Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

militerysAvatar border
TS
militerys
Raungan jet Skadron 14, dari Mig-21F sampai si tua F-5 Tiger
Skadron Udara 14 TNI AU dikenal sebagai skadron tempur sergap. Pernah jadi salah satu skadron terkuat dengan pesawat tempur tercanggih di masanya. Saat itu kekuatan Angkatan Udara Republik Indonesia memang bikin gemetar negara tetangga.

Satuan operasional tempur ini sejak awal sejarah pembentukannya telah mengoperasikan pesawat tempur strategis di eranya seperti Mig-21F Fishbed, F-86 Sabre serta F-5E Tiger.

Skadron Udara 14 dibentuk menjelang pelaksanaan Kampanye Trikora tahun 1962. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri/ Kepala Staf Angkatan Udara Nomor 135 tanggal 7 Agustus 1962 yang berisikan tentang pembentukan Skadron 14 sebagai Home Base pesawat Mig-21F dengan bertempat di Lanud Iswahyudi Madiun.

Indonesia adalah negara pertama di luar Pakta Warsawa yang menggunakan pesawat Mig-21.

Namun setelah peristiwa G-30S pesawat Mig-21F berhenti dioperasikan dan akhirnya digantikan kedatangan pesawat F-86 Sabre hibah Australia pada tahun 1973.

Selanjutnya pada tahun 1980 Skadron Udara 14 dilengkapi 16 pesawat F-5 E/F Tiger II buatan Northrop, AS.

Pesawat ini bisa dikategorikan pesawat tempur strategis pada zaman itu dengan kemampuan serangan darat dan pertempuran udara ke udara yang cukup baik di samping mampu mencapai 1.6 Mach (Kecepatan Suara).

Bentuknya yang kecil dan lincah, mudah dioperasikan dan dirawat serta mampu mendarat di sebagian besar landasan udara di tanah air.

Pada zamannya pesawat F-5E/F Tiger II memiliki daya penggentar yang cukup ampuh.

"Skadron Udara 14 melakukan berbagai jenis operasi antara lain: operasi pertahanan udara, operasi serangan udara strategis, operasi lawan udara ofensif dan operasi dukungan udara seperti penyekatan udara, serangan udara langsung, bantuan tembakan udara, perlindungan udara dan pengintaian," kata Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto, Kamis (25/9).

Namun teknologi terus berkembang. Raungan si macan sudah tak sebuas dulu dimakan usia. Pesawat F-5E Tiger yang sudah digunakan selama 33 tahun sejak tahun 1980 telah memerlukan pergantian. Apalagi teknologinya kini ketinggalan pesawat jet generasi keempat yang sudah dimiliki negara tetangga.

"Tingkat operasional menurun karena usia. Selain itu terbatasnya sumber pasokan suku cadang yang mengakibatkan sulit dan mahalnya perawatan pesawat tersebut," kata Hadi.

TNI AU pernah meng-grounded F-5 tahun 2012 lalu. Setelah menjalani perawatan 10 bulan, pesawat ini dinyatakan layak terbang. Namun tentu usia sudah tak bisa dibohongi.

TNI AU pun tengah mencari sejumlah pengganti untuk si macan. Sejumlah pesawat tempur canggih generasi terbaru dilirik. Harapannya Skadron 14 mengaum lagi di angkasa dan membuat gentar lawan-lawannya.

5 jet tempur canggih yang di lirik TNI AU
Diubah oleh militerys 27-09-2014 10:07
0
2.9K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan