Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

unknownoneAvatar border
TS
unknownone
PDIP Jateng: Nyalon di Pilkada Butuh Biaya Rp 20 M
RABU, 17 SEPTEMBER 2014

PDIP Jateng: Nyalon di Pilkada Butuh Biaya Rp 20 M

TEMPO.CO , Semarang: Wakil Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Tengah Nuniek Sriyuningsih mengatakan sistem pemilihan kepala daerah langsung saat ini membutuhkan biaya yang besar. PDIP Jawa Tengah mendesak kepada pemerintah pusat membuat sistem pilkada langsung dengan sistem yang ketat sehingga membuat pilkada tak lagi mahal.

"Seorang calon kepala daerah di kabupaten/kota Jawa Tengah membutuhkan biaya Rp 20 hingga 25 miliar," kata Wakil Ketua PDIP Jawa Tengah Nuniek Sriyuningsih kepada Tempo, Selasa, 16 September 2014. (Baca juga: Pilkada Langsung Serentak Ini Penghematannya?)

Sebagai salah satu pengurus inti PDIP Jawa Tengah, Nuniek sangat sering melakukan pendampingan kepada calon kepala daerah di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang maju menggunakan kendaraan PDIP. (Baca juga: Jokowi Minta Pemerintah Tarik Beleid RUU Pilkada )

Nuniek menambahkan kebutuhan biaya lain yang besar dan mesti dikeluarkan seorang kandidat kepala daerah adalah biaya saksi dan alat peraga kampanye. "Meski sudah mengeluarkan Rp 20 miliar itu belum ada jaminan seorang kepala daerah bisa menang," kata Nuniek.

Nuniek menyebut biaya Rp 20-25 miliar itu belum termasuk jika seorang kepala daerah melakukan politik uang (money politic). Jika ditambah dengan kebutuhan politik uang, kata Nuniek, maka biaya berkompetisi dalam pilkada semakin besar.

Polemik pilkada mencuat seiring dengan pembahasan Rancangan Undang-Undang Pilkada. Beberapa partai yang tergabung dalam koalisi Merah Putih menginginkan agar pilkada dikembalikan melalui sistem pemilihan di DPRD. Sedangkan PDIP dan beberapa partai lain pendukung calon presiden terpilih, Joko Widodo-Jusuf Kalla, tetap ingin kepala daerah dipilih secara langsung.(Baca juga: Kata Koalisi Merah Putih di Daerah Soal Pilkada)

ROFIUDDIN

Source:
http://www.tempo.co/read/news/2014/0...-Biaya-Rp-20-M

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News
0
2.4K
39
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan