erzhy86Avatar border
TS
erzhy86
PEMERAN FILM G 30S PKI
Bismillah

Setelah sekian lama ane ga nulis thread,,ane coba bikin lagi thread yg mudah-mudahan bisa menjadi suatu informasi yang bermanfaat..dan mudah-mudahan juga thread ane ga repost ya gan..

Agan/Aganwati pasti hapal dengan Film Penghianatan G 30S PKI..Era Dekade 80 s.d 90an..kita selalu disuguhkan film bernuasa politik,, yang isinya propaganda Era Orde Baru yang hingga sampai saat ini masih kontroversial tentang kebenarannya. Tapi terlepas dari kontroversial ttg kebenaran sejarah dalam film tersebut, patut kita akui bahwa film tsb sangat amat berhasil dalam mencuci otak kita untuk mempercayai adegan-adegan yg terjadi dalam film tsb. Dalam thread ini ane tidak bermaksud untuk membuka luka serta aib para pelaku sejarah yang terlibat. Namun ane bermaksud untuk membahas film tsb baik dari sutradara, penata musik, hingga para pemeran yang terdapat di dalam fim tsb yang membuat adegan yang katanya "BASED ON TRUE STORY"..

SUTRADARA/PENULIS
Arifin Chairin Noer

Otak dari Film yang terlihat sangat real ini disutradai oleh Sutradara Legendaris,terkenal dan banyak meraih berbagai penghargaan baik di tingkat nasional maupun internasional. Lahir di Cirebon 10 Maret 1941-meninggal 28 Mei 1995 ini didapuk untuk menjadi Sutradara sekaligus sebagai Penulis bersama dengan Nugroho Notosusanto dalam FILM G 30S PKI. Dalam pembuatan film ini tentunya sang sutradara melakukan riset serta kajian terlebih dahulu terhadap para pelaku sejarah walapun dari beberapa adegan film tsb ada yg memang sesuai dengan fakta sejarah, maupun sama sekali tidak sesuai dengan fakta yg terjadi. Hal ini dikarenakan kebebasan ideologi pada saat itu tidak bebas seperti apa yg kita rasakan saat ini, dan tentunya juga ada intevensi dari Pihak Pemerintah ORBA selaku penguasa saat itu, bahwa film ini dapat dijadikan sbg propaganda politik untuk menaikan citra kredibilitas Penguasa saat itu.

PENATA MUSIK/SUARA
Embie C Noer

Adik kandung dari Arifin C Noer ini dilahirkan di Cirebon tanggal 17 Juli 1955 memiliki nama asli Rumli Chairil Noer. Bahwa dalam sebuah film Penata Musik/Suara juga memiliki peran yang penting untuk mendramatisir sebuah adegan. Sehingga setiap adegan terlihat lebih hidup dengan tata kelola suara dan musik yang baik. Sebuah lagu yg saat ini masih ane kenang kalo udah ntn film ini yaitu Lagunya Gendjer-Gendjer yang diciptakan oleh Muhammad Arif. Lagu tsb melatarbelakangi penyiksaan yg terjadi, sehingga banyak masyarakat kita masih mengapriorikan kalo lagu gendjer-gendjer ini merupakan Lagunya PKI.

BRAM ARDIANTO AKA LETKOL UNTUNG
*susah bgt nyari pict nya gan*
Bram Adrianto (lahir di Yogyakarta, Hindia Belanda, 11 Februari 1942; umur 72 tahun) adalah seorang pemeran Indonesia. Ia juga merupakan anggota teater pimpinan Rendra Karno. Dia memulai debut film pertamanya dalam Gadis di Seberang Djalan (1960).Sebelum terjun ke film pada 1971-1975 Bram bekerja dalam H.A.L (Holland America Line).

SYUBAH ASA AKA DN AIDIT

Syubah Asa (lahir di Pekalongan, Hindia Belanda, 21 Desember 1941 – meninggal di Pekalongan, Indonesia, 24 Juli 2010 pada umur 68 tahun) adalah seorang sastrawan dan wartawan senior Indonesia, dan juga seniman. Akting Syubah pernah menghiasi layar kaca saat ia diminta Arifin C Noer menjadi pemeran tokoh pemimpin PKI DN Aidit dalam film dokudrama propaganda kolosal "Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI" tahun 1982, yang kemudian dirilis tahun 1984. Syubah juga menulis sejumlah novel, di antaranya Cerita di Pagi Cerah (1960).

AMOROSO KATAMSI AKA MAYJEND SOEHARTO

Ini gan pemeran Hero aka Pak Harto lahir di Jakarta, 21 Oktober 1940 ga banyak referensi ttg beliau gan,,ane dapet dari Wikipedia cm dikit aja,biografinya jarang banget,,nanti ane cari lagi ya..

UMAR KAYAM AKA PRESIDEN SOEKARNO

lahir di Ngawi, Jawa Timur, 30 April 1932 – meninggal di Jakarta, 16 Maret 2002 pada umur 69 tahun adalah seorang sosiolog, novelis, cerpenis, dan budayawan juga seorang guru besar di Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 1988-1997-pensiun. Ane ga nyangka gan,,pemeran presiden seorang Guru Besar Sastra di UGM..

PRAMANA PADMODARMAYA AKA LETJEND A. YANI

Lahir di Baturetno, Wonogiri, 27 Juni 1933 Pramana adalah salah satu pembentuk dari IKJ (Institut Kesenian Jakarta). Dirinya sering ikut pentas dalam berbagai macam pertunjukan teater Indonesia. Karena kecintaan dengan dunia teater ia ditunjuk sebagai PKJ-TIM periode 1991-1998.

WAWAN WANISAR AKA LETTU PIERE A TENDEAN

Wawan Wanisar (lahir di Jakarta, 13 Desember 1949; umur 64 tahun) adalah pemeran Indonesia.Ia mengawali karier dalam film Pengkhianatan G 30 S/PKI dengan berperan sebagai Lettu. Pierre Tendean. Kemudian, ia menjadi pemeran utama dalam film Matahari-Matahari pada tahun 1985

Itu dulu kira-kira gan,,sebenernya masih banyak lagi aktor dan artis yang pengen ane masukin, tapi nyari sumbernya susah banget gan,,nanti ane update lagi deh..Yang jelas klo liat pelem ini,,ane ngerasa ni pelem sadis,,walopun kadang-kadang bosen sama alur cerita yang hampir 4 Jam, tapi ane skrg mulai mengerti filmnya kaya gmn,,maklum aja gan jaman ane kecil dulu selalu ntn yg beginian tapi ga ngerti maksud dan tujuannya,,yg jelas PKI waktu itu ane nilai nya Keji bgt,,


Sumber : Kebanyakan ane ambil dari Wikipedia gan
http://id.wikipedia.org/wiki/Arifin_C._Noer
http://www.kelola.or.id/database/mus.../&dd_id=99&p=1
http://id.wikipedia.org/wiki/Bram_Adrianto
http://id.wikipedia.org/wiki/Syubah_Asa
http://id.wikipedia.org/wiki/Amoroso_Katamsi
http://id.wikipedia.org/wiki/Umar_Kayam
http://www.indonesianfilmcenter.com/...modarmaya.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Wawan_Wanisar
Diubah oleh erzhy86 30-09-2014 07:50
0
68.7K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan