kalian bayangkan bagaimana bahaya nya dan apa saja dampaknya? Berikut ini adalah beberapa dampak akibat jika bumi kehilangan atmosfer :


1. Siang hari terpanggang dan malam hari akan jadi beku.
2. Bumi akan kekeringan.
3. Bumi akan mudah terkena hajaran badai meteor.
4. Penyakit metabolisme merajalela.
5. Tidak ada siaran radio.
6. Bumi mengalami kehancuran karena badai matahari.
7. Makhluk hidup akan punah.

Penjelasan :
Atmosfer menjadi payung di siang hari untuk melindungi seluruh makhluk yang ada di bumi dari panas yang memanggang, sedangkan malam hari atmosfer berguna sebagai selimut untuk melindungi umat bumi dari kebekuan. Jika atmosfer bumi tidak ada, maka menurut perhitungan suhu bumi pada malam hari jadi minus 270 der C, yang berarti kehidupan bumi akan punah membeku.

Jika Lapisan troposphere (lapisan atmosfer yg paling bawah) tidak ada, maka bumi akan mengalami kekeringan, karena lapisan troposphere ini adalah tempatnya pembentukan awan hujan.

Atmosfer bumi juga melindungi bumi dari serangan meteor. Jika atmosfer hilang, maka meteor pun langsung menghantam bumi.

Lapisan atmosfer yg disebut ionosphere, berfungsi untuk memantulkan gelombang radio. Bayangkan jika lapisan ini tdk ada maka umat di bumi tidak pernah bisa mendengarkan berita, informasi, musik, atau apapun dari media radio.

Atmosfer kita juga menahan terpaan badai matahari, dari terpaan tersebut akan ditahan oleh atmosfer dan kutub bumi. Tetapi, jika tak ada atmosfer, maka badai matahari akan langsung mengenai permukaan bumi.

Atmosfer bumi yang terdiri dari mayoritas nitrogen (78%), 20% oksigen, dan 1% gas-gas lain, dibutuhkan untuk syarat hidup oleh semua makhluk (manusia, hewan, tumbuhan). Tidak ada atmosfer maka semua akan mati.

***
Itulah salahsatu hal yang diakibatkan jika atmosfer bumi tak ada. Masih banyak hal buruk lainnya yang lebih buruk dari hal yang disebutkan diatas.



sumber : N.P
Diubah oleh bonki 01-10-2014 05:14
0
5.7K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan