r.u.c.h.v.e.rAvatar border
TS
r.u.c.h.v.e.r
Patahnya Bus Gandeng, Pertama dalam Sejarah Transjakarta


JAKARTA, KOMPAS.com - Meski bus transjakarta telah sering mengalami gangguan, namun kejadian patahnya bus transjakarta gandeng pada Kamis (7/8/2014) merupakan yang pertama kalinya terjadi sepanjang sejarah layanan yang beroperasi sejak 2004 itu.

"Kejadian ini pertama kalinya dalam sepanjang sejarah pelayanan transjakarta. Karena selama ini gangguan transjakarta biasanya lepasnya roda, mesin mati di tengah jalan, atau fasilitas di dalam bus tidak berfungsi dengan baik," kata Kepala Laboratorium Transportasi UI Ellen Tangkudung saat dihubungi, Jumat (8/8/2014).

Ellen menduga kasus patahnya bus gandeng menunjukkan pemeriksaan rutin tidak berjalan sebagaimana semestinya. Transjakarta juga dinilai tidak mengikuti standar pelayanan minimum (SPM).

Ia pun menilai seringnya terjadi kerusakan pada bus transjakarta disebabkan waktu istirahat terlalu pendek akibat jam operasional yang berlebihan. "Waktu operasional transjakarta dari 05.00-23.00 WIB. Waktu itu belum termasuk perjalanan ke pool. Tentunya waktu istirahat makin berkurang," jelasnya.

Seperti diberitakan, bus transjakarta gandeng bermerek Inobus dengan nomor lambung DMR-005 Koridor XI jurusan Kampung Melayu-Pulogebang mengalami patah di lampu lalu lintas, di Jalan Raya Bekasi Timur, Jatinegara, Jakarta Timur pada Kamis (7/8/2014) siang kemarin.

Beruntung tidak ada cedera dari penumpang bus yang berjumlah 40 orang tersebut. Dugaan awal, penyebab patahnya bus gandeng disebabkan adanya baut yang lepas di bagian sambungan bus.

http://megapolitan.kompas.com/read/2...h.Transjakarta

MURI perlu mencatat nih emoticon-Big Grin
0
5.5K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan