Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vibiz10Avatar border
TS
vibiz10
Motor dan Mobil Buatan Indonesia Semakin Diminati Dunia !





Sumber : beritadaerah

(Berita Daerah – Nasional) Ekspor sepeda motor yang diproduksi di Indonesia ditargetkan mencapai dua persen atau 156 ribu unit dari perkiraan total produksi sebesar 7,8 juta unit pada 2014.

Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Gunadi Sindhuwinata, mengatakan bahwa proyeksi pertumbuhan ekspor pada 2014 masih berkisar pada kenaikan satu persen dibanding 2013. Satu persen dari produk nasional 7,7 juta untuk ekspor 2013, jadi proyeksinya bertambah satu persen lagi pada 2014.



Meskipun pangsanya terbilang kecil dan ekspornya lebih bersifat komplementer, Indonesia masih dapat memaksimalkan peluang ekspor di pasar kendaraan roda dua milik negara-negara di wilayah Amerika Selatan, Afrika, dan juga Eropa.



Beberapa investasi produsen motor untuk membangun pabrik di Indonesia juga dapat memperkuat posisi Indonesia untuk menjadi basis produksi bagi kawasan dan global, bukan hanya dalam negeri.



Sekarang ini, Indonesia dihadapkan pada pertanyaan apakah sepeda motor dapat berkembang atau tidak. Memang ceruk pasarnya terbatas, tetapi masih ada celah, apakah di Amerika Selatan, Afrika, Eropa Timur, atau Asia Barat.



Semakin banyak realisasi investasi di industri sepeda motor akan semakin menguatkan potensi ekspor Indonesia, yang menjadi produsen ketiga sepeda motor terbesar di dunia.

Untuk melancarkan target ekspor itu, hambatan infrastruktur dan konektivitas, terutama menuju pelabuhan, diharapkan agar segera diselesaikan oleh pemerintah dan pemangku kepentingan terkait.

Dorong supaya faktor efisiensi bisa ditingkatkan. Ekspor dari pabrik ke pelabuhan yang mestinya tiga jam tapi harus setengah hari atau satu hari, hal itu diharapkan bisa dilakukan secara nasional dan diperbaiki.

Menurut Kementerian Perdagangan, nilai ekspor sepeda motor Indonesia mencapai 126,44 juta dolar AS pada 2013, ditambah ekspor komponen sepeda motor sebesar 437,98 juta dolar AS. Tren ekspor sepeda motor dan komponennya mengalami tren pertumbuhan positif, masing-masing 39,42 persen dan 36,65 persen dari 2009 hingga 2013.

Produsen motor yang baru saja meresmikan pabrik barunya di Indonesia adalah Kawasaki Heavy Industries Ltd.



UPDATE !!! Kawasaki bangun pabrik ke 2 di Cikarang - Bekasi. Informasi lebih lengkap.. Silakan Klik Link di bawah ini..

Kawasaki Bangun Pabrik ke 2

Dari empat model sepeda motor yang akan diproduksi di pabrik terbaru Kawasaki, model sports Ninja RR Mono dan LX150L diekspor ke berbagai negara Asia Tenggara dan Jepang. Sedangkan, dua model lainnya, KLX 150S, dan D-Tracker150 masih untuk pasar domestik.

Kawasaki menargetkan dapat mengekspor 1000 unit sepeda motor setiap bulan atau 12 ribu setahun untuk dua produk Ninja RR Mono dan KLX150L.

Selain sepeda motor, hingga awal tahun 2014, Indonesia sudah mengekspor lebih dari 170 ribu unit mobil ke lebih dari 60 negara. Ekspor tersebut menunjukkan jika kualitas mobil di Indonesia sudah diakui.



Angka tersebut hanya dalam bentuk mobil CBU atau Complete Build Up. Sedangkan mobil dalam bentuk CKD (Complete Knock Down) sejumlah 80 ribu unit. Maka apabila ditotal semua jumlahnya sekitar 250 ribu unit.







Negara yang menjadi tujuan ekspor mobil produksi Indonesia seperti negara di kawasan ASEAN, Timur Tengah, dan Amerika Latin.

Eronu Telaumbanua/VM/BD-ant
Editor: Eni Ariyanti
Sumber : beritadaerah


Diubah oleh vibiz10 11-04-2014 09:05
0
10.7K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan