nafismahendraAvatar border
TS
nafismahendra
10 Motor Tanpa Plat Nomor Dikendarai Polisi


Beberapa aksi oknum polisi yang sepertinya dengan sengaja menggunakan motor tanpa plat nomor. Belum diketahui secara pasti motor-motor tersebut merupakan kendaraan pribadinya atau pun motor hasil razia.

Aturan yang jelas dalam pasal 68 UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan disebutkan, kendaraan bermotor wajib memakai tanda nomor kendaraan bermotor yang memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna dan cara pemasangan. Bagi yang melanggar akan dikenakan pasal 280 UU yang sama (denda Rp 500 ribu).

Semua kendaraan punya kewajiban sama, baik milik pemerintah, pejabat lalu lintas atau pun yang lainnya. Sebab plat nomor tersebut sebagai identitas kendaraan.

Apa pendapat Anda tentang foto-foto berikut yang diunggah ke dalam dunia maya?

1.Yamaha Vixion


Oknum ini mengendarai sepeda motor Yamaha Vixion tanpa plat nomor. Meski tidak memakai helm bertuliskan 'polisi', dari identitas seragam yang dipakai sudah sangat jelas, bahwa dia seorang polisi.

2.Honda Vario


Sepeda motor Honda Vario yang dikendarai oknum polisi ini kelihatannya masih baru, sebab belum ada plat nomor kendaraan yang menempel pada kendaraan tersebut.

Namun di dalam UU No 22 Tahun 2009, cukup jelas tertera sebuah aturan bahwa setiap kendaraan bermotor harus berplat nomor polisi yang ditempel pada tempat yang disediakan pada kendaraan dan bisa terlihat.

3.Honda Supra x 125


Honda Supra X125 yang dikendarai oknum polisi ini jelas-jelas tidak berplat nomor. Rekan polisi yang ada disampingnya juga terkesan cuek dengan fakta yang tidak wajar ini.

4.Kawasaki Ninja 250


Sepeda motor Kawasaki Ninja 250 warna merah ini dikendarai oknum polisi tanpa bekal plat nomor, diperparah dengan tidak adanya helm sebagai persyaratan keamanan diri.

Jika mengacu pada UU lalu lintas, pelanggaran semacam ini bisa didakwa dengan dua pelanggaran sekaligus atau pelanggaran berlapis.

5.Motor modifikasi(entah motor apa iniemoticon-Bingung (S))


Motor yang sudah dimodifikasi ini dikendarai oknum polisi tanpa menggunakan plat nomor. Meskipun motor modifikasi, bukan alasan bagi pengguna kendaraan untuk tidak melengkapi standard plat nomor kendaraan.

6.Honda Vario


Dari tampilan belakang motor ini sepertinya Honda Vario yang dikendarai seorang polisi. Motor tersebut terlihat tidak menggunakan plat nomor kendaraan.

7.Mio sporty


Motor ini terlihat cukup kotor dan dikendarai seorang polisi tanpa menggunakan plat nomor kendaraan. Tampak jelas pengendara ini seorang polisi dari rompi dan helm yang digunakan.

8.Hayate 125


Melihat dari tampilan stoplamp, sepertinya motor ini merupakan motor matic lansiran pabrikan Suzuki. Oknum ini juga terlihat masih menggunakan seragamnya yang bertuliskan 'polisi'.

9.Mio soul


Dua orang pengendara yang merupakan penegak disiplin ini mengendarai motor tanpa menggunakan plat nomor. Kalau melihat tampilan belakangnya motor ini sepertinya Yamaha Mio Soul, terlihat ukurannya yang lebih besar.

10.Honda Win


Cukup sulit untuk mengenali motor ini, namun yang jelas motor ini dikendarai oleh seorang yang berseragam polisi tanpa menggunakan plat nomor. Belum diketahui secara pastinya motor ini merupakan hasil razia atau memang sengaja dikendarai demikian.
0
15.7K
62
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan