Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fujiharnantoAvatar border
TS
fujiharnanto
Jokowi-JK Beri Kesempatan Rakyat Mengusulkan Nama Menteri



Liputan6.com, Jakarta - Presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) segera menjalankan pemerintahan baru periode 2014-2019. Para menteri pun akan dipilih untuk membantu mereka dalam menjalankan roda pemerintahan.

Untuk menentukan siapa saja yang menjadi menteri, Tim Jokowi Center membuka kuesioner yang ditujukan bagi rakyat untuk memberikan usulan mereka, siapa sosok yang menurut rakyat pantas untuk menduduki kursi menteri tertentu.

Kuesioner tersebut bertajuk "Kabinet Alternatif Usulan Rakyat (KAUR)". Sejumlah nama sudah disediakan oleh tim Jokowi-JK. Ada tiga nama yang diajukan pada setiap posisi menteri tertentu. Tapi ada tambahan kolom lain bila responden ingin mengusulkan nama lain.

Sebagai contoh, untuk posisi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), disediakan tiga nama, yakni Jenderal TNI Budiman, Jenderal TNI Dr. Moeldoko, dan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso, ditambah satu kolom pilihan untuk nama lain.

Begitu juga posisi Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian) yang diisi tiga nama tenar, yakni Chairul Tanjung yang saat ini menjabat posisi menteri tersebut, Prof. Dr. (H.C.)  Dahlan Iskan, dan Gita Irawan Wirjawan. Serta satu kolom pilihan untuk nama lain.

Sementara nama Anies Baswedan yang selama ini disebut-sebut bakal menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) masuk dalam daftar pilihan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Saat dikonfirmasi, Jokowi membenarkan bahwa kuesioner menteri tersebut memang dibuat oleh pihaknya. "Iya itu kan bagian dari minta masukan. Saya hanya minta masukan," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (24/7/2014).


Kabinet Alternatif Usulan Rakyat (KAUR)


Code:
Jokowi-Jusuf Kalla telah memenangi laga Pilpres 2014. Kemenangan pasangan ini sebagian besar didukung oleh ribuan komunitas relawan. Para relawan bukan hanya ambil bagian dalam kampanye dan pendanaan. Namun, mereka juga terlibat aktif mengawasi proses penghitungan suara.

Mungkin politik Indonesia mutakhir bukan hanya diwarnai oleh kehadiran sosok Jokowi, namun juga munculnya partisipasi relawan yang luar biasa. Kini, para relawan terus mengawal perjalanan politik pasangan pilihan mereka ini dengan berbagai cara.

Jokowi Center dan Radio Jokowi memutuskan untuk ikut mengawal proses penjaringan nama-nama calon menteri yang dianggap layak oleh rakyat. Pemilihan menteri memang hak prerogatif Presiden. Namun bukan berarti rakyat tidak bisa berpartisipasi.

Di dalam memilih daftar nama calon-calon menteri ini, kami melakukan diskusi intensif dengan berbagai kalangan: aktivis, intelektual, wartawan dan juga para politikus. Nama-nama ini kami hadirkan, dan Anda kami persilakan untuk memilihnya sebagai bagian dari laku politik.

Selamat memilih, tetap tersenyum dan tetap mendukung Jokowi-Jusuf Kalla, untuk Indonesia yang lebih hebat, mandiri, dan bermartabat.

*) Jika tidak berkenan memilih salah satu menteri, pilih kolom Other



Quote:




sumber


________
Baru kali ini masyarakat dilibatkan dalam pemilihan kabinetemoticon-2 Jempol
0
7K
80
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan