Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jonyowsemAvatar border
TS
jonyowsem
Mengenal Berbagai Watak Manusia (Sanguinis, Koleris, Flegmatis, dan Melankolis)
Selamat pagi aganwan-aganwati sekalian.
ane newbie dan berikut adalah postingan ane yang pertama, semoga ane tidak salah forum (meski awalnya agak bingung harus menaruhnya di the lounge ato forum spiritual) utk amannya saya kira lebih bijak saya truh di lounge, (mohon bimbingan) dan semoga juga gak emoticon-Repost
dan kalo pun repost, semoga ane gak copas-copas bgd krna sebagian besar isinya dari benak ane sendiri hasil ikut kuliah psikologi, filsafat, dan seminar.





kali ini saya akan membagi sedikit pengetahuan ane ttg watak manusia.

sebelumnya ane definisiin dulu apa itu watak, mnurut ane watak itu adl sifat yang dibawa oleh seseorag sejak lahir hingga dewasa. mnurut KBBI, definisinya kurang lebih seperti ini


jadi berdasarkan ANALISIS saya, watak tsb adalah bersifat bawaan yg susah untuk diubah meskipun tidak menutup kemungkinan dapat diubah. watak dapat memengaruhi karakter dan pembawaan seseorang dalam menyikapi permasalahan dalam hidupnya. meskipun demikian, watak juga dapat dibentuk dari faktor lingkungannya misalnya didikan orang tua. kalo istilah biologinya fenotip = genotip + lingkungan.
menurut Hipocrates, watak seseorang dapat dibagi menjadi 4, yaitu
1. orang sanguin
ilustrasi


orang sanguin selalu riang dan penuh harapan, menganggap sesuatu yg dhadapinya sbg hal yang amat penting dan harus ia selesaikan. akan tetapi, ia dapat pula melupakannya sama sekali sesaat kemudian. orang sanguin merupakan penghutang yang jelek yang akan terus menerus minta tenggat waktu ketika ditagih. meski demikian orang sanguin adalah orang yang pandai bergaul karena bawaannya yang selalu riang.
Bentuk temperamen positif orang sanguin: banyak omong, ramah, bersemangat, suka gaul, bersahabat, pengasih.
bentuk temperamen negatif orang sanguin: kemauan terkadang kendor apabila mencapai titik tertentu, tidak tenang, tidak disiplin, mudah gelisah, egosentris, tidak dapat diandalkan ( terutama saat bayar utang hehe).
bakat : aktor, pedagang, jubir.

2. orang kolerik
ilustrasi



orang kolerik adalah orang yg mudah sekali dipancing dan naik pitam, meski demikian ia juga mudah kembali ditenangkan kalo lawan bicaranya mengaku kalah. tipikal orang yang menyibukkan diri dan tidak tabah. dia suka memerintah namun tidak mau diganggu dengan pelaksanaan dari perintah perintahnya. orang kolerik suka penampilan, kemegahan dan formalitas. ia penuh kebanggaan tehadap dirinya. orang kolerik tergolong orang yang kikir dan dapat sakit hati banget jika orang lain tidak mau diajak sesuai keinginannya.
bentuk temperamen positif orang kolerik: berkemauan keras, tekun, berjiwa bebas, optimis, tegas, dan produktif.
bentuk temperamen negatif orang kolerik: kasar, tak acuh, bangga diri, licik, tak berperasaan, dan puas diri
bakat : produsen, pemimpin

3. orang flegmatik
ilustrasi




orang flegmatik memiliki pendirian kuat, tidak mudah marah namun sekalinya marah akan luar biasa dahsyatnya dan tahan lama. Ia oranh yang pandai menyimpan dendam. orang flegmatik cenderung tidak bijaksana. orang flegmatik sangat mencintai adanya kedamaian dan keteraturan dalam hidupnya.
bentuk temperamen positif orang flegmatik: tenang, lembut hati, dapat diandalkan, konservatif.
bentuk temperamen negatid orang flegmatik: mementingkan diri sendiri, penakut, pendedam.

bakat: diplomat, akuntan, guru.

4. orang melankolik
ilustrasi



c
orang melankolis menganggap segala sesuatu amat penting. orang tipe ini akan selalu menemukan alasan untuk merasa kuatir dan yang pertama tama mereka pikirkan adalah masalah-masalahnya, meskipun itu tidak penting sbenarnya.
segala tindakan orang melankolis dilakukan bukan dari hasil pemikirannya pribadi melainkan karena pergaulan dengan orang lain yang justru membuatnya kuatir, berprasangka, dan sibuk berpikir.
bentuk temperamen postif: cermat, peka, perfeksionis, suka keindahan, idealis, setia.
bentuk temperamen negatif: teoretis, tidak praktis, suka mencela, dan pendendam.
bakat: seniman, musikus, fi

demikian, trit ini saya buat sebagai latihan, mohon maaf apabila masih banyak kekurangan. maklum masih newbie. trit ini pun dibuat hanya dengan HP ala kadarnya.
Ts yang baik tentunya tahu bagaimana mempertanggungjwabkan tulisannya. tulisan ini saya sarikan dari berbagai sumber.
SUMBER:
Kasmaran, P. Primbon Watak dan Asmara. Apollo, Surabaya: 248 hlm.
ILUSTRASI
vannisa.wordpress.com
kbbi.web.id
arti-psikologi.blogspot.com
emoticon-Wowcantik
Diubah oleh jonyowsem 25-07-2014 04:45
0
7.8K
27
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan