Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

panzermargondaAvatar border
TS
panzermargonda
(TEKNIS DAN TEHNIK CVT) SMOOTH OPERATIONS
Om Mod, ijin berbagi pengetahuan.
(dari berbagai sumber)

(TEKNIS DAN TEHNIK CVT) SMOOTH OPERATIONS


CVT lebih dahulu dikenal di Indonesia sebagai transmisinya motor matik. Pilihan transmisi ini untuk roda empat memang belum familiar.

Seiring berkembangnya industri otomotif roda empat di tanah air, banyak produsen yang mengadopsi teknologi ini memasarkannya di Indonesia, salah satunya Nissan.

Apa sebenarnya CVT itu? Bagaimana pengoperasian yang efisien dan optimal?
Spoiler for CVT:

Prinsip kerja dasar CVT adalah memiliki tingkat percepatan, dengan perpindahan yang sangat halus sehingga minim hentakan sebagaimana transmisi otomatis konvensional. Hal ini berkat kinerja komponen variable input pulley, output driven pulleydan high durable belt (sabuk pulley) yang di trigger melalui beragam sensor dan microprocessors. Ada banyak kelebihan yang dimiliki transmisi jenis Continuously Variable Transmission (CVT).

ENGINE BRAKE

Istilah ini lebih dikenal pengendara transmisi manual, sementara untuk transmisi otomatis konvensional, engine brakejarang digunakan karena dapat kehilangan momentum saat kembali berakselerasi.

Pada transmisi CVT, engine brake beroperasi layaknya transmisi manual, namun bekerja secara otomatis. Berbeda dengan transmisi otomatis konvensional yang terdiri dari rangkaian fixed gears.

Quote:


Kondisi yang kedua adalah melewati turunan. "Ketika jalanan menurun tidak perlu terlalu direm karena ada engine brake, pilihan transmisi langsung disesuaikan secara otomatis. Kalau di transmisi otomatis makin lama dia akan makin meluncur karena itu kerja rem pasti ekstra,” lanjutnya.

FUEL CONSUMPTION

CVT juga di klaim lebih irit bahan bakar, karena saat perpindahan gigi, tachometer(RPM) tidak turun sebanyak transmisi otomatis. Hal ini mengurangi pijakan pedal gas pada saat berakselerasi.

Spoiler for Perpaduan Mesin HR15DE dengan Transmisi CVT:


All New Nissan Grand Livina di Indonesia memadukan CVT dengan mesin HR15DE, yang dirancang oleh Aichi Machine Industry, Nagoya Jepang. Dengan kapasitas 1.498 cc, 4 silinder segaris, menghasilkan tenaga 109 PS (80 kW; 108 hp) pada putaran 6000 rpm dan 148 N·m (109 ft·lbf) pada rpm 4400.

Dilengkapi dual injectordan twin VTC pada intake dan exhaust, menghasilkan perpaduan optimal antara performa kendaraan dengan efisiensi bahan bakar.

Agan punya pengalaman dengan CVT? Monggo di share dimarih... emoticon-Kiss
0
2.6K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan