pvtraprtmAvatar border
TS
pvtraprtm
MEMULAI itu sulit, KONSISTEN lebih SULIT!




BERATNYA MEMULAI, SULITNYA KONSISTEN

Membuat sebuah usaha bukan susah pada bagian permodalan, apalagi SDM, karna itu belakangan.
Yang susah adalah Memulai dan saat kita sudah memulai, hal paling sulit adalah Konsisten. Kok bisa?
Saat kita sudah memulai, hal yang lumrah dilakukan pada bidang usaha Barang maupun Jasa adalah menjual. Pernah gak sih kita berpikir “Besok buka usaha, bulan depan beli Mobil”, itu adalah bayang-bayang dimana kita belum memikirkan hal yang terjadi pada jenis usaha kita kedepannya, kedepannya? Iya, bisa sehari/seminggu/sebulan/atau tahunan, kalau tidak berpikir kedepan untuk sebuah pencapaian, apa yang akan kita lakukan jika sebelum waktu tersebut kita sudah mengalami kegagalan? Hehe.

Banyak pengusaha yang memikirkan keuntungan pada awal membuka usahanya, bahkan asal-buka-asal-laku, bukan pas-buka-langsung-laku. Terlihat kan perbedaannya? Yang asal mikir untuk kedepannya dan tidak konsisten dan yang maksimal hari ini dan memikirkan rencana untuk kedepannya.

“Kenapa harus rencana kedepannya?” jadi, ingin usaha anda berjalan hanya beberapa bulan saja atau beberapa tahun? Atau mungkin jadi usaha turunan? Usaha turunan, yang walaupun bukan Anda ataupun keluarga Anda yang memimpin Perusahaan namun hasil dan kebaikan dari apa yang anda bangun tetap Anda dan keluarga Anda rasakan. Sukur-sukur Anda bisa membangun pondasi yang kokoh, lah..kalau sebaliknya? Dying! emoticon-Big Grin

“Action memang penting, tapi edukasi, tetap lebih penting.”

Saat sudah punya rencanapun terkadang kita masih harap-harap cemas dengan apa yang menjadi hasilnya, itulah kenapa sebuah Edukasi penting untuk dipelajari, bukan hanya dari buku-buku motivasi tapi yang berisi Strategi, Praktisi, dan Ilmu pasti!
Saat kita sudah memulai usaha, hal yang paling kita inginkan adalah: Bebas financial, Bebas waktu, Bebas dari hutang, Bebas liburan kemana aja..tapi pada kenyataannya, kita masih dibuat repot untuk mengurus bisnis, cashflow yang tidak stabil, hasil jualan yang stagnan bahkan menurun, dan yang paling parah => stok menumpuk
Semua masalah itu hanya ada 1 penyebabnya, apa? Iya! Hal itu adalah Jualan. SDM bagus, Management hebat, kalau dari segi Pemasarannya LOYO apa yang akan didapat?
Jangankan profit, omset-pun tak kunjung naik, cash juga habis, padahal CASH adalah darahnya sebuah USAHA, kebayang kan gimana jadinya kalau bagian Pemasaran kita LOYO..


“Konsisten butuh ketegaran, keyakinan, dan impian yang akan dibuat nyata!”

Saat usaha kita mulai goyah, disitulah Konsistensi kita di uji. Entah kita melanjutkan bisnisnya atau Merubah mindset kita. Merubah mindset? Untuk apa? Jelas! Tujuannya adalah untuk meminimalisir masalah yang sudah dihadapi pada bidang usaha kita.
Apa saja masalah tersebut?
Tulislah pada kertas kosong tanpa garis berbagai masalah bisnis Anda.
Apa yang harus kita rubah?
Berikut sedikit hal yang bisa dirubah:

Cara Berjualan Kita
Kenapa dengan cara berjualan yang biasanya? Kalau cara berjualan yang biasanya
hanya memberi hasil yang gitu-gitu aja, rubah sekarang juga!

Misalnya: Adanya promo, beli 2 get 1 (Jangan buy 8 get 1, siapa yang mau beli segitu banyak? Hehe), undian berhadiah rutin, dan hal unik lainnya yang belum pernah anda lakukan pada ilmu menjual anda.

* Merubah Sikap Pada Customer
Dengan merubah sikap kita ada customer menjadi lebih baik, maka kesan baik pun akan tersebar pada customer kita, dan jika ia mendapatkan pelayanan yang baik maka akan memberi efek viral pada usaha yang kita rintis. Asyik bukan? Hehe.

* Buatlah inovasi
Inovasi bukan hanya pada bentuk barang, tapi juga bisa dimulai dari hal kecil. Kita bisa memberi packaging yang kreatif dan menarik, atau memberi tambahan sticker ataupun kartu ucapan terimakasih pada customer kita.
Pelanggan bukan hanya untuk “mereka beli, dan tak kembali” tapi ubah mindset kita untuk berpikiran “mereka beli, dan harus kembali.” Dengan cara apa? Buatlah sesuatu yang BERARTI ^^

* Pelajari Ilmu Copywritting
Apapun iklannya, sebagus apapun iklannya dan semahal apapun dana yang Anda gelontorkan untuk IKLAN anda, bukan berarti iklan tersebut membuat Orang Tertarik akan iklan Anda? “Loh...kok bisa??” jelas bisa! Karna kata-kata Anda mungkin Panjang kemudian Menyesatkan. Hehe. Buatlah yang Simple, tapi Membuat penasaran.

Contohnya:
- Inilah cara agar Anda Kaya dan keluarga Sejahtera
- Bikin boss anda IRI walau anda Karyawan
- Beginilah caranya, SUKSES usia Muda

Dan masih banyak lagi contoh dan ilmu untuk meningkatkan omset Anda.

Era digital sekarang, dari sebuah aplikasi kecil pun bisa membuat anda menjadi Miliyarder, tidak percaya? Tengoklah pembuat aplikasi Flappy Bird. Apa yang membuatnya jadi Fenomenal? Karna UNIQUE, bukan? Hehe.
So, ubah mindset anda menjadi UNIQUE, jangan takut menjadi GILA, apalagi GILA yang BERMANFAAT.

Sekian sedikit hal kecil yang inshaallah bermanfaat untuk pembaca.

Terus berkembang, jangan terengah kalau setengah jalan, mending LANJUTKAN, sampai TUJUAN dan MAPAN. Sampai berjumpa di garis finish, guys! emoticon-Ngacir2


Follow me on twitter @pvtrapratama lets sharing about business and everything ^^
Diubah oleh pvtraprtm 23-09-2014 11:00
0
4.5K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan