Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cintabangetAvatar border
TS
cintabanget
Ini Dia Mobil Anti Tabrakan, Teknologi Terbaru dari Jepang


Setiap produsen otomotif pasti ingin produknya lebih aman dan nyaman dikendarai. Berbagai teknologi coba diterapkan demi mencapai keinginan itu. Demikian pula dengan T*y*ta. Namun, pabrikan mobil terbesar dunia ini sudah melangkah lebih jauh dibandingkan dengan sejumlah rivalnya dalam upaya menciptakan teknologi yang membuat mobil dapat berkomunikasi dengan jalan raya. Meski masih butuh waktu lama untuk menerapkannya pada kendaraan saat ini, tapi teknologi milik Toyota ini dapat menjadi solusi paling layak sejauh ini. Adalah Hideki Hada, yang telah malang melintang di industri otomotif sejak 1989, mencoba mencurahkan semua waktu dan hasil karyanya untuk menciptakan teknologi yang menjamin keselamatan berkendara di jalan raya. Pada 2014, Hada bergabung dengan T*y*ta Technical Center (TTC) dan terus berupa menemukan solusi agar berkendara di jalan raya lebih aman dan lebih efisien. Dan hasil jerih payahnya itu lahirlah teknologi canggih yang disebut sebagai road-cars wireless communication system.
Untuk mengetahui lebih jauh cara kerja teknologi ini, Hada mencoba menjelaskannya, seperti dilansir autoevolution, bahwa mobil menginformasikan kecepatan aktualnya ke infrastruktur jalan melalui Dedicated Short Range Communication (DSRC). Kemudian sistem manajemen jalan ini mengumpulkan data dan mengkalkulasi kecepatan optimal mobil yang melaju di jalan tersebut berdasarkan kondisi lalu lintas di area itu. Data kecepatan optimal mobil itu dikirimkan kembali oleh infrastruktur jalan ke mobil via DSRC.

Dengan mobil mengikuti anjuran batas kecepatan, maka arus lalu lintas akan makin lancar dan kemacetan akan terurai. Tentu saja sistem ini bagus untuk kondisi jalan saat cuaca buruk dan jarak pandang yang pendek. Sistem akan memberitahu pengemudi untuk mengurangi kecepatan atau bahkan berhenti jika terjadi kecelakaan. T*y*ta sudah menguji teknologi ini dan terbukti kelayakannya di Ann Arbor Campus.

Berdasarkan hasil survei yang pernah ane baca ni gan, kecelakaan berkendara di jalan raya 70 % di sebabkan pengemudi menabrak gan, dan 30 % lagi di tabrak, lumayan deh walau masih ada resiko celaka tapi udah jauh lebih aman, karena jika sopir mengantuk mobil ini akan ambil alih setir dan memberhentikan mobil agan di tempat yang aman.

Diubah oleh cintabanget 03-07-2014 11:52
0
11.3K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan