- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Iklan Facebook dengan Power Editor
TS
sweeT.Escape
Iklan Facebook dengan Power Editor
Quote:
Hallo agan-agan semua, perkenalkan ane Rangga a.k.a Sweet.Escape, nubitol ingin sharing tentang Facebook Page, supaya agan bisa tau lebih dalam dan dapat menggunakannya untuk Bisnis Agan.
Quote:
Artikel ini disadur dari website pribadi ane, klik disini www.dewarangga.countuk view via website
Quote:
Iklan Facebook dengan Power Editor
Quote:
Quote:
Mari kupas tuntas mengenai Facebook Ads (Iklan Facebook) dengan menggunakan Power Editor. Banyak benefit yang kita bisa dapatkan bila menggunakan Power Editor, salah satunya adalah beriklan spesifik di mobile devices/ smartphones.
Sekarang, saya akan membahas secara spesifik dari:
Sekarang, saya akan membahas secara spesifik dari:
- Mempelajari struktur campaign.
- Menginstal Power Editor.
- Membuat Campaign.
- Membuat Ad Set.
- Membuat Ad.
- Meng-upload Iklan.
Quote:
“Power Editor adalah alat pembuatan dan manajemen iklan dalam jumlah besar, yang dirancang khusus untuk pengiklan besar. Power Editor adalah alat terbaik untuk pengiklan yang bekerja dalam skala besar dan membutuhkan kontrol yang tepat dari kampanye mereka.
Power Editor dapat bekerja dengan aplikasi spreadsheet, seperti Excel. Anda dapat menyalin dan menempelkan data dari iklan dan kampanye ke dan dari spreadsheet Excel.
Jika Anda tidak perlu membuat ratusan iklan dalam skala besar, kami menyarankan Anda menggunakan alat pembuatan iklan.”
Power Editor dapat bekerja dengan aplikasi spreadsheet, seperti Excel. Anda dapat menyalin dan menempelkan data dari iklan dan kampanye ke dan dari spreadsheet Excel.
Jika Anda tidak perlu membuat ratusan iklan dalam skala besar, kami menyarankan Anda menggunakan alat pembuatan iklan.”
- Facebook
Quote:
Quote:
1. PELAJARI DULU STRUKTUR CAMPAIGN.
Pelajari struktur campaign terlebih dahulu sebelum memulai beriklan.
Campaign = Setiap campaign yang Anda buat, mempunyai tujuan yang spesifik seperti menaikan Like, meningkatkan website traffic, page post engagement, dan masih banyak lagi.
Ad Sets = Sekarang Anda dapat menjadwalkan campaign dan mengatur budget advertising melalui Ad Sets. Layer ini biasa digunakan advertiser untuk mensegmentasikan audience seperti Demografik, Interest, dan lain sebagainya.
Ad = Setiap Ad (iklan) memudahkan pengaturan kreatifitas iklan. Disini Anda dapat mengatur iklan dengan gambar, text, link, atau video. Anda juga dapat mengatur kreatif targeting dan bidding.
Quote:
Quote:
2. INSTALL POWER EDITOR.
Dalam menggunakan fitur Power Editor, Anda harus memakai browser Google Chrome baik di Windows ataupun Mac. Download Google Chrome melalui link ini https://www.google.com/chrome/browser/#eula
Install power editor melalui beberapa alternatif:
1. Alternatif pertama, melalui Business Manager (Pelajari: Menyusun Business Manager). Caranya, buka akun Business Manager Anda > Klik Use Power Editor.
2. Alternatif kedua, klik langsung link ini: https://www.facebook.com/ads/manage/powereditor
3. Alternatif ketiga, masuk ke ads manager - klik Ad Account yang akan Anda kelola - pilih Power Editor di tabs kiri.
Quote:
Quote:
3. CREATE CAMPAIGN.
Setelah berada di Power Editor:
- Jangan lupa untuk Klik Download.
- Pilih tabs Manage Ads.
- Klik Campaigns.
- dan Klik tanda +
Selanjutnya Anda akan dibawa ke Pop Up dialog seperti ini:
Masukan nama Campaign Anda, saya menyarankan untuk menamakannya menggunakan struktur [Objective - Link website/ nama Page - Periode Campaign]. Sebagai contoh seperti nama Campaign dari capture diatas, CTW (Clicks to Website) - dewarangga.co (landing pages) - Aug 14 (Periode).
Note:Gunakan nama Campaign dengan struktur:
[Objective - Link website/ nama Pages - Periode Campaign]
Quote:
Quote:
4. CREATE AD SETS.
Setelah membuat Campaign.
- Pastikan Anda klik Nama Campaign yang telah dibuat pada tabs "Not Uploaded".
- Lalu klik Ad Sets.
- Setelah itu klik tanda +
Selanjutnya Anda akan dibawa ke Pop Up dialog seperti ini:
Pilih "Use Existing" dan tulis nama Ad Set Anda, saya menyarankan untuk menggunakan perpanjangan dari strukutur Campaign dengan hanya menambahkan target Audience yang dituju. Contoh diatas adalah target Audience spesifik ke Jabodetabek. Pilihan target audience bisa berupa:
- Fans.
- Email Subscribers.
- Website Custom Audience.
- Lookalike Audience.
- Precise Interests.
- Partner Categories.
- Location.
- Micro Targeting.
- Anda bisa membuat target Audience lebih dari satu Ad Set.
Note:Gunakan nama Ad Sets dengan struktur:
[Objective - Link website/ nama Pages - Periode Campaign - Target Audience]
Setelah itu Anda harus menentukan Daily Budget dan Jadwal Ad Set, minumum budget per-hari adalah IDR 10.000 atau USD 1. Pastikan Ad Set Anda terjadwal, tetap komitmen pada periode campaign jika dibuat untuk bulan Agustus, maka setup 'End Dates' tanggal berapapun dibulan Agustus.
Contoh diatas adalah Ad Set dengan budget IDR 50.000/ hari, sampai tanggal 31 Agustus 2014.
Quote:
Quote:
5. CREATE AD.
Kembali pastikan Anda:
- Klik Nama Campaign yang telah dibuat pada tabs "Not Uploaded".
- Klik Ads.
- Lalu klik tanda +
Maka akan muncul Pop Up seperti ini:
Pilih "Use Existing" pada Campaign dan Ad Set, dan masukan nama Ad. Pada saat pemberian nama Ad, saya menyarankan menggunakan format perpanjangan dari objective pada Ad Set.
Sebagai contoh, objective Ad Set saya adalah audience di Jabodetabek. Maka Ad-nya akan ditulis dengan struktur (Ad Set Objective - Content (Link/ Photo/ Video) - Creative (bisa berupa Link Share/ Placement, dan lainnya). Contoh alternatif penamaan lainnya sebagai penamaan Ad:
- Link Share (no CTA button) – News Feed.
- Link Share (Learn More CTA button) – News Feed.
- Link Share (Shop Now CTA button) – News Feed.
- Photo Share + Link – News Feed.
- Link Share (no CTA button) – Sidebar.
- Link Share (Learn More CTA button) – Sidebar.
- Link Share (Shop Now CTA button) – Sidebar.
- Photo Share + Link – Sidebar.
- Anda bisa membuat banyak Ad pada setiap Ad Set-nya
Note: Gunakan nama Ad dengan struktur:
[Ad Set Objective - Content (Link/ Photo/ Video) - Creative (bisa berupa Link Share/ Placement, dan lainnya]
Setelah membuat nama Ad, kini saatnya membuat Creative, menentukan Audience, dan Pricing disetiap Ad yang kita siapkan (Contoh diatas, saya sudah membuat dua Ads).
- Pastikan Anda berada di tab Ads.
- Klik Creative.
- Dan centang sesuai dengan tujuan Anda, contoh diatas saya memilih "Page post linked to your website".
Scroll kebawah, maka Anda akan menemukan:
- Facebook Page yang akan diiklankan.
- Postingan yang akan diiklankan.
- Dan placement iklan, bentuk placement seperti ini:
Sudah? Mari lanjut ke tabs Audience, disini Anda bisa menemukan:
- Custom Audience.
- Demographics (Lokasi, umur, gender, dll).
- Interest
- Behavior.
- Broad Categories.
- dan Connection.
- PS: Anda bisa skip pilihan Custom Audience dan Connection.
Yang paling penting dalam menentukan Audience, Anda harus bisa mendeskripsikan audience berdasarkan kriteria diatas. Breakdown satu per satu dari mulai Demographics sampai Broad Categories. Sebagai contoh, saya menentukan Audience berdasarkan kriteria berikut:
Sekarang masuk ke Tabs Optimization & Pricing. Disini Anda akan menemukan tiga metode, berikut adalah definisinya:
- CPC/ Cost Per Click adalah biaya rata-rata per klik untuk iklan, dihitung sebagai jumlah yang dibelanjakan, dibagi dengan jumlah klik yang diterima.
- CPM/ Cost Per 1000 Impression adalah biaya rata-rata yang Anda bayar untuk memiliki 1.000 tayangan di iklan Anda.
- Optimized CPM adalah jenis penawaran yang menampilkan iklan Anda kepada orang yang kemungkinan besar melakukan tindakan yang Anda inginkan. Dengan jenis penawaran ini, Anda membayar untuk tayangan (CPM). Sebagai contoh, jika tujuan beriklan Anda adalah mendapatkan lebih banyak Page Like, penawaran CPM yang dioptimalkan akan menyajikan iklan Anda kepada pengguna yang lebih mungkin menyukai Page Anda. Penawaran Anda akan diatur secara otomatis untuk membantu iklan menjangkau orang yang Anda inginkan, tetapi Anda tidak akan membelanjakan lebih dari anggaran Anda.
Jika sudah dipahami, mari langsung praktekan.
Contoh diatas, saya menggunakan CPM dengan Bid IDR 5.000, artinya saya membayar IDR 5000 untuk 1000 tayangan.
Keterangan 'suggested bid' memudahan Anda dalam menentukan Bid yang ingin dimasukan. Semakin besar Bid-nya semakin besar peluang iklan Anda untuk muncul.
Quote:
Quote:
6. UPLOAD IKLAN ANDA.
Apabila Anda sudah selesai membuat semua iklan, pastikan untuk selalu tekan tombol 'Upload'.
Sekarang, iklan Anda sudah siap. Pause dan kembali hidupkan iklan Anda kapan saja melalui tombol biru di kolom Status.
Jika Anda masih merasa awam, cobalah dengan budget iklan IDR 10000/ hari.
Selamat mencoba
Quote:
Artikel ini disadur dari website pribadi ane, klik disini > dewarangga.co< untuk view via website
Quote:
Suka dengan artikel ane? LIKE Page ane aja gan, kita berteman di Facebook biar akrab, nanti ane posting Page juga setiap ada artikel baru.
Quote:
Quote:
Terimakasih telah membaca Thread ini, ane akan sangat berterimakasih kalau ada yang mau nambahin, koreksi, atau kasih masukan. Mari kita kembangkan dunia marketing bersama-sama gan, kita share ilmu biar makin lancar karir dan bisnis kita. Amin
Tags: Iklan Facebook, Facebook untuk Bisnis, Facebook Marketing, Facebook Ads, Content Management, Content Advertising, Advanced Advertising
Diubah oleh sweeT.Escape 25-08-2014 12:46
0
3K
Kutip
11
Balasan
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan