cubhinAvatar border
TS
cubhin
Penipu Online Merajalela, Cybercrime Kemana?
Malang - Banyaknya toko online fiktif semakin geliat menjelang akhir tahun ini, kasus penipuan terus bertambah dengan banyaknya laporan yang kami terima.

Toko online fiktif terus merambat ke berbagai situs penyedia iklan gratis maupun media sosial, jadi tak heran banyaknya korban yang terjebak ranjau penipuan. Yang tertipu mulai masyarakat awam sampai mantan Pakar Telematika Roy Suryo.

Sebagai informasi Verifikasi toko online, polisionline.com telah mencatat lebih dari 1000 toko online penipu yang terdeteksi berdomain gratis maupun berbayar, diantaranya penjual Gadget, Tiket Perjalanan dan Poin Hadiah Palsu. (Belum termasuk di media sosial dan penyedia iklan gratis).

Ironisnya para penipu semakin merajalela, menurut pemantauan kami dari tahun 2013 website penipuan terus ada dengan pelaku yang sama, lantas kemana cybercrime berada?

Hampir setiap hari kami menerima laporan dengan kasus penipuan, ada yang tertipu ratusan, jutaan bahkan puluhan juta, mereka sudah coba melapor ke kantor polisi terdekat namun tidak ada tanggapan serius, menurut Ilyas salah satu korban penipuan online asal Pekanabaru "Saya tertipu 4jt untuk membeli smartphone sony Z2, barang tidak pernah sampai" biasanya pelaku terus memaksa pembeli untuk menambah uang dengan alasan barang terkirim dua unit atau dengan alsan ditahan bea cukai. "Saya sudah lapor ke polisi namun polisi hanya bilang; kami tidak bisa melacak" ungkap Ilyas melalu Pesan Facebook.

Ingat kasus Roy Suryo? Beliau tertipu saat berbelanja online sepeda fixi disalah satu situs penyedia iklan gratis, lalu beliau melaporkan kasus ini ke Polisi tak lama-kemudian pelaku yang di curigai tertangkap. Lalu mengapa masyarakat yang melapor tak ada tanggapan serius? Apa karena Roy Suryo mentri? Orang terkenal? atau Karena uang polisi mau bekerja?. Seharusnya Polisi mengayomi masyarakat dan membantu menyelesaikan masalah ini.

Kami coba menelusuri lebih jauh, penipu diera 2014 ini sudah makin mengerikan, kami menemukan sebuah penawaran mobil Hummer (mobil mewah) disalah satu penyedia iklan gratis, sempat kami telpon pura-pura bertanya dan ingin membeli, harga mobil yang di tawarkan senilai Rp. 865.000.000 Wow fantastis bukan!!!

Begini cara mereka mengelabui calon pembeli? Jika pembeli tertarik sipenipu menyarankan untuk DP tanda jadi, nah dari situlah awal terjadinya korban penipuan. Tidak banyak yang dapat kami buat, kami berharap cybercrime dapat bekerja lebih maksimal untuk memberantas penipuan, agar Indonesia Bebas Dari Penipuan Online.

Quote:


Diubah oleh vitawulandari 04-02-2015 18:09
0
9.6K
70
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan