Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

soratakunAvatar border
TS
soratakun
Unik nya Kurikulum 2013
Siang gan, sambil ngabuburit ane iseng mau bahas tentang kurikulum 2013 yang lagi di coba ke pendidikan indonesia ini yang katanya sih lebih baik dari kurikulum KTSP (2006)

Sebelum kita masuk ke Post mari kita baca dulu apa sih kurikulum 2013?


Kurikulum 2013 atau Pendidikan Berbasis Karakter adalah kurikulum baru yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun disiplin yang tinggi. Kurikulum ini menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang diterapkan sejak 2006 lalu. Dalam Kurikulum 2013 mata pelajaran wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di satu satuan pendidikan pada setiap satuan atau jenjang pendidikan.Mata pelajaran pilihan yang diikuti oleh peserta didik dipilih sesuai dengan pilihan mereka.Kedua kelompok mata pelajaran tersebut (wajib dan pilihan) terutama dikembangkan dalam struktur kurikulum pendidikan menengah (SMA dan SMK) sementara itu mengingat usia dan perkembangan psikologis peserta didik usia 7 – 15 tahun maka mata pelajaran pilihan belum diberikan untuk peserta didik SD dan SMP.

Pengetahuan

Pengetahuan dalam kurikulum 2013 sama seperti kurikulum-kurikulum sebelumnya, yaitu penekanan pada tingkat pemahaman siswa dalam pelajaran. Nilai dari aspek pengetahuan bisa didapat dari Ulangan Harian, Ujian Tengah/Akhir Semester, dan Ujian Kenaikan Kelas. Pada kurikulum 2013, Pengetahuan bukan aspek utama seperti pada kurikulum-kurikulum sebelumnya.

Keterampilan

Keterampilan merupakan aspek baru dalam kurikulum di Indonesia. Keterampilan merupakan penekanan pada skill atau kemampuan. misalnya adalah kemampuan untuk mengemukakan pendapat, berdiksusi/bermusyawarah, membuat laporan, serta berpresentasi. Aspek Keterampilan merupakan salah satu aspek penting karena hanya dengan pengetahuan, siswa tidak dapat menyalurkan pengetahuan tersebut sehingga hanya menjadi teori semata.

Sikap

Aspek sikap merupakan aspek tersulit untuk dinilai. Sikap meliputi sopan santun, adab dalam belajar, absensi, sosial, dan agama. Kesulitan penilaian dalam aspek ini karena guru tidak setiap saat mengawasi siswa-siswinya. Sehingga penilaian tidak begitu efektif.

Mata Pelajaran
Spoiler for Sekolah Dasar:

Spoiler for Tingkat Menengah Pertama:

Spoiler for Tingkat Menengah Atas:


Lalu apa yang unik di Kurikulum ini?
Sebelumnya, ane ini kelas 12 SMA di Bali gan bisa dibilang angkatan ane adalah generasi terakhir kurikulum 2006 KTSP.

Dari apa yang ane dengar waktu pengumuman di sekolah kemarin kalau Kurikulum 2013 ini menyita perhatian kami para kelas 12 gan.
Kenapa?

-Kelas 10 Pelajaran perminggu nya adalah 48 Jam Pelajaran
-Kelas 11 Pelajaran Perminggu nya adalah 46 Jam Pelajaran
-Kelas 12 Pelajaran Perminggu nya adalah 42 Jam Pelajaran
Lalu supaya adil jam pelajaran kami semua di SAMA ratakan gan menjadi 48 Jam perminggu! Jadi kita yang biasanya pulang jam setengah 2 dihari biasa dan jam 12 di hari jumat menjadi jam 2 dihari biasa dan jam setengah 2 dihari jumat.

-Kelas 10 & 11 disetiap mata pelajaran peminatan jadi 8 jam sehari gan. Tetangga ane curhat kalau dihari kamis dia belajar Matematika 1 hari full!
Mungkin banyak yang bilang, lah kalau ente gak suka matematika 1 hari full kenapa milih Matematika? Memang gan, tapi sesuka apapun ente sama suatu pelajaran kalau satu hari ente dijejalkan sama pelajaran itu saja pasti bosen juga kan.

-Pada baju putih siswa di atas kantong baju mereka ada lambang merah putih.
Mungkin ini termasuk dalam aspek cinta tanah air ya gan, tapi apa upacara setiap hari senin belum cukup? Ya mudah-mudahan dengan adanya Lambang Merah Putih pada baju jiwa generasi-generasi baru memang lebih cinta tanah air ya gan. Semoga saja.

-Di hari sabtu sekolah yang biasa libur sekarang jadi sekolah
Mungkin udah banyak yang biasa itu, contohnya sekolah ane yang memang sekolah di hari Senin - Sabtu. Kita doakan semoga peraturan ini tidak ngelunjak jadi di hari Minggu jadi hari wajib sekolah. emoticon-Cape d... (S)

Hmm... Memang benar-benar berbeda dengan sekolah diluar negeri ya gan, mereka belajar sehari cuma 5 jam, kita sehari bisa 8 jam belum lagi les dan sebagainya. Ya sudah tidak usah dibandingkan dengan negara lain. emoticon-Ngakak

Baik sekian post ane gan, Semoga siswa di Indonesia makin pintar dan cinta tanah air sehingga tingkat koruptor di Indonesia bisa punah daaaan..... Pesan simple buat menteri pendidikan Kami manusia bukan robot

Diubah oleh soratakun 08-08-2014 02:21
0
11.8K
138
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan