selena.gemezAvatar border
TS
selena.gemez
Perbedaan gedung wakil rakyat di jerman dan indonesia
Sebuah tulisan besar terpampang jelas di atap gedung wakil rakyat Jerman di Berlin. 'Dipersembahkan untuk Rakyat Jerman', begitu kira-kira arti tulisan dalam bahasa Jerman. Gedung wakil rakyat atau Reichstag itu memiliki sejarah panjang. Dibangun pada 1894, gedung bergaya klasik Romawi ini begitu bersahabat dengan rakyatnya.

Akhir pekan lalu, detikcom sempat menyambangi gedung DPR jerman ini. Tak ada pagar di halaman gedung itu, rakyat bisa bebas bermain, bersantai, atau berwisata di halaman gedung. Pengamanan ketat diberlakukan bila masuk ke dalam gedung.

Di halaman nan luas dengan rumuput hijau, banyak warga Jerman bermain, duduk-duduk, atau olahraga. Tak hanya warga lokal, turis juga banyak yang berfoto-foto dengan suasana gedung tua nan klasik.

Para warga di sana juga tertib, tak ada yang buang sampah sembarangan, jadi suasana bersih bisa tercipta. Tempat sampah terletak di sudut-sudut kompleks reichstag.

Puas berwisata di halaman, bermandikan sinar matahari dan angin nan sejuk, kita bisa berkunjung ke dalam gedung. Mesti registrasi lebih dahulu untuk masuk melihat ke dalam. Bila turis asing minimal dua hari sebelumnya, karena pihak berwenang mesti mengecek identitas paspor kita.

Masuk ke dalam pengamanan ketat diberlakukan. Seluruh barang bawaan diperiksa dengan alat detektor. Setelah pemeriksaan, pengunjung bisa masuk ke dalam. Menggunakan lift kita bisa sampai di lantai puncak dengan menara kaca.

Dahulu di masa gedung wakil rakyat ini masih menjadi gedung kekaisaran Jerman, di puncak gedung terdapat menara. Tapi kini diganti dengan menara kaca yang transparan dan bebas dikunjungi. Isi menara kaca ini foto-foto sejarah gedung itu.

Tak hanya itu saja, di atap gedung ini juga terdapat restoran. Menu khas Jerman disajikan sambil menikmati pemandangan. Setiap tamu mesti reservasi atau kalau beruntung sedang kosong bisa go show. Seorang tamu dikenakan biaya hingga 150 euro untuk makan di tempat kebanggaan rakyat Jerman itu.

Omong-omong soal gedung wakil rakyat Jerman nan megah dan ramah, bagaimana dengan Gedung DPR di Senayan? Mudahkah rakyat kesana?

foto-foto gedung nya
Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:



SUMBER
Diubah oleh Kaskus Support 03 15-10-2015 12:06
0
2.8K
23
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan