Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wisnu2483Avatar border
TS
wisnu2483
Bikin SIM C diKab. Bandung Ga Pake Nembak
Bikin SIM C Kabupaten Bandung Ga Pake Nembak

Mau bikin satu lagi panduan untuk agan/aganwati yang lagi pengen bikin SIM C baru. Semoga agan/aganwati berkenan dan ikhlas menyumbang :cendol buat hamba yang dahaga akan cendol dan miskin post…emoticon-Ngakak
Mungkin pertama agan akan bertanya2 kenapa ga nembak aja kan simple cepat dan ga ribet, itu ada benarnya tapi ada salahnya juga gan atau 50/50. Kenapa fifty – fifty?:

Nembak:

1. lebih mahal. (Ya iyalah kan harus ngasih duit sama yang mau bantuin agan)

2. Harus nyari petugas / calo (banyak sih namun pasti tarifnya beda2 dan harus pinter nego harga) yang mau bantuin. Kalo salah minta bantuan bisa malu karena sekarang ga semua polisi mata duitan dan mau nerima gratifikasi kayak gitu. Masih banyak yang ga mau system suap kyk gitu.

Ga Nembak:
1. Lebih murah pastinya.

2. Membantu pemerintah memberantas suap dan korupsi.

3. Tes nya gampang gan. Dan pasti bisa lulus.

Buat informasi aja gan, ane tinggal di Cileunyi dan butuh kurang lebih 1,5 – 2 jam buat ke Soreang karena macet. Jd bayangkan perjuangan ane untuk bisa dapat SIM C, maka ane bikin thread ini supaya agan kagak seperti ane yang bingung, dan bolak balik menempuh perjalanan jauh buat bisa punya SIM C.

Langsung aja ikutin langkah2 dibawah ini dan insyaallah agan akan lebih cepat dan tidak bingung dalam bikin SIM C di Kab Bandung.

Syarat yang harus dipersiapkan dari rumah.

1. Sudah punya KTP gan…Dulu tanpa KTP bisa bikin SIM C (pake KTA atau Kartu OSIS) lewat nembak namun sekarang syarat mutlak nya adalah ber KTP.

2. Mandi biar wangi dan dandan rambut yang rapi gan.
Sebetulnya ga mandi atau ga dandan rambut rapi juga ga masalah sih gan karena ga ada peraturan yang mengharuskan tapi asal tahu aja di POLRES Kab Bandung bagian pengurusan SIM disana itu panas banget dan bikin gerah juga ramai orang lagi ngurus SIM jg. Bayangin kalo orang-orang pada antri dan kegerahan trus ditambahin bau badan agan…hahaha:mabok

3. Bawa KTP asli dan difoto copy 2 lembar.

4. Bawa Ballpoint buat ngisi formulir dan buat testnya.

5. Pakai motor yang pendek, ramping dan lengkap plat no dan spionnya gan. (ane saranin Mio J atau Beat) Motor ini nantinya bisa dipakai dan mempermudah agan buat tes praktek sesuai yang disaranin sama petugas tes praktik. Petugas tes Praktik jg menyediakan Motor yang yaitu Suzuki Shogun dan Honda Megapro. Kalau agan merasa jago boleh sih nyoba pinjam pakai. GRATIS.

Kalau agan sudah mempersiapkan itu semua berarti tinggal berangkat ke POLRES Kab. Bandung di Soreang. Jangan lupa berdoa dan mina restu sama orang tua, minta maaf sama tetangga biar semua mendoakan agan lulus ujian SIM C…Hahaha…lebay (tapi ga ada salahnya kan gan)

Berikut ini tahapan yang harus agan ikuti dengan seksama biar kagak keblinger kalau sudah sampai diPOLRES Kab. Bandung:

1. Parkir didepan komplek POLRES atau diparkiran sebelah utara yang didepan warung2 makan gan.

2. Cari tempat praktek dokter yang ada ditengah-tengah deretan warung2 tersebut untuk bikin surat keterangan dokter (Wajib gan).

3. Masuk kedalam dan kasihkan 1 foto copy KTP agan ke cewek yang ada disebelah kanan dari pintu masuk dan tunggu dipanggil. Nunggunya jangan jauh2 gan cukup diruangan tunggu yang disediakan karena ga lama kok biasanya pemeriksaan cuman butuh 5-7 menit max.
Pemeriksaan cuman sekitar Nama, Tinggi badan, Berat Badan, Golongan darah, dan Mata(buta warna atau tidak) . Golongan darah wajib tahu gan, kalau ga tahu disana juga bisa diperiksa . Biaya: Surat Keterangan Dokter(SKD): Rp. 25.000,-, Tes Golongan Darah: ….. (ga tahu karena ane dah tahu gol darah ane)

4. Setelah dapat SKD nya, agan ambil motor agan dan bawa masuk ke dlm komplek POLRES langsung lurus saja kearah selatan menuju bagian belakang gedung sampai mentok dan belok kanan. Parkir diparkiran seperti motor yang lain.

5. Bikin sidik jari. Ruang sidik jari ada di depan parkiran motor agan. Tunjukan Foto copy KTP(kadang minta lihat aslinya juga) dan SKD serta bilang mau bikin SIM C. Lalu agan akan dikasih formulir sidik jari supaya agan isi dan membayar Rp. 5000,-.

Setelah mengisi agan ke petugas pengambilan sidik jari yang ada didekat meja diluar ruang sidikjari. Petugas disana akan bantu agan untuk mengambil sidik jari kedua tangan agan. Tangan lemes aja gan dan biarin petugas menuntun jari2 agan disidik. GRATIS
Setelah sidik jari selesai, ga usah pikirin formulirnya tapi agan pergi cuci tangan aja dikran air disebelah barat. Air disana warnanya coklat kekuningan gan jd yang merasa jijik siapkan aja tissue basah.
Setelah cuci tangan kembali kedepan ruang sidik jari untuk dipanggil dan dikasih laporan sidik jari agan.

6. Kalau sudah dapet SIdik jari tinggal masukkan semua berkas tadi ke LOKET pendaftaran baru SIM C tepat ada didepan jalan masuk dari luar tadi gan, sebelum agan parkir motor.

7. Kasihkan Foto copy KTP + SKD + Sidik Jari ke petugas yang ada di loket. Trus tunggu diruang tunggu Ujian Teori yang ada didalam ruangan sebelah pojok kanan ruangan didepan lemari2 coklat gan. Tunggu disitu aja gan n jangan jauh2 soalnya nanti pemanggilan untuk tes teori tidak pake loudspeaker. Kalau nama agan dipanggil pake speaker berarti agan sudah dipanggil2 dari tadi (siap2 disemprot sama petugas)..hahaha…

8. Dari pendaftaran sampai Pemanggilan tes teori membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 30 menit. Gunakan waktu tersebut untuk membaca dan belajar peraturan lalu lintas. Bahan2 bacaaan mengenai peraturan lalu lintas sudah disediakan oleh POLRES Bandung yaitu ada didalam lemari coklat didepan tempat duduk. Kalau Agan sudah merasa pintar coba ambil dan kerjain aja buku soal2 latihan SIM C yang ada didalam lemari. Kalau agan bisa mengerjakan dengan benar 60% soal soal yang ada maka agan sudah lulus (soalnya sama persis dengan yang ada disoal2 latihan tersbut). Kalau agan cuman bisa mengerjakan kurang dari 60% dari soal latihan tersebut maka agan lebih baik minta ijin sama petugas ujian untuk ikut tes teori berikutnya (dalam sehari bisa ada sampai lima kali test gan jadi bisa ikut yang mana aja)karena begitu gagal agan harus pulang dan hanya boleh mencoba tes teori lagi minimal pas 2 minggu setelahnya atau lebih jg ga papa.
Dari pada harus bolak balik kan lebih baik mempersiapkan diri lagi dengan membaca sekilas atau minimal mencoba cari jawaban dari pertanyaan2 yang ada disoal2 latihan (TIPS: Cara belajar cepatnya yaitu ambil buku soal2 latihan SIM C dan setiap agan ga bisa jawab pertanyaannya langsung nanya ke orang2 yang lagi pada nunggu photo siapa tahu mereka masih ingat jawaban yang benernya seperti di kunci jawaban yang dikasih tahu setelah tes).

9. Kalau sudah siap tes teori, agan tinggal menghubungi petugas lagi. Agan akan dipanggil dan dipersilahkan untuk menempati kursi yang disediakan didalam ruang tes teori. Tes terdiri 30 soal pilihan ganda (a, b, c ) dan untuk lulus agan diharuskan menjawab benar minimal 18 pertanyaan dalam waktu 30 menit. Soal Tes Teori berupa gambar rambu 15%, gambar penerapan peraturan dijalan 50%, mencari mana yang paling benar dan sedikit peraturan mengenai kendaraan sisanya.

Sebetulnya ada dua macam cara tes teori :

a. Pertama: Kalau agan datang pagi sebelum jam 8 .00 maka agan akan test pake cara computerisasi. Dengan kata lain agan cuman harus menjawab soal2 yang ada dilayar besar didepan ruangan dengan pencet tombol2 yang ada dikursi agan.

i. Kelebihan: - ga pake capek melingkari atau menyilang dan kunci jawaban bisa kita liat setelah batas waktu berakhir. Jadi kita bisa tahu berapa soal yg kita jawab benar dan salah. – Pengumuman Lulus tidaknya ujian teori akan terlihat dengan cepat dilayar monitor depan kita setelah selesai.

ii. Kekurangan: - Tidak bisa kembali lagi kesoal sebelumnya untuk mengkoreksi.

b. Kedua: Kalau agan datang diatas jam 9 an pagi, maka agan kemungkinan akan memakai tes cara kedua yaitu tertulis. Maka agan diharuskan bawa ballpoint untuk melingkari atau menyilang jawaban yang benar (pinjam jg ga papa kalau ada peserta lain yang bawa cadangan tp kalau ga ada yang bawa maka terpaksa agan harus pinjam petugas dan sedikit disindir sama dia). Agan akan dikasih lembar jawab dan lembar soal yang delaminating.

i. Kelebihan: - Kita bisa mereview jawaban kita dan menggantinya jika diperlukan. – Agan akan merasa punya banyak waktu untuk menyelesaikan semua soal.

ii. Kekurangan: - Harus melingkari atau menyilang jawaban, - Lulus tidaknya akan dikasih tahu dengan menyebutkannya lumayan keras setelah nama kita dipanggil. (Jadi kadang malu gan kalo tidak lulus…hehehe…)

Kalau agan LULUS maka SELAMAT, dan agan harus ke area tes Praktik yang ada di sebelah timur komplek (liat aja yang banyak patok2nya berdiri gan)…

Kalau agan kurang beruntung atau tidak LULUS ga usah bunuh diri gan dan duniapun belom berakhir jadi nyantai aja ga usah dipikirin karena kita masih ada kesempatan tes teori ulang ke1 yaitu 2 minggu kemudian (kelewat gpp tapi kalo kurang tidak boleh) atau kalau masih gagal lagi (jangan kebangetan gan BODO nya kalau tes pertama gagal langsung minta ijin buat memfotocopy soal2 latihannya ke petugas...hehehe) kesempatan ke2 tes teori adalah 2 bulan kemudian.

10. Agan tunggu untuk tes praktik ditempat duduk depan bank BRI dan nanti akan dipanggil dan disuruh ambil motor sendiri kalo mau pakai motor sendiri. Selanjutnya petugas akan memberi penjelasan tata cara praktek.
Tes praktek terdiri dari 2 macam yaitu ZIG ZAG dan Angka 8. Kalau bisa yang ZIG ZAG tidak perlu tes angka 8 namun kalau gagal ZIG ZAG harus tes angka 8.

a. Pertama: Tes ZIG ZAG.
Ada 4 patok yang dipisahkan dengan jarak 1,8 m yang harus dilewati secara zig zag. Susah?...TIDAK gan…Namun perlu latihan keseimbangan diatas motor. Jangan kira agan yang suka ngebut dan salip kanan kiri mahir berkendara sudah pasti bisa lulus tes ini tanpa latihan karena memang tes ini dirancang bukan untuk melihat bakat terpendam pembalap didiri agan tetapi menguji keseimbangan pengendara motor. Prosentase kelulusan dari kurang lebih 25an peserta cuman 2 org yang LULUS jadi 10%. (Tips: ga usah buru2 gan, focus saja buat jaga keseimbangan badan agan dan motor namun jangan terlalu tegang)

b. Kedua: Tes Angka 8
Mengendarai sepeda motor mengikuti arah anak panah membentuk angka 8. Prosentase kelulusan 100%.

11. Kalau LULUS agan akan diberi berkas agan didalam map biru oleh petugas tes praktik dan langsung saja menuju ke bank BRI untuk bayar.

12. Setelah bayar agan ke Loket Pendaftaran SIM C di dalam gedung untuk minta form buat disi.

13. Setelah mengisi form kembalikan form itu ke loket yang sama dan agan harus menunggu diruang tunggu untuk foto.

14. Setelah foto agan keluar dan jangan lupa tanda tangan buku absen yang ada dimeja samping pintu keluar ruang foto.

15. Nunggu diruang tunggu dluar gedung untuk dipanggil kalau SIM C sudah selesai dicetak. SELAMAT…
NB: Kalau tes teori maupun praktek ulang tidak perlu mengikuti urutan diatas namun cuman harus mengumpulkan berkas lagi ke petugas pendaftaran (untuk teori ulang) dan petugas praktek untuk tes praktek ulang.
0
30.1K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan