Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bar.idAvatar border
TS
bar.id
tentang BARTENDER

Hallo agan-agan KasKuser semua, terutama yang berkecimpung di dunia bar, ijinkan ane ikut nimbrung sedikit tentang seluk beluk dunia bartender. Yang mau comment, dipersilahkan.

"Mungkin kita sudah begitu akrab dengan kata Bartender. Berikut ane share tentang apa dan siapa bartender itu supaya bisa menambah pengetahuan."

Agan BARTENDER (bisa juga disebut barkeep, barkeeper, barperson, barman, barmaid, bar attendant, mixologist, tavern keeper, whiskey slinger atau taberneiro) adalah seseorang yang bertugas untuk menyiapkan minuman (biasanya mengandung alkohol) dibalik meja bar. Dalam menjalankan aksinya, seorang Bartender biasanya dibantu oleh asisten yang disebut Barback. Sedangkan aksi Bartender itu sendiri, lazim disebut “bartending”.

Penguasaan jenis-jenis gelas adalah mutlak bagi para Bartender supaya dapat menyajikan jenis minuman pada gelas yang tepat. Tidak lucu kalau Wine disajikan dalam sebuah rock glass, misalnya.
Disamping pengetahuan jenis gelas, Bartender juga dituntut untuk mengenali dan menguasai penggunaan alat-alat bar seperti boston, strainer, jigger, muddler, dan lain-lain. (artikel ttg alat-alat bar bisa dibaca di sini)

Seorang bartender dengan keahliannya, dapat meramu cocktail klasik seperti Cosmopolitan, Manhattan, Old Fashioned dan Mojito. Bartender profesional haruslah memiliki kepekaan dalam membedakan berbagai macam rasa dan jenis minuman sehingga dapat membuat minuman yang bercita rasa tinggi.
Bartender juga berkewajiban moral untuk mengidentifikasi pelanggan di bawah umur dan pada beberapa negara tertentu, seperti Swedia, seorang bartender wajib untuk tidak menambahkan minuman lagi kepada pelanggan yang sudah mabuk.

Menjadi bartender adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan karena berinteraksi dengan berbagai macam orang dan tentunya memberikan pendapatan yang lumayan. Di Amerika Serikat, 55% dari pendapatan seorang Bartender diperoleh lewat “tip” yang diperoleh dari pengunjung.

Sejarah Singkat Bartender di dunia
Bartending sudah dimulai sejak jaman Julius Caesar (50SM) yang pada waktu itu menyajikan Wine kepada para pengembara. Dari Roma, bartending kemudian menyebar ke Yunani bahkan sampai ke Asia.
Di abad ke 15, yang menjadi Bartender adalah para tuan rumah maupun pemilik bar dan dibantu asisten perempuan dalam menyajikan minuman. Para bartender dan pemilik bar dianggap sebagai kaum elit atau sosialita pada masa itu.

Di Amerika, bartending dipolulerkan oleh Jeremiah "Jerry" Thomas (1830-1885). Dia adalah pioneer batender yang kemudian dijuluki sebagai "Bapak dari American Mixology." Keahliannya dalam meramu minuman membuat dia tersohor sampai ke Eropa. Pada saat dia bekerja di sebuah hotel di San Fransisco, gaji dibawa pulang setiap minggunya bisa mencapai $100. Pendapatannya ini lebih tinggi daripada gaji Wapres Amerika dikala itu.

Flair Bartending
Oleh Jerry, bartending kemudian menjadi sebuah “seni pertunjukkan” lewat aksinya dalam menyajikan minuman. Aksi-aksi ini dikenal dengan istilah Flair Bartending (biasa juga disebut Extreme Bartending). Penyajian minuman menjadi menarik lewat flair bartending.

Flair sendiri berarti trik-trik khusus yang digunakan bartender untuk memukau pengunjung, pada saat menyajikan minuman. Flair bisa dilakukan lewat melempar botol (juggling), memutar botol / shaker, menyulut minuman dengan api ataupun melakukan close-up magic , yang biasa dikenal dengan dengan bar-magic.


Untuk mengapresiasi bakat-bakat para Barterder di seluruh dunia maka pada tahun 1998 kompetisi Flair Bartending tingkat dunia pertama dilangsungkan. Berikut adalah nama-nama kompetisi bergengsi flair bartending tingkat dunia yang pernah dan yang masih ada:

•Roadhouse World Flair in (covent garden) London, UK.
•Legends of Bartending (Las Vegas, USA) – discontinued
•Quest (Orlando - the oldest major flair competition in the world) – discontinued
•Skyy Global Flair Challenge in 14 different countries incl. China, UK, Canada, Israel, Czech Republic, Germany, Brazil, Mexico, etc. – discontinued
•Crazy Beach World Flair Competition (Cosenza - Italy)
•Flairmania (Riga, lativa)
•Stars War Championship (Bali, Indonesia)

•Titans World Open (Moscow, Russia)
•Ultimate Flair (Tokyo, Japan)
•Flair Battle Rome (Rome, Italy)
•Old Skool Rules (London, UK)
•Prepare to Flair - Beginner Competition @ the Roadhouse (London, UK)
•Flair Fearless Championship (Los Angeles, USA)
•Bols Barmen Cup (Umag, Croatia)
•Warsaw Flair Challenge (Warsaw, Poland)
Demikian sekilas info tentang BARTENDER. Terima kasih sudah mampir gans emoticon-Angkat Beer

Yang masih mau lihat aksi Flair Bartending, silahkan lihat spoilers berikut:
Spoiler for photo_1:

Spoiler for photo_2:

Spoiler for photo_3:

Spoiler for photo_4:

Spoiler for photo_5:

Spoiler for photo_6:

Spoiler for photo_7:

Spoiler for photo_8:

Spoiler for photo_9:

Spoiler for photo_10:

Spoiler for photo_11:

Spoiler for photo_12:

Spoiler for photo_13:

Spoiler for photo_14:

Spoiler for photo_15:


Polling
0 suara
Apa info yg saya tulis bermanfaat?
Diubah oleh bar.id 11-02-2014 11:00
sevenfiveseven
sevenfiveseven memberi reputasi
1
32.8K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan