Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kharizerAvatar border
TS
kharizer
Hal ringan yang perlu dihindari saat puasa
Assalamualaikum (wajib lho hukumnya membalas salam emoticon-Big Grin, balas salam agan di komen) agan-agan penghuni Lounge, sebentar lagi kita memasuki Bulan Suci Ramadhan. Bagi yang Muslim wajib hukumnya mengerjakan ibadah yang masuk dalam rukun Islam ini.



Puasa gak cuma menahan lapar dan haus saja, tapi juga harus menjaga perkataan dan perbuatan, agar pahala yang didapat ga berkurang. Hadis nabi: مِنْ قِيَامِهِ السهَرُ ، وَرُب صَائِمٍ حَظهُ مِنْ صِيَامِهِ الْجُوعُ وَالْعَطَشُ ».

Artinya: “Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Berapa banyak seorang yang bangun (beribadah pada malam hari) bagiannya dari bangun malamnya (hanya) begadang dan berapa banyak seorang yang berpuasa bagian dari puasanya (hanya) lapar dan dahaga.”
Berikut hal-hal ringan yang perlu dihindari saat kita sedang puasa versi kharizer.

1).Marah emoticon-Mad (S)
Marah adalah sifat alami manusia. Marah bisa disebabkan berbagai hal, contohnya marah saat kejebak macet, marah saat diejek, marah saat mendapat bata dll. Marah sendiri dapat mengurangi nilai pahala puasa gan. Hadis nabi tentang marah: “Orang kuat itu bukanlah orang yang jago bergulat akan tetapi orang kuat adalah orang yang dapat menahan dirinya ketika marah” (HR Bukhori dan Muslim)
Apa yang harus saya lakukan ketika marah ? ini dia tips nya.
-Diam, tidak berkata apa-apa.
Jika engkau marah, diamlah (H.R al-Bukhari dalam Adabul Mufrad, dishahihkan Syaikh al-Albany).
-Mengucapkan ta’awwudz: A’udzu billaahi minasysyaithoonir rojiim.
-Merubah posisi: dari berdiri menjadi duduk, dari duduk menjadi berbaring. Jika salah seorang dari kalian marah dalam keadaan berdiri hendaknya ia duduk. Jika dengan itu kemarahan menjadi hilang (itulah yang diharapkan). Jika masih belum hilang, hendaknya berbaring (H.R Abu Dawud)
-Membasuh muka.

Keutamaan dari menahan marah:
Barangsiapa yang menahan amarah padahal ia mampu untuk melampiaskannya, Allah akan panggil ia di hadapan para makhluk pada hari kiamat, hingga Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari (terbaik) yang ia inginkan (H.R Abu Dawud, atTirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

2).Memaki/berbicara kotoremoticon-Shutup
Seperti yang ane sebutin di atas puasa juga harus menjaga perkataan. Memaki atau berbicara kotor bisa merusak nilai ibadah puasa, dan juga di benci oleh Allah. Hadis Nabi: “Sesungguhnya Allah membenci orang yang keji dan kotor kata-katanya” (HR Tirmidzi, Shohih)

3).Jelalatan emoticon-Wowcantik
Mungkin hal ini yang paling sulit, terutama bagi laki emoticon-Malu (S) saat nonton tv, saat internet, bahkan saat di mall pasti mendapatkan "pemandangan" dari kaum hawa. Tapi jika di turutin, hal ini bisa mengurangi nilai ibadah puasa kita gan. Firman Allah SWT: “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: Hendaklah mereka menahan (menundukkan) pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” Firman Allah lagi, “Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan (menundukkan) pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain tudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya...” (Surah An-Nur, ayat 30-31)

Hadis Nabi: Dari Abu Hurairah r.a., dari Rasulullah SAW sabdanya, "Nasib anak Adam mengenai zina telah ditetapkan. Tidak mustahil dia pernah melakukannya. Dua mata, zinanya memandang. Dua telinga, zinanya mendengar. Lidah, zinanya berkata. Tangan, zinanya memukul. Kaki, zinanya melangkah. Hati, zinanya ingin dan rindu, sedang faraj (kemaluan) hanya mengikuti atau tidak mengikuti." (Hadis sahih riwayat Muslim, no 2282)

Itulah thread singkat dari kharizer, bukan nya TS sok kasih ceramah ya, namun ini supaya nilai ibadah puasa kita bisa MAX (kan sayang berpuasa hanya mendapat lapar dan haus tapi pahala nya tidak). Semoga hal-hal diatas jangan cuma dilakukan saat menjalankan ibadah puasa saja, melainkan dapat dilakukan setelah Ramadhan berlalu, (terutama buat TS).

Akhir kata Selamat Menyambut Ramadhan, semoga kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan di dalam menjalankan nya, dan mendapat balasan pahala dari Allah SWT. (amiin !)

Mungkin dari agan-agan sekalian ada yang mau tambahkan ane persilahkan emoticon-Cendol (S). emoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Please

Wassalam.


0
3.5K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan