Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vasily13Avatar border
TS
vasily13
(Butuh Saran) Berencana Menikah, Tapi...
Salam kenal senior-senior Wedding.
Begini ceritanya.

Ane sama pacar, udah jalan 5 tahun pacaran. Ane pacaran sejak S1 dulu dan sekarang berlanjut sampai S2. Pacar & ane umurnya sama 24 tahun, akhir tahun ini kami sama2 25 tahun. Februari ini cewe ane lulus S2 sedangkan ane (sepertinya dan semoga) akan lulus Desember tahun ini (amin). Kami berdua memikirkan rencana untuk menikah segera setelah kita berdua selesai S2. (Kami berdua saat ini bekerja sebagai pengajar di bimbel).

Masalahnya seperti ini gan. Ane berasal dari keluarga yang "Enggak buru2 kimpoi" atau keluarga yang "anti nikah muda". Bagi keluarga ane 25 itu masih muda (banget) dan gak perlu mikirin nikah. Ibu ane sendiri nikah di usia 30 dan pacaran 9 tahun. Ane berasal dari keluarga dengan ekonomi yang pas-pas saja, gan. Dari skala 1-10 untuk kesejahteraan, mungkin keluarga ane di nomor 4. (Ane dapet beasiswa untuk s1 dan s2).

Dan itu menjadi masalah nomor kesekian bagi ane. Selalu ada omongan2 yang menyuruh ane untuk sukses (materi) dan buatin istana (ini omongan asli--bukan lebay!) dulu buat ibu ane (sebelum nikah). Belum lagi ditambah ane punya 2 adik yang sama-sama baru masuk kuliah yang jadi tanggungan ane juga (estimasi mereka kelar kuliah 4-5 tahun dari sekarang--2014).

Di satu sisi, pacar udah nunggu ane untuk melamar dia (ane juga mau) tapi di lain sisi, ane gak bisa memungkiri ada keluarga ane yang butuh ane. Ane Islam. Dalam keyakinan ane (Islam mengajarkan) kalau pernikahan itu salah satu pembuka pintu rezeki, tapi pemikiran ane itu malah ditertawakan oleh keluarga ane sendiri (sigh!).

So, ane butuh banget saran dari kaskuser senior di sini yang mungkin pernah punya cerita mirip sama ane. Apakah ane harus menunda dulu rencana pernikahan ane? Apakah ane harus cari jalan agar keluarga ane setuju? Atau mungkin ada saran lain?

Terima kasih sebelumnya gan/sist. emoticon-Malu (S)
tata604
tata604 memberi reputasi
1
9.9K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan