mi1Avatar border
TS
mi1
Peluang Tersembunyi Di Perak
Update Belajar Trading [10/04/2014]


Perak( silver ) mungkin komponen logam mulia yang kurang mendapat perhatian utama dari para investor. Pelaku pasar secara umum memandang komoditi ini sebagai substitusi lemah terhadap emas karena fluktuasi dan tingkat harganya tidak sekuat emas. Investor biasanya baru melirik perak setelah harga emas sudah terlalu tinggi. Akan tetapi, alasan tersebut tampaknya tidak terlampau valid apabila mengacu pada beberapa fakta berikut ini:

Di tengah tren kenaikan harga emas, persentase lonjakan harga perak selalu lebih tinggi dibandingkan harga emas sendiri. Perak bisa naik tiga kali lebih mahal saat harga emas hanya meningkat dua kali lipat. Dalam beberapa pergerakan, harga perak bahkan mampu melonjak empat kali lipat ketika emas naik 100%. Kelebihan lainnya adalah dari sisi permintaan, mengingat penggunaan perak pada berbagai industri lebih luas dibandingkan emas. (Sumber: CMI)

Pada umumnya, pergerakan harga perak selalu mengikuti harga emas. Kecenderungan tersebut merupakan pengaruh dari posisi perak sebagai komoditi pendamping emas. Apabila diperhatikan seksama, setiap pergerakan harga emas, akan disusul oleh pergerakan serupa oleh perak, baik naik maupun turun.

Dalam perdagangan futures, kode perdagangan bagi perak adalah XAG. Tidak berbeda dengan emas, komoditi ini juga diperdagangkan di COMEX, yang merupakan bagian dari New York Mechantile Exchange (NYMEX).

Beberapa faktor yang mempengaruhi pergerakan harga perak antara lain:
1. Harga Emas
Seperti telah dijelaskan di atas, pergerakan harga perak cenderung mengikuti harga emas.

Korelasi: Positif
Kenaikan harga emas berdampak pada peningkatan harga perak.

2. Volume Persediaan
Apabila berhembus berita bahwa tingkat persediaan emas merosot atau harga emas terlalu tinggi, investor umumnya akan mengambil peluang meraih keuntungan dalam perdagangan singkat (choppy trade). Penempatan posisi perdagangan akan tergantung pada sinyal kenaikan yang tidak normal dalam pergerakan harga perak.

Korelasi: Negatif
Semakin buruk laporan persediaan, maka harga perak akan semakin tinggi. Namun korelasi seperti ini jarang terjadi, mengingat faktor harga emas (nomor 1) lebih mendominasi pergerakan harga.

Silahkan melatih strategi trading anda pada platform online trading dengan mendaftar demo account di sini.
Diubah oleh mi1 18-08-2014 11:24
0
10K
152
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan