Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anaksekadauAvatar border
TS
anaksekadau
[HOTT] Menag Akui Baha'i Sebagai Agama Baru di Indonesia
Menag Akui Baha'i Sebagai Agama Baru di Indonesia

Kamis, 24 Juli 2014, 19:55 WIB
Kicauan Menag Lukman Hakim Syaifuddin terkait pengakuan pemerintah terhadap Baha'i sebagai agama baru di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia sekarang menambah daftar agama baru yang secara resmi diakui. Setelah Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, dan Khonghucu, pemerintah menyatakan bahwa Baha'i merupakan agama yang keberadaannya diakui konstitusi.

Hal itu diutarakan Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin melalui akun Twitter, @lukmansaifuddin. Politikus PPP tersebut menjelaskan alasan dan dasar pengakuan Baha'i sebagai agama yang diakui pemerintah dalam 10 serial kultwit.

"1. Awalnya Mendagri bersurat, apakah Baha'i memang benar merupakan salah saru agama yg dipeluk penduduk Indonesia? #Baha'i."

"2. Pertanyaan ke Menag itu muncul terkait keperluan Kemendagri memiliki dasar dlm memberi pelayanan administrasi kependudukan. #Baha'i"

"3. Selaku Menag saya menjawab, Baha'i merupakan agama dari sekian banyak agama yg berkembang di lebih dari 20 negara. #Baha'i"

"4. Baha'i adalah suatu agama, bukan aliran dari suatu agama. Pemeluknya tersebar di Banyuwangi (220 org), Jakarta (100 org), #Baha'i"
\
"5. Medan (100 org), Surabaya (98 org), Palopo (80 org), Bandung (50 org), Malang (30 org), dll. #Baha'i"

"6. Saya menyatakan bahwa Baha'i adalah termasuk agama yg dilindungi konstitusi sesuai Pasal 28E dan Pasal 29 UUD 1945. #Baha'i"

"7. Berdasar UU 1/PNPS/1965 dinyatakan agama Baha'i merupakan agama di luar Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, dan Khonghucu.. #Baha'i"

"8. ... yg mendapat jaminan dari negara dan dibiarkan adanya sepanjang tidak melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan. #Baha'i"

"9. Saya berpendapat umat Baha'i sebagai warganegara Indonesia berhak mendapat pelayanan kependudukan, hukum, dll dari Pemerintah. #Baha'i"

"10. Demikian temans, semoga maklum. Selamat bersiap berbuka bagi yg puasa, meski masih lama.. emoticon-Wink #Baha'i"

Menag Akui Baha'i Sebagai Agama Baru di Indonesia

Sebagai orang yg menyadari bahwa negara ini dari awal terbentuk karena keberagaman, ane acungi emoticon-Jempol untuk Menag, utk rekan2 penganut agama Baha'i emoticon-Shakehand2

Cuman ane ga tau bagamana reaksi sekelompok orang yang merasa suci besok, apakah ada yg protes keras dari pasukan suci emoticon-I Love Indonesia (S)

UPDATE
biar ga menimbulkan opini yg tidak2

Menag Bantah Nyatakan Baha'i Agama



REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama (Menag) Lukman Saifuddin mengklarifikasi kabar yang menyebut ia akan mengakui Baha'i sebagai agama baru. Hanya saja ia mempertanyakan mengenai kewajiban negara mengakui sebuah keyakinan sebagai agama atau bukan.

Melalui akun Twitter @lukmansaifuddin, ia menegaskan tak menyebut Baha'i sebagai agama baru. Pun, Lukman menjelaskan kalau Kementerian Agama (Kemenag) sedang mengkaji dan mendalami mengenai peran Pemerintah.

Khususnya dalam konteks bernegara apa pemerintah berhak mengakui atau tak mengakui suatu keyakinan itu agama atau bukan. ''Masukan ttg hal ini amat berarti bagi kami,'' cuit Lukman melalui akun Twitternya, Kamis (24/7).

Berikut petikan cuitan melalui akun pribadi politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut.

"@lukmansaifuddin: 1/3. Temans, khususnya pers, mohon cermati benar isi twit saya ttg #Baha'i . Saya sama sekali tak pernah nyatakan Baha'i sbg agama baru."

"@lukmansaifuddin: 2/3. Yg perlu didalami & dikaji: apakah dlm konteks bernegara Pemerintah berhak mengakui atau tak mengakui suatu keyakinan itu agama/bukan?"

"@lukmansaifuddin: 3/3. Kemenag saat ini sedang mengkaji hal tsb. Masukan ttg hal ini amat berarti bagi kami. Tks."

bantah
kek nya republika kejar setoran karena pernyataan menag cuma dikutip sebagian. ibarat orang wawancara, wawancara blm selesai beritanya udah dipublish duluan emoticon-Cool

Quote:
status menag

Quote:


Ternyata hak-hak mereka dilindungi konstitusi emoticon-I Love Indonesia (S)

Spoiler for Pendapat berbeda:


Spoiler for komen:
Diubah oleh anaksekadau 24-07-2014 17:50
0
20.7K
201
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan