Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

IjukzAvatar border
TS
Ijukz
Hati-hati dengan LION AIR, sangat sangat MENGECEWAKAN
Awal


Perubahan


Saya dan rekan-rekan membeli tiket pesawat online lion air untuk Jakarta - Penang menggunakan kartu kredit. Rekan-rekan saya membeli lewat travel agent yang cukup terkenal di online, kemudian saya membeli lewat website lion air langsung [url=http://www.lionair.co.id.]www.lionair.co.id.[/url]

Sudah berhasil dibeli, beberapa hari kemudian ada email masuk dari pihak lion air ke saya, yang isi nya pemberitahuan perubahan jadwal, saya lihat rincian nya:

Jadwal awal Jakarta (06.00) - Medan (08.20) kemudian Medan (09.40) - Penang (11.30), berubah menjadi
Jadwal perubahan Jakarta (06.00) - Medan (08.20) kemudian Medan (16.15) - Penang (18.05).

Karena saya dan rekan-rekan saya ada acara resmi di Penang, dengan perubahan jadwal seperti itu akan telat sekali, maka saya cancel dan pindah ke penerbangan lain nya.
Saya telpon CS nya lion air, bisa cancel nanti uang nya kembali full katanya, tapi proses nya 30 hari kerja (hampir 2 bulan), jika melalui travel agent bisa lebih lama karena lion air ke travel agent juga 30 hari kerja. Saya bilang "lho ini kan lion air yang salah yang ubah jadwal kenapa proses refund nya lama sekali, kalau begitu saya musti bayarkan kartu kredit dulu dong, kalau tidak kan kena bunga & late charge lewat tanggal jatuh tempo nya". Pembicaraan itu tidak di gubris oleh CS lion air itu, lalu saya bilang "halo", CS itu menjawab "iya". Saya tanyakan hal yang sama itu dia tidak jawab lagi seperti sedang melayani customer lain. Kurang ajar sekali ini CS. Kemudian saya tutup telpon nya, saya langsung menuju lion air tower jalan gajah mada Jakarta.

Sesampainya disana, saya langsung menuju ke CS lion air, tidak lama kemudian saya dibawa keruangan CS di belakang setelah kasir, disana saya bicara dengan Pak Raizak CS juga yang di dalam. Saya komplain soal refund yang lama sekali sampai 30 hari kerja. Kemudian dia bilang "kalau yang punya Bapak karena beli nya lewat website kami, kami bisa bantu proses lebih cepat, tapi kalau untuk yang lewat travel agent seperti ini tergantung nanti travel agent nya Pak". Panjang lebar saya komplain, saya minta CS bernama Raizak ini untuk telpon pihak travel agent nya kemudian loudspeaker. Setelah dia bicara kasus nya dengan pihak travel agent, bagian ticketing travel agent tersebut mau bicara dengan saya langsung, kita bicara saya ajukan keberatan saya karena terlalu lama.
Singkat cerita pihak travel agent mau untuk melalukan full refund transfer ke rekening saya dengan menggunakan uang dari travel agent itu dulu, baru kemudian nanti dia urusan dengan lion air nya dalam waktu 3-5 hari kerja.
Yang menggunakan travel selesai sudah. Tinggal yang punya saya yang langsung melalui website lion air.
Kata CS Raizak "oke Pak yang dari travel agent beres ya, sekarang tinggal yang punya Bapak untuk kita ajukan refund sebelum tanggal jatuh tempo kartu kredit Bapak atau nanti kita refund cash ke rekening Bapak". Datang temen CS Raizak yang bernama Andri menambahkan "iya Pak bagus travel agent nya mau gantiin dulu, biasa nya suka ga mau, tapi kalo yang punya Bapak ini, kan Bapak beli langsung lewat kita, jadi harusnya bisa lebih mudah dan cepat".

Setelah itu saya pulang.

Beberapa hari kemudian CS Raizak telpon saya mengkonfirmasi bilang bisa di refund cash, tapi tak lama 5 menit kemudian, CS Raizak telpon saya lagi "mohon maaf Pak, tadi sudah dibicarakan lagi dengan area manager saya ternyata untuk kasus ini tidak bisa refund cash karena menggunakan kartu kredit ada proses ke pihak bank nya. Kemudian saya bilang saya mau ketemu sama area manager nya. Singkat cerita saya ketemu sama area manager nya Bapak Isnandar di lion air tower gajah mada Jakarta.

Saya bicara dengan Pak Isnandar, saya bilang "kenapa lion air tidak bisa, sedangan travel agent saja bisa, toh proses dari travel agent ke pihak bank dan proses dari lion air ke pihak bank sama perlu verifikasi seperti tadi Bapak bilang". Pak Isnandar jawab 'iya Pak betul, tetapi kan kita berbeda dengan travel agent Pak, prosedur kita juga beda, mungkin travel agent bisa karena memang skup nya dia kecil, kalau kita kan skup nya besar, 1 hari saja bisa transaksi ribuan tiket, itu kan kita perlu waktu untuk pihak kita proses nya". Saya bilang "lho gampang aja Pak, ini kan kesalahan pihak lion air mengubah jadwal yang sudah di publish, kenapa ga samain sama seperti travel agent saja bayar dulu cash baru Anda urusan sama bank nya, karena kalau begini kan merugikan customer, yang salah siapa tapi pihak yang tidak salah yang dirugikan".
Kemudian dia bilang "kita tidak merugikan siapa pun, karena begitu Bapak mengklik di website kami, sudah ada peraturan-peraturan tertulis, kalau Bapak klik berarti setuju". Saya bilang "betul Pak, travel agent juga sama ada peraturan nya, tapi saya ajukan keberatan bisa kok di refund cash, nanti travel agent yang berurusan dengan pihak bank dan lion air, malah dia urusan nya lebih banyak".
Dan sekali lagi Pak Isnandar ini bilang "iya Pak disini semua kita terbentur sama aturan, kalau dibandingkan dengan travel agent kan dia skup nya kecil, kalau kita skup nya besar". Kemudian saya bilang "kenapa yang saya beli langsung di lion air nya lebih sulit refund nya dari yang travel agent ya, padahal pihak travel agent kan harus berurusan dengan 2 pihak, lebih repot travel agent sebenarnya, travel agent juga harus nanggung resiko kesalahan pihak lion air kan, tapi mereka mau, berarti memang mereka tidak mau merugikan customer, kalau pihak lion air berarti peraturan nya ini merugikan customer ya, walaupun lion air yang salah tetap merugikan customer ya".
Pak Isnandar jawab "kalau menurut saya sih tidak ya, itu kan menurut Bapak, kalau persepsi Bapak seperti itu ya tidak apa-apa, itu kan hanya menurut pemikiran Bapak saja, jadi sekarang gini aja Pak dari pada kita debat kusir gini saya juga ga berani kasih spekulasi ke Bapak kapan bisa kita refund nya, lebih baik Bapak langsung proses refund saja, gimana?"
Saya bilang "jadi sekarang saya hanya buang-buang waktu saja ke lionair tower bicara sama orang yang salah dan tidak bisa kasi keputusannya gimana, saya kira Bapak orang yang berwenang disini bisa kasih keputusan".

Singkat cerita saya sudah muak sama pihak lion air saya ke counter refund untuk urus refund yang lama itu.
Di counter refund saya diantar dengan CS Raizak, dan saya tanda tangan form refund sampai dua kali, karena tanda tangan saya diluar kotak dan tidak sesuai sama persis dengan KTP, saya disuru tanda tangan lagi, sama saja memang tanda tangan saya begitu, di bank saja bisa kok. Kemudian CS Raizak bilang ke bagian refund nya "yaudah biarin Bapak ini udah ga mau tanda tangan lagi, biarin aja paling nanti di reject".

Kira2 2 menit kemudian saya bilang "mana kepala refund nya, suru dia liat muka saya, sama saya tanda tangan, bener saya yang tanda tangan sendiri, kalau ini sampe reject, lion air GILA, saya sudah datang dua kali kesini, saya sudah ketemu sama area manager nya (Pak Isnandar), masih bisa reject, GILA lion air, sudah yang salah siapa ubah jadwal penerbangan refund lama, terus proses bisa dipersulit lagi, bener-bener LION AIR GILA".

Saya langsung tinggakan lionair tower saat itu juga. Saya sudah sangat kecewa dengan PT LION AIR. Dengan travel agent saja bisa lebih baik travel agent, sedangkan beli di lionair langsung malah lebih ribet & dipersulit. Parah lionair sungguh.

Ini just info bagi seluruh rakyat Indonesia yang menggunakan jasa penerbangan. Hati-hati dengan LION AIR, jika sudah ada masalah atau kesalahan dari pihak LION AIR, akan sangat sulit di proses dan lama sekali, malah bisa jadi dipersulit.

Ini pengalaman saya pribadi. HATI-HATI menggunakan jasa penerbangan LION AIR.

Terimakasih.
0
8.6K
38
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan