rmphatalAvatar border
TS
rmphatal
SMARTFREN SERVICE CENTER TRANSTELECOM MENGECEWAKAN
Agan sekalian, ane minta bantuan ngibarin surat terbuka ane yang disebabin sama kelihaian smartfren service center dalam mencari masalah emoticon-Marah

Jadi beginilah kronologisnya:
1) Ane beli andromax U (generasi pertama) warna hitam, dengan MEID: A100003920F616 pada bulan Maret 2013. Ini ane lampirin nota pembelian dan kartu garansi gan:
Spoiler for bukti pembelian, kartu garansi dan dusbook:

Kejadian pun berlangsung tepat pada tanggal 14 November 2013, ane pake Andromax U dengan normal, untuk browsing maupun socmed. Hari itu pas ane aktifin facebook buat chatting, tiba-tiba Andromax U nge-restart sendiri. Setelah restart, Andromax U nyala normal tetapi sinyal CDMA nya hilang atau silang. Ane coba berbagai cara, seperti hard restart atau wipe tapi sinyal CDMA tetap tidak muncul. Baru kali pertama ane mengalami gangguan pada andromax ane, paniklah ane emoticon-Bingung
Setelah otak-atik pake cara hard restart, sinyal tetap gak mau muncul, jadi ane langsung meluncur ke Galeri Smartfren di Plasa Marina Surabaya. Sampai disana, ane nyeritain kronologis kejadian kerusakan Andromax U ane ke CS. CS nyooba bantu pake cara yang sama kyk ane lakuin sebelumnya, yaitu nge-wipe dan hard restart tapi tetep aja tuh sinyal gak muncul. Karena di Marina gak nerima servis, CS pun nyaranin untuk dibawa ke Service Center Smartfren di WTC Surabaya atau Smartfren Mulyosari. Selesai dari Smartfren Marina karena hari sudah sore maka ane mutusin buat ke Service Center Smartfren esok hari.
2) Tanggal 15 November 2013 pagi, sekitar pukul 9 pagi ane langsung menuju ke Service Center Smartfren di WTC (sesuai dengan saran CS Smartfren di Marina kemarin). Sampai disana, CS ngomong kalo Andromax U ane perlu di install ulang tapi installer Andromax U gak ada di WTC, adanya di Smartfren Mulyosari. Atas dasar pernyataan tersebut, jadilah ane langsung meluncur ke Smartfren Mulyosari yang katanya bisa install ulang Andromax U. Di Smartfren Mulyosari, ane nemuin CS dan menceritakan kronologis dari awal kejadian tanggal 14 November sampai kejadian di Smartfren WTC yang menyarankan untuk membawa Andromax U ane kesini. Abis itu, CS Smartfren Mulyosari ngecek biasa trus ngomong kalo masalah bukan dari software tapi dari hardware. Alhasil dengan perbincangan tersebut, diperoleh titik temu yaitu diperbaiki tapi ane mesti nunggu antara 14 hari-30 hari (kata CS), ane setuju aja asal Andromax ane bisa sembuh emoticon-Matabelo, atas dasar persetujuan ane CS pun ngisi form identifikasi kerusakan device (formulir utk perbaikan), lembar asli dikasih ke ane, sedangkan salinan dan Andromax U punya ane dibawa sama tuh CS buat diperbaiki di Pusat katanya. Berikut ini lampiran formnya:

3) Setelah beberapa hari berlalu dan ane masih sabar menunggu berharap Andromax U ane sembuh dan cepat kembali. Tiba-tiba, pada tanggal 28 November 2013 sore, ane dapat sms dari nomer 088801368xxx isinya seperti ini gan:


Inti sms itu nyatain kalo Andromax U ane statusnya garansi VOID karena seal broken dan mereka minta biaya perbaikan sebesar Rp 1.072.000 (untuk penggantian mesin). Kaget lah ane gegara sms diatas, ane awalnya takut bahwa hal tersebut penipuan, akhirnya ane telepon call center ttg nomer tersebut ternyata benar bagian dari smartfren, akhirnya dengan emosi yang sudah terkumpul semenjak tadi nerima sms, ane langsung telepon nomer tersebut dan komplain atas sms yang ane terima tapi tiba-tiba ditengah perbincangan, telepon ane diputus gitu aja, ane coba telpon lagi gak bisa karena nomer sudah tidak aktif/tidak dapat dihubungi emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
4) Dengan emosi yang sudah ngumpul dengan sempurna, tanggal 29 November 2013 pagi ane langsung meluncur ke Smartfren Mulyosari dan complain atas kejadian sms kemarin sore dan kelakuan tuh call center, trus ane juga tanya kenapa masih ada biaya padahal masih masa garansi? Dan kenapa harus ada pergantian mesin tiba-tiba dan sudah matok harga segitu? CS hanya menjawab semua seperti ketentuan karena segelnya rusak emoticon-Marah emoticon-Marah
Naik pitam lah ane, ane jadi pusing sendiri sama ulah smartfren ini emoticon-Bingung Lah yang ane bingungin nih gimana bisa rusak itu segel, ane buka aja gak pernah, apalagi ane servis. Baru pertama kali ini ane servis, napa tuh segel uda rusak aja. Paling parah ane cuma upgrade OS dan itu pun lewat Galeri Smartfren di Diponegoro yang juga terpaksa menginap 1 hari. Kalau garansi sudah tidak berlaku, atau garansi batal kan seharusnya pihak Smartfren yang ada di Surabaya ngasih tahu dulu dari awal, di cek yang benar dari awal bukan ujung-ujung nya kayak gini (seakan-akan memaksa ane untuk bayar perbaikan, ngerasa kayak ditipu mentah-mentah). Ane baca di ketentuan dan syarat yang ada di formulir perbaikan pihak Smartfren juga sudah salah soalnya gak ngelakuin ketentuan klausal no.2 ayat (a) yang mana sblm ditaruh pusat harus di cek dahulu sama cabang. Kalo dipikir-pikir nih ya gan, dari sms diatas tentang seal broken dan sepanjang ane gak pernah sama sekalipun nyetntuh tuh onderdil Andromax U (ya emang broken lah tuh sticker garansi, kan mereka yang buka selama merbaiki) atas dasar broken itu lah akhirnya mereka memutuskan bahwa gak ada garansi dan suruh beli tuh ganti mesin. Harga perbaikan buat ganti mesin sama harga baru Andromax aja sama, tuh smartfren nge-joke kok kebangetan. Garansi 1 tahun cuma omong kosong aja, ini belum satu tahun sudah dibilang seal broken emoticon-Hoax
Bilang aja smartfren gak mau benerin, apa susahnya sih. Pake aksi-aksi smooth criminal. Masa iya service center kelakuan kayak gini, uda mutusin sendiri langsung matok harga perbaikannya juga. Ckckckck emoticon-Marah emoticon-Blue Guy Bata (L)
Tolong ya Smartfren diperbaiki layanan servisnya, jangan cuma buat doang bisa tapi nyervisin pas rusak gak bisa. Ini bisa juga termasuk penipuan loh, njebak banget pelayanan servisnya. Gak cuma ane aja yang kena trap smartfren, tapi banyak yang jadi korban. Jargon Smartfren antilelet kayaknya sangat gak pantes deh, smartfren sangat lelet thd konsumen, menyepelekan konsumen. Aftersales Smartfren sangat amat mengecewakan.emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka

Dibawah ini link salah satu konsumen yang juga punya masalah kayak ane:
SMARTFREN TELECOM DI LEMBAGA PERLINDUNGAN KONSUMEN



UPDATE:
- Tanggal 2 Desember 2013 jam 12:05 : ane disms sama nomor 088801741xxx, yang ngomong kalo mereka dr Galeri Smartfren Mulyosari dan menginformasikan kalo perbaikan Andromax U ane terpaksa mereka cancel karena kerusakan diluar garansi dan berbayar (ane kan gak bayar setelah sms penyebab perkara itu) dan mereka bilang hp uda bisa diambil di gallery pas jam kerja dgn keadaan seperti semula.
Nb: Ane punya bukti capture sms nya (pic nyusul ya gan) haha
Tanggapan ane: gak ane tanggepin sms mereka, ane terlanjur kesel dibikin tambah kesel. Pikir ane biarlah surat pembaca yang menyelesaikan masalah kita. emoticon-Ngakak (S)
Selain itu, ada kata-kata aneh gan, lah kok tuh Andromax uda ada di Galeri Smartfren Mulyosari ya? cepet amat mindahnya dari pusat servis ke galeri gr-gr kita gak mau bayar biaya perbaikan.

- Tanggal 2 Desember 2013 jam 17:11 : ane dihubungi awalnya dari nomor 08818822xxx, tapi karena ane lg dijalan. alhasil mereka sms ane, haha. mereka bilang mereka dari smartfren. Mereka bilang mereka sudah baca surat pembaca ane yang sudah dipublish sama k*mp*s tanggal 30 November 2013 kemarin, ini link nya surat pembaca ane buat smartfren. Karena itu mereka akhirnya sms ane, sebagai respon dari surat pembaca yang ane layangin di kompas tempo hari lalu. Dalam sms itu, mereka menyatakan bahwa Andromax U ane setelah dilihat detail kondisi seal screw nya maka mereka memutuskan saat ini (kata mereka) Andromax U ane sedang mereka lanjutin proses perbaikannya namun dengan status warranty dan tidak dikenakan biaya. dan mereka bilang, kalo tuh perbaikan uda selese mereka bakalan nginfoin ane lagi.
Tanggapan ane: OK
Nah loh, kok sms jam 12 sama jam 17. beda banget. cepet banget mereka berubah pikiran dan cepet banget mereka mindahin Andromax U dari gallery Mulyosari ke kantor pusat perbaikan? Yang mulyosari bilang bisa diambil pas jam kerja, tapi si kantor pusat (dr sms jam 5 sore) bilang kalo bakalan diinfoin lagi tuh hp kl uda bener. haha, sedikit aneh.

- abis itu mereka sms lg gan, pake nomer sama kayak jam 5. mereka bilang kalo akan balesin surat pembaca dengan membuat surat tanggapan di k*mp*s.com buat nutup perkara. karena mereka pun sudah merespon positif kita dengan memberi kita garansi sehingga bebas bayar.
tanggapan ane: iya, baiklah ane setuju. ane senang, mereka pun senang kalo perkara nih ditutup.

- next,tinggal tunggu hasilnya. apakah bener Andromax U milik ane bakalan sembuh dan cantik kembali. ato bakalan beda dr yg dulu trakir ane ketemu. we'll see!!
dan kita tunggu gimana progress layanan purna jual smartfren selanjutnya, pas ane jemput Andromax U ane ke pelukan ane.

NEW UPDATE!!
- hari ini tanggal 3 Desember 2013, pihak smartfren nelepon ane dan mereka ngmg kalo hp ane udah selesai diperbaikin jadi boleh diambil detik itu juga. karena ane lumayan sibuk hari ini jadi ane ngomong ke yang telpon kalo mungkin gak bs ambil hari ini, eh si pihak sana nawarin nganterin tuh hp kl ane gak bs. emoticon-Ngakak (S) daripada mereka ke tempat ane, yaudah akhirnya ane sempet2in aja ambil Andromax U ane yang sudah sembuh di Galeri Smartfren Mulyosari.Sesampainya disana, ane langsung ditemuin sama manajernya langsung, mereka bilang kalo Andromax U ane sudah diganti mesinnya dan juga LCD nya (cuma tulangan lawas doang yang masih melekat). ane coba cek Andromax U sampai puas mumpung masih disana jadi kalo ada apa apa langsung bisa komplain lagi emoticon-Ngakak
selesai ngecek akhirnya saya sindir mereka dgn bilang kalo gak karena surat pembaca pasti pihak smartfren gak mau tanggung jawab. si manajer bilang iya pak maaf, kami akan mempertimbangkan saran bapak. Setelah ane ngomong panjang lebar mengenai saran dan nyindir mereka yang sebelumnya nantang saya buat naruh di surat pembuka buat Smartfren, saya pun melenggang pulang dengan rasa lega emoticon-Peace
So, dari masalah saya ini. Semoga Pihak Smartfren tidak lepas dari tanggungjawab aftersales nya. Jangan hanya beraninya cuma jual produk aja tanggung jawab garansinya juga dilaksanain dong. Jangan nunggu komplainan di blow up media dulu baru tanggung jawab.
Tapi, saya terima kasih karena respon yang cepat dan positif yang Smartfren berikan setelah saya melayangkan surat pembaca ke media yang ternyata sudah di publish oleh 2 media massa (k*mps.com dan j*w* p*s)

Dengan adanya update ini saya nyatakan masalah selesai karena Andromax U saya sudah kembali di tangan saya dengan kondisi sembuh dan sudah diganti mesin tanpa membayar sepeser pun (karena sebenarnya mereka juga mengakui jika memang masih dalam masa garansi)
Terima Kasih Smartfren atas tanggapannya. emoticon-Shakehand2
Semoga Smartfren terus memperbaiki kekurangannya dan tidak terus menerus mengecewakan konsumennya.
Diubah oleh rmphatal 03-12-2013 15:00
0
40.9K
28
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan