Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

moremediakreasiAvatar border
TS
moremediakreasi
Industri grafika menurut agan? Indonesia Grafika Expo ada TIKET GRATISNYA Ternyata!!!
gan, sekedar sharing aja yaa, sambil ngupi-ngupi juga enak. Masalah Industri grafika di Indonesia nih gan. menurut agan gimana??

Industri grafika? tau kan gan? sejenis percetakaan, pengemasan, penerbitan, atau apparel industri.

Semakin maju dunia menurut gue, kayaknya Indonesia kudu punya kreatifitas yang tinggi banget deh untuk perekonomiannya. Baik itu perekonomian individu maupun bangsanya. Apalagi kita sudah mau masuk Asean Economic Community 2015 biasanya dikenal pasar bebas. Kayaknya emang kita harus lebih aware deh gan, jangan sampe nanti kita susah kerja di negara sendiri.

Menurut gue, ada satu pekerjaan yang kayaknya kalo kita rintis dari sekarang belum terlambat deh gan. Yaa... contoh bisnis gan. Bisnis dibidang indutri grafika, emang sih ngga jauh-jauh sama percetakan dan lain sebagainya. Tapi menurut gue, industri ini salah satu yang menjanjikan gan.

Pertama, kita bisa terus mengasah kreatifitas kita misal : ada orderan spanduk, terus dia minta desain ke kita. Harga spanduk 12rb-15rb/meter naaah... biasanya satu spanduk dari kualitas yang biasa aja sampe yang bagus banget yaa sekitar 70rb-170rb. Lumayan kan gan plus jasa desain yang tadi. hehehe. Sampe 50 tahun lagi kayaknya masih banyak yang minta order spanduk, apalagi mau pemilu emoticon-Malu (S)

Kedua, kalo emang suka banget sama desain grafis bisa kita salurin juga di industri apparelnya. Bisa buat kaos, pin, mug, topi, pokoknya merchandising. Mayaaan gan.

Ketiga, untuk usaha media cetak juga bisa gan, buat majalah, majalah kampus, brosur, leaflet dan lain-lain. Yang penting otak kita ini dipake gimana cara mengeluarkan ide-ide kreatif. Bisa kita yang terima orderan cetak, atau kita bikin majalahnya sendiri kemudian kita cari sponsor, terus cetak sendiri.

Keempat, apa lagi ya gan. Kita bisa ciptain lapangan kerja baru emoticon-Angel dikit-dikit nabung buat akhirat (bantuin orang) hehe.

Pokoknya jangan sampe deh, amit-amit ntar bikin spanduk order luar negeri, bikin kaos sablon biasa dari luar negeri padahal mah banyak kaos-kaos distro indonesia yang ngga kalah bagus daripada luar negeri (contoh distro-distro bandung).

Alhamdulillahnya di Indonesia udah ada wadah penampung untuk pemain industri grafika ternyata gan, ada PPGI (Persatuan Pengusaha Grafika Indonesia), APMCI (Asosiasi Pengusaha Media Cetak Indonesia) jadi bisa ikutan sharing-sharing sama pengusaha-pengusaha yang sudah berhasil. Kali-kali aja kecipratan bisnis apa gitu. emoticon-Big Grin

Oh iya bulan Oktober ada eventnya tuh Idonesia Grafika Expo 2014 di Jogja.



Katanya juga ada free ticket alias tiket gretongan gan emoticon-Belo
Lumayan laah... bisa ketemu pengusaha, kali aja dapet bisnis baru. Untuk tiket gratisnya langsung klik aja gan.



terimakasih sebelumnya ya gan
0
1.6K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan