Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alfiyan92Avatar border
TS
alfiyan92
Siapa Bilang Nyamuk Gak ada Manfaatnya..



HEWAN kecil yang satu ini telah menjadi musuh paling berbahaya bagi manusia. Mengapa demikian?

Karena nyamuk merupakan salah satu sumber penyakit yang berbahaya, juga dapat menghilangkan nyawa seseorang. Itulah mengapa hingga kini, nyamuk menjadi salah satu hewan yang tidak disukai.

Di balik ganasnya gigitan nyamuk, ternyata nyamuk juga memberi manfaat pada makhluk hidup lainnya lho.

Allah menciptakan sesuatu pasti ada manfaatnya, begitu pula dengan nyamuk.

Manfaat nyamuk bagi makhluk hidup lainnya, di antaranya:

1. Dari sisi ekonomi, maka tercipta lapangan pekerjaan melalui pabrik obat nyamuk, dokter-dokter, perawat dan lain-lain.

2. Dari sisi teknologi dan ilmu pengetahuan, maka tercipta jenis-jenis obat nyamuk seperti, obat nyamuk bakar, gel, obat nyamuk semprot, obat nyamuk elektronik, juga mendorong manusia untuk membuat temuan-temuan baru.

3. Dari sisi manusia, maka kita harus membuat lingkungan kita menjadi bersih.

4. Membantu proses penyerbukan tanaman coklat.

5. Membantu menyebarkan bakteri Patogen.

6. Dari sisi ilmu alam, untuk memenuhi rantai makanan, karena nyamuk juga makanan bagi binatang lain. Misalnya nyamuk di makan cicak, cicak dimakan ikan, ikan dimakan ikan lainnya yang lebih besar, dan seterusnya.

Ahli ekologi mengatakan hilangnya species nyamuk bisa berakibat:

1. Hilangnya larva/ jentik nyamuk yang telah menjadi makanan bagi ratusan spesies ikan, menyebabkan ikan-ikan harus berganti sumber makanannya. Perubahan pola makan ini bisa mengakibatkan perubahan peta genetik/ dna dari ikan-ikan yang efeknya akan diteruskan kepada rantai makanan berikutnya, termasuk manusia.

Dalam bentuk larva, nyamuk menghasilkan substansial biomassa mulai dari ekosistem perairan, kolam-kolam hingga kepada genangan air di ban bekas. Larva-larva ini memakan daun-daun busuk, detritus organik dan mikroorganisme. Larva nyamuk menghasilkan zat nitrogen yang bermanfaat bagi tanaman.

2. Beberapa spesies nyamuk berperan dalam penyerbukan tanaman tropis seperti coklat (dilakukan oleh spesies-spesies nyamuk dari keluarga ceratopogonids), hilangnya spesies ini bisa mengakibatkan proses penyerbukan dan penyebaran tanaman coklat secara alami terhambat.

3. Nyamuk ternyata sangat membantu dan efisien didalam menyebarkan bakteri patogen. Ia bisa menularkan bakteri patogen pada seseorang kepada orang lain dengan sangat cepat.

4. Banyak ahli lingkungan percaya bahwa nyamuk suatu saat bisa kita gunakan untuk tujuan-tujuan yang baik dan bermanfaat. Usaha untuk membasmi seluruh spesies nyamuk bukannya tidak mungkin, namun ada pemikiran bahwa kesuksesan usaha ini akan membuat kekosongan/ hilangnya satu komponen pada ekosistem yang nanti posisinyanya akan digantikan/ diisi oleh sesuatu yang lain (karena ekosistem selalu berusaha untuk memulihkan fungsinya).



[rika/islampos/terbarutau/akarotan]
Diubah oleh alfiyan92 30-09-2014 15:32
1
2.3K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan