dimasminzuAvatar border
TS
dimasminzu
Sharing Pengalaman Buruk Servis Motor Yam*ha di Bengkel Resminya
Dear warga Tangerang, khusus buat kalian yang punya motor Yam*ha dan tinggal disekitaran Taman Cibodas, Sangiang, Kota Bumi dan Bugel, mungkin kalian pernah tau bengkel resmi Yam*ha yang beralamatkan di Jl. M.Toha Km.3 No 23 RT 01/07, Kab. Tangerang, atau kalian mungkin pernah servis motor kesayangan agan disitu? mohon maaf sebelumnya jika agan berlangganan atau punya hubungan khusus dengan bengkel itu, tapi Ane pribadi amat sangat tidak merekomendasikan bengkel tersebut agan kunjungi dan agan percayai. Kenapa ? Ane punya pengalaman yang amat sangat ngga enak disana, dan banyak kejanggalan yang terjadi juga, berikut akan Ane ceritakan pengalaman Ane.

Pada hari minggu, 24 Agustus 2014 Ane akan melakukan servis berkala untuk motor Vixi*n (2010) kesayangan yang biasa Ane panggil si Hitam, pada awalnya memang bagian kelistrikan motor Ane agak bermasalah, engine ngga bisa distart otomatis, harus diselah (manual), udah kurang lebih 3 minggu kondisi begitu, namun fungsi yang lain masih sempurna, lampu indikator kuning speedometer (MIL) dan indikator overheat masih normal semua, tidak ada kendala. Ane kemudian pergi ke bengkel langganan Ane yang terletak ngga jauh dari RSIA Annisa, namun karena mekaniknya cuma 1 dan ada sekitar 3-4 motor yang mengantri si empunya bengkel bilang ke ane katanya udah ngga nambah lagi, kasian mekaniknya cuma 1, karena begitu ya mau gamau ane cari bengkel lain, dan yang ane tau cuma bengkel resmi di daerah Sangiang ini, meluncurlah ane kesitu.

Sesampainya ane ditempat tujuan, ane langsung ambil nomer antrian, ngga lama kemudian akhirnya giliran si Hitam di servis. Dari awal mekanik dan salah satu rekannya telah menanyakan tentang masalah kelistrikan si Hitam, dan Ane katakan Ane tidak tahu kendalanya (maklum, Ane orang awam) namun yang jelas bukan Aki si Hitam, karena baru sekitar 2-3 minggu yang lalu Ane recharge (setrum) Akinya, lalu mereka hanya mengangguk angguk saja, 5 menit kemudian motor Ane mulai diservis, ngga lama kemudian rekan mekanik tersebut kemudian mendatangi Ane.

Rekan Mekanik : Mas, ini yang bermasalah motor mas di Kiproknya, jadi kelistrikannya terganggu
Ane : Kiprok itu apa ya Mas? (Ane bener-bener ngga tau apa itu Kiprok),
Rekan Mekanik : (Menunjuk benda kecil hitam dibawah jok sebelah kiri si Hitam) Ini namanya Kiprok mas, kalo kelistrikan motor mas bermasalah biasanya gara-gara ini
Ane : Ooh gitu (sambil ngangguk-ngangguk ragu)
Rekan Mekanik : Kalo Mas mau ganti Kiproknya, harus sekalian ganti kumparan yang ini (sambil nunjuk blok mesin sebelah kiri)
Ane : Oh gitu ya, kalo ganti semua gitu kena berapa ya Mas?
Rekan Mekanik : Ngga tau Dek harga tepatnya, yang pasti diatas 500.000 rupiah

Ane kaget banget saat itu, langsung lah Ane ke meja kasir dan nanya ke Petugas (cowo) yang ada disitu.

Ane : Mas, harga Kiprok Vixi*n sama Kumparan yang diblok mesin itu harganya berapa?
Kasir Cowo : Oh itu, sebentar ya (dia hitung pake kalkulator)
Ane : (Ngeliatin tangannya, pada saat ngitung Kiprok Ane ngga tau dia ngetik angka berapa, tapi yang pas ngetik kumparan harganya sempet diralat 2x kaya orang panik gitu)
Kasir Cowo : semuanya 595.000 Mas
Ane : Ooh mahal banget ya (karena sangat mahal dan juga ane ngerasa ada yang aneh jadi Ane putuskan untuk tidak menyetujui penggantian Kiprok dan kumparan)

kemudian Ane bilang ke rekan mekanik yang sedang ngoprek si Hitam

Ane : Mas, mahal banget, ngga usah diganti dulu deh, biarin aja itunya, diservis biasa aja
Rekan Mekanik : Wah ini udah harus diganti Mas
Ane : Nanti aja Mas, servis aja dulu
Rekan Mekanik : Kalo ngga diganti motornya ngga bisa disetting, sama aja bohong diservis juga (nadanya terdengar maksa gitu deh)
Ane : Oh emang gitu ya Mas?
Rekan Mekanik : Iya mas, gimana nih jadinya?
Ane : Servis aja dulu Mas, gantinya kapan-kapan aja (ane ngomong ini sambil nyengir)
Rekan Mekanik : Oke (langsung cabut kaya bete campur ngambek gitu)

Nah, abis itu ane duduk lah diruang tunggu, ane googling tentang Kiprok dan Kumparan (yang ane tau kemudian namanya Spull), ane cari harga pasarannya, ternyata untuk harga resmi Kiprok Yam*ha Vixi*n sekitar 251.000, dan untuk Spullnya sekitar 188.000 dipasaran, kalo ditotal itu cuma ngabisin dana sekitar 439.000, ngga sampe 595.000, ane mikir ini apa emang mungkin sama harga pasangnya kali ya, untuk mastiin ane coba bbm temen ane yang bisa dibilang cukup paham sama masalah motor, dia bilang itu harga 595.000 jelas kemahalan, mending beli sparepartnya sendiri lalu minta pasangin aja, katanya gitu, dan ane sedikit ngerasa lega karena keputusan yang ane ambil bisa dibilang tepat. Selang beberapa saat kemudian si Rekan Mekanik itu nyamperin Ane lagi

Rekan Mekanik : Mas, ini harus diganti Sekringnya juga, seenggaknya buat nyalain staternya dulu
Ane : Emang itu ngebantu Mas?
Rekan Mekanik : Iya, kalo mau staternya nyala harus ganti Sekringnya
Ane : Itu harganya berapaan Mas?
Rekan mekanik : Hmmm (terlihat mikir dan agak gagap jawabnya) 45.000 Mas
Ane : Wah lumayan juga ya, tapi itu beneran ngebantu mas?
Rekan Mekanik : Iya Mas, minimal motornya bisa distater lagi
Ane : Oke deh Mas boleh
Rekan Mekanik : Oke sip (lalu pergi ke meja kasir dan ngobrol sebentar sambil meminta Sekring baru)

Entah kenapa rasa curiga ane ngga berhenti sampai situ, iseng-iseng ane googling harga sekring Vixi*n ternyata hanya sekitar 15.000-20.000! Ane lantas mikir ini bengkel emang semahal ini apa mekanik dan rekannya aja yang korup gitu, mungkin mereka mikirnya buat ongkos pasang, tapi kalo dipikir lagi selisih 25.000 dari harga normal itu lumayan juga, 100% lebih! Ane bener-bener mikir gimana caranya buat memastikan keganjilan yang ane alamin, akhirnya pas mekanik dan rekannya itu lagi fokus ke motor ane, ane samperin meja kasir, disitu ada bapak-bapak yang juga pake seragam bengkel situ, tapi bukan kasir, ane tanya lah ke dia.

Ane : Pak, harga rumah Sekring buat vixi*n berapa ya Pak?
Bapak : 45.000 Dek
Ane : Oh mahal juga ya Pak
Bapak : Iya lumayan, soalnya satu set sama kabel-kabelnya

Ane diem dan ngga mau ngelanjutin percakapan tentang rumah Sekring itu, takut emang ane yang salah googling dan harganya emang segitu, jadi ane ngga mau ngotot (tapi ane masih tetep curiga banget) tapi ane tetep ngajak ngobrol

Ane : Kalo harga Kiprok sama Spull Vixi*n berapaan ya Pak?
Bapak : Wah, Ane ngga tau dek, coba tanya sama kasirnya langsung (Dia menunjuk mbak-mbak yang ada di meja kasir)

Karena kebetulan deket banget jadi langsunglah Ane tanya ke mbak kasir disitu.

Ane : Mbak, harga Kiprok sama Spull Vixion berapaan ya Mbak?
Mbak Kasir : Total 550.000 sudah sama pasang Mas

Aih! kagetlah ane setengah mati, belum ada 30 menit ane disitu harga Kiprok dan Spull udah turun 45.000 dari awalnya 595.000 sampe jadi 550.000, Gila banget nih bengkel kata ane dalem hati, ngga jelas gini harganya, beda orang beda harga, ngga ada yang bisa dipercaya.

Singkat cerita ane cuma servis biasa sama ganti Rumah Sekring, dan emang bisa lagi distater sih, cuma kok dibagian performa ngga ada perbedaan apa-apa ya, masih sama kaya sebelum diservis, ane pikir yaudahlah gapapa, yang penting udah bisa distater, terus ane pulang deh, tapi sebelum pulang ane mampir buat mandiin si Hitam dulu biar kinclong.

Malemnya ane pake si Hitam buat keluar sebentar, masih normal kondisinya, tapi pas pagi tadi (Senin, 25 Agustus 2014) ane pake awalnya lancar, pas ditengah jalan kok tiba-tiba lampu indikator kuningnya nyala, terus gas motor ane juga jadi aneh gitu, padahal baru servis loh ini kondisinya, tapi malah jadi kaya gini, pas sebelum diservis malah jauh lebih baik dari kondisi motor ane saat ini, kacau banget.

Intinya sih yang mau ane share disini itu tentang keganjilan yang ada di bengkelnya, keganjilan yang ane rasakan selama servis motor ane itu kira-kira ya ini daftarnya :

  1. Kiprok dan Spull harus diganti bersamaan, kesannya 1 rusak semua rusak, dan 1 ganti semua ganti, aneh ngga sih? apa emang begitu seharusnya? maaf ane ngga tau soalnya.
  2. Harga yang ditawarkan sangat jauh dari harga pasar, jauh lebih mahal.
  3. Beda kasir beda harga, aseli yang ini Fak abis!
  4. Performa motor setelah dan sebelum servis sama aja, ngga ada perbedaan (ane udah pake motor ini 3 tahun lebih, jadi ane paham banget sama performa motor ane sebelum dan sesudah servis)


Jadi ya kira-kira gitu deh pengalaman ane yang mau ane share, semoga temen-temen yang masih awam sama motor ngga ada yang mengalami kejadian yang sama kaya ane, dan buat temen-temen yang tau bengkel itu, pernah servis disitu, atau malah berlangganan disitu ya semoga semuanya aman-aman aja ya, dan buat bengkel itu sendiri, semoga manajemennya jadi lebih baik lagi, semoga oknum-oknum yang merugikan orang lain itu tobat dan bekerja dengan jujur.

Oh iya kalo butuh bukti ini foto-foto bukti ane :

Spoiler for Nota Servis:


Spoiler for Catatan Dari Rekan Mekanik:


Spoiler for Dari Ruang Tunggu:


Spoiler for Foto Bengkel1:


Spoiler for Foto Bengkel 2:


Spoiler for Rekan Mekanik bareng si Hitam:


Dan satu lagi yang mau ane kasih tau, ane ini awam banget masalah motor, ngga ngerti apa-apa, kalo ada omongan ane yang salah dan menyinggung pihak tertentu ane minta maaf, pengetahuan yang ane dapet murni dari googling dan sedikit dari temen ane, jika ada yang salah mohon dikoreksi, jika memang benar ya Alhamdulillah. Oh iya, maaf juga kalo ane salah kamar atau melanggar rules Kaskus, ane disini niat cuma mau sharing, ngga mau nyari reputasi atau apalah itu. emoticon-I Love Kaskus (S)
0
58.8K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan