buduranAvatar border
TS
buduran
Kontroversi Buku Cerita Anak Berbau Porno Berjudul "Alfie's Home"
Lagi ramai beredar foto di jejaring sosial sebuah halaman buku yang narasinya sangat vulgar dan dianggap mengajarkan hal yang negatif seperti ini:
Spoiler for tsk:


--------------------------------------------------------

Halaman ini akan Merangkum twit Mbak Clara Ng tentang halaman sebuah buku yang sempat beredar di Path dan dihujat oleh banyak orang. Saya jujur sempat penasaran, kok ada buku seperti itu (karena hanya melihat satu halaman saja). maka melalui akun twitternya Mbak Clara Ng menjabarkan keseluruhan isi buku kepada followersnya.

Spoiler for Halaman buku ini bertebaran di soc media, bikin ortu histeris dan mengutuk buku ini sbg buku bejat:


Menurutnya penting buat kita berfikir cerdas sebelum menghakimi. "Reality check please. Bagaimana bisa menilai seluruh buku kalau cuma baca 1 halaman aja? You left out lots of information... Aku mau posting seluruh hlmn buku di sini, so you tell me later who's corrupting young minds. Judulnya Alfie's Home oleh Richard Cohen." Jadi Judul buku tersebut adalah Alfie's Home oleh Richard Cohen.

Spoiler for Ini adalah Cover buku tersebut:


Spoiler for Halaman pertama. Ortu Alfie suka bertengkar. Ayahnya jarang di rumah:


Spoiler for Halaman kedua. Ibu Alfie menangis. Alfie menjd sedih dan sendirian.:


Spoiler for Halaman ketiga. Paman Peter datang ke rumah dan beri perhatian. Senang pegang-pegang dan bilang bahwa semuanya rahasia:


Spoiler for Halaman empat. Ayah dan ibu makin sering bertengkar. Alfie makin besar dan sering diejek banci lo sama teman2nya:


Spoiler for Halaman lima. Akhrnya Alfie ketemu konselor utk curhat. Konselor bilang Alfie bukan gay walaupun prnh dilecehkan:


Spoiler for Halaman 6. Konselor jelasin mengalami pelecehan seksual di masa lalu oleh paman belum tentu menjadikan Alfie gay.:


Spoiler for Halaman 7. Akhrnya Konselor menjelaskan kpd ortu ttg keadaan Alfie.:


Spoiler for Halaman delapan. Ayah dan ibu Alfie sepakat untuk tidak berantem lagi. Dan Paman menyesal dengan perbuatannya:


Spoiler for Halaman sembilan. Epilog. Alfie menghabiskan wktu bersama ayahnya lagi. The end.:


Mbak Clara Menambahkan dalam twitternya..
"Berhari2 bacain orang2 mengutuk halaman itu dgn tema yg benar2 berbeda tanpa paham seluruh isi buku dan tujuan buku tsb dikampanyekan. So if u don't get enough hate in your life or misunderstanding, the good news is u can do it in social medias. Everyone will support u. Anybody who are dying to know the storyline got it right here. Tafsirannya, aku kembalikan ke para pembaca semuanya..."

Kalau saya boleh berkomentar
  1. Terkait berita satu halamanyang beredar di twitter atau Path atau sosial media channel lainnya, jangan langsung asal judge bahwa itu buruk atau bagus banget. cari tahu dulu..sumber dan kebenarannya.
  2. setelah lihat semua halaman dari apa yang di posting mbak Clara, buku ini sebenernya bagus lho..
  3. Pertama ini mengajarkan kepada orangtua yang sering bertengkar, bahwa efek dari pertengkaran akan membawa dampak yang tidak menyenangkan bagi anak yang menyaksikan hal ini. salah satunya, orangtua kemungkinan hanya akan fokus pada masalah mereka sendiri lantas lupa bahwa anaknya baru saja mendapatkan masalah dalam hidupnya. contoh dalam kasus ini adalah pelecehan seksual.
  4. Orangtua harus berfikir ulang untuk membangun pola asuh yang baik buat anak. apa yang mereka lakukan akan direkam seumur hidup oleh sang anak dan bisa jadi, anak akan mencontoh. Misal : laki laki akan tumbuh menjadi anak yang kasar kepada perempuan, mencontoh ayahnya.
  5. Untuk kasus Gay yang disorot dalam Buku ini, buku ini hanya memperjelas bahwa trauma yang diakibatkan pelecehan seksual bisa mengakibatkan trauma. namun belum tentu kemudian anak yang mendapatkan pelecehan seksual lantas menjadi Gay. Sebaiknya anak yang mendapatkan pelecehan mendapatkan penanganan yang baik. dari konselor ataupun orangtua. *(please correct me if I'm wrong)
  6. Lalu, jangan lantas juga kemudian kita menjudge menjadi seorang Gay itu buruk. -- saya gak mau jelasin disini karena menjadi gay adalah pilihan dan menjadi identitas serta ketertarikan seksual yang bisa saja terbawa secara lahiriah. its normal for me. *(Pembaca bebas berpendapat)
  7. Buku semacam ini sebenarnya baik untuk anak, supaya kemudian anak belajar dan mau memahami bahwa komunikasi dengan orangtua akan menjadi jembatan yang sangat baik untuk belajar. baik bagi anak maupun bagi orangtua.
  8. poin ini tambahan dari Mbakyu-ku Asti Widihastuti, setelah saya sharing tulisan saya di Facebook. "bahwa pelaku pelecehan seksual gak selalu orang asing yang menakutkan, tapi orang dekat yang nampaknya tidak jahat dan berbahaya. bahkan sering terjadi pelaku adalah orang-orang dekat". seperti ayah/ibu, paman/bibi, atau kakak..atau guru"


Yuk ah kita belajar lagi..untuk saling menghargai pendapat dan kebebasan berekspresi. oiya, jangan lupa bagi yang punya anak.. sering2 berkomunikasi dengan mereka sehingga anak tidak ragu untuk bercerita jika mendapatkan atau menemukan persoalan.

Spoiler for Sumbernya:
Diubah oleh buduran 29-04-2014 23:40
0
45.3K
217
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan