Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

unknownoneAvatar border
TS
unknownone
Ada Apa dengan Hatta Rajasa dan Prabowo?
RABU, 23 JULI 2014



TEMPO.CO, Jakarta: Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina Jakarta, Hendri Satrio, mengatakan Hatta Rajasa harus menunjukkan sikap politik yang jelas terkait dengan sikap Prabowo Subianto yang menolak pilpres 2014. Menurut Hendri, absennya Hatta ketika Prabowo mengumumkan sikap politiknya bisa diartikan ada perbedaan pendapat di antara keduanya.

"Ini menunjukkan adanya ketidaksepahaman antara keduanya," kata Hendri kepada Tempo, Rabu, 23 Juli 2014. Hatta Rajasa tidak mendampingi pasangan politiknya, Prabowo, saat menyampaikan pidato di Rumah Polonia, Jakarta Timur. (Lihat: Isi Pidato Prabowo Tolak Pelaksanaan Pilpres)

Prabowo menyatakan menolak pilpres dan menarik diri dari proses rekapitulasi yang sedang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pada jam yang sama, justru beredar kabar Hatta menggelar konferensi pers di rumah PAN namun batal. Saat partai pendukung calon nomor urut satu berkumpul di Hotel Four Seasons pada Ahad lalu, untuk membicarakan kemungkinan mengajukan gugatan, Hatta juga tak hadir. (Baca: Tim Prabowo Siapkan Gugatan, Hatta Absen)

Menurut Hendri, publik bisa mempersepsikan Hatta memiliki jiwa besar untuk menerima hasil rekapitulasi suara hasil pemilihan umum. Secara tersirat, kata Hendri, sikap Hatta ini menunjukkan pengakuannya atas kemenangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2014-2019. "Di sisi lain, hal ini menunjukkan komunikasi politik Prabowo dan Hatta yang tidak selesai."

KPU menetapkan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih dalam pemilihan umum calon presiden dan wakil presiden. Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara nasional, Jokowi-Kalla meraih 70.997.833 suara atau 53,15 persen unggul dari Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang meraih 62.576.444 suara atau 46,85 persen dari suara sah nasional. Jokowi-Kalla menang di 23 provinsi dan luar negeri, sedangkan Prabowo-Hatta menang di 10 provinsi. (Baca juga: Prabowo Tolak Pilpres, Jokowi: Dia Negarawan)

Hendri menambahkan, Hatta sebaiknya menunjukkan sikap politik yang jelas. Jika masih sepaham, bisa kembali tampil bersama dengan Prabowo. Tetapi jika tidak, bisa memberikan pernyataan positif tentang hasil rekapitulasi tersebut. "Bahkan mungkin memberikan selamat kepada Jokowi-Jusuf Kalla," kata Hendri.

MONIKA PUSPASARI

Source:
http://pemilu.tempo.co/read/news/201...sa-dan-Prabowo

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News
0
3K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan