imamassiAvatar border
TS
imamassi
[KasVFX] Motion capture, rahasia para 3D animator Hollywood

Quote:


Quote:


Quote:

Quote:


Quote:


Quote:

Quote:


Ohiya, masing-masing retroreflective marker memiliki frekuensi yang berbeda-beda dalam memancarkan cahaya yang nantinya ditangkap kamera. gunanya untuk memudahkan pengguna dalam mengedit animasinya nanti dan agar tidak terjadi eror saat motion capture

Spoiler for :


Lalu, setelah persiapan selesai, saatnya shooting! Kamera MoCap bekerja untuk menangkap cahaya, sehingga kamera menangkap cahaya, dan mengubahnya menjadi data digital, dan ia transfer ke komputer, yang nantinya komputer akan menerjemahkan data digital dari berbagai kamera tersebut ke dalam animasi 3 dimensi secara utuh. Nantinya, animasi dari masing-masing ini akan disunting lebih lanjut, dikoneksi antar masing-masing data, dan dibuat karakter draftnya.

Spoiler for :


Prosesnya masih panjang, untuk mencapai karakter yang enak dipandang mata. Dari pemodelan karakter, texturing, penambahan hair and fur, detail, dan lainnya.

Spoiler for :


Dan facial motion capture! Salah satu hal yang cukup menakjubkan, dengan cara mereka merekam hanya muka, dengan sebuah helm yang memiliki alat khusus hanya untuk merekam gerakan muka, dengan itu, mereka dapat nantinya menggantikan gambar gerakan muka dari kamera tersebut dengan tekstur dan animasi digital. Inilah alasannya kenapa para pemeran dari pemain asli, mirip dengan karakternya di game.
Tapi, hal ini hanya berlaku apabila para moviemaker atau gamemaker ingin membuat muka pemain mirip dengan muka karakter fiksinya, apabila tidak, mereka akan menggunakan marker alias tanda-tanda di sekitar muka, sehingga kelak tanda-tanda tersebut dipakai layaknya MoCap yang tadi kita bahas, sehingga gerakan muka dari karakter fiksi (Misalkan kera di Dawn of the planet of the apes) mirip dengan gerakan muka pemainnya (meskipun mukanya enggak mirip, masa' disamain sama monyet emoticon-Bingung (S))

Spoiler for :


Diatas, kalian bisa lihat harga dari kamera MoCap dan softwarenya, kelihatannya memang mahal, tapi menurut ane DreadOut 2 harusnya udah bisa nih make teknologi ini, kita tunggu aja kabar baik dari Digital Happiness emoticon-Big Grin

Quote:


Quote:

Good Job - Volume 2 : Motion capture by Revision3 (link)
What Is? - Motion capture by Full sain university (link)
The Last of Us Performance Capture Cinematic Comparison (link)
Diubah oleh imamassi 05-08-2014 07:27
tata604
tata604 memberi reputasi
1
83.5K
485
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan