baratayudha17Avatar border
TS
baratayudha17
(LOE JUAL PADE LARI) - Ahok Minta UU Pembuktian Terbalik Diterapkan

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau biasa dikenal Ahok menyatakan, Undang-Undang pembuktian terbalik diterapkan kepada calon penjabat negara. Sebab, sebagai penyelenggara negara harus terbuka pada masyarakat mengenai hartanya.

Demikian disampaikan Ahok usai menghadiri upacara kemerdekaan Indonesia ke 69 Tahun di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

"Kita mesti Undang-Undang pembuktian harta terbalik, terutama untuk persyaratan menjadi pejabat,"katanya di Monas, Minggu siang.

Sebab, dengan cara itu bisa diketahui harta kepunyaan tersebut didapatkan. Dengan begitu ia berharap bahwa Undang-Undang tersebut segera diterapkan.

"Harus berlaku di Indonesia. Jadi siapapun yang menjadi pejabat, harus ditelusuri darimana harta mereka dapatkan," tegas Ahok.

Dengan diberlakukannya Undang-Undang itu, lanjut Ahok, dipastikan permasalahan korupsi yang sering melibatkan pejabat atau penyelenggara negara bisa dihilangkan. Sebab, akar permasalahan di Indonesia adalah korupsi.

"Supaya tidak ada lagi korupsi. Akar masalah Indonesia semuanya itu adalah korupsi sebetulnya," tukasnya.

Pernyataan tersebut mengingatkan kembali pada wacana pembuktian terbalik. Sebelumnya pada Desember 2004, KPK meminta pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) tentang Pembuktian Terbalik.

Menurut KPK, Perpu ini dibutuhkan untuk mempercepat pemberantasan korupsi. Kemudian pada bulan Desember 2005, KPK juga pernah mendesak pemerintah untuk segera membuat rancangan undang-undang (RUU) Pembuktian Terbalik agar pemberantasan korupsi mengalami peningkatan.

[url="http://m.inilah..com/read/detail/2128027/ahok-minta-uu-pembuktian-terbalik-diterapkan"]Crot dimarihemoticon-Big Grin[/url]

Yg ane bold, sejak 2005 sdhkah DPR yg terhormat berjuang agar UU ini bs dijalankan? Βrp byk Pejabat yg sudah berteriak selantang Ahok soal Pembuktian Terbalik Hartanya & bila terbukti bersedia dimiskinkan? Apa ada lawan politik Ahok spt Lulung, Taufik, atau PKS yg berani melayani jualan ahok ini?emoticon-Bingung
Scr pribadi oklah Ahok emg cadas aplg kl marah, walo emg sih ucapan2nya byk yg msk akalemoticon-Big Grin
Tp apa org2 spt Ahok ini disingkirkan?Lalu kita melanjutkan harapan majunya negeri ini di alam mimpiemoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh baratayudha17 11-09-2014 17:23
0
2.9K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan