MoonSummonerAvatar border
TS
MoonSummoner
Ini Alasan Film ''Noah'' Tak Akan Tayang di Indonesia


Jakarta, GATRAnews – Film Noah yang dibintangi oleh Russell Crowe menjadi kontroversi baru-baru ini. Film tersebut dilarang tayang di sejumlah negara Timur Tengah seperti Uni Emirat Arab, Qatar, dan Bahrain. Kisah di dalam film Noah dianggap telah melanggar ajaran agama Islam karena menggambarkan sosok nabi. Nah bagaimanakah tanggapan penonton di Indonesia sendiri yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam jika menonton film ini?

Jawabannya mungkin belum bisa diungkapkan karena Noah tidak bakal tayang di Indonesia.

Dilansir dari Majalah GATRA edisi pekan ini, film yang mengisahkan tentang kehidupan Nabi Nuh ini tidak lolos dari penilaian Lembaga Sensor Film (LSF). Ada empat orang anggota LSF yang pada jumat pekan lalu menonton film karya Darren Aronofsky ini dan mereka merekomendasikan agar Noah tidak diijinkan tayang di Indonesia.

Selain dianggap tidak sesuai dengan al-Quran, pelarangan tayang Noah juga karena dikhawatirkan akan menyesatkan masyarakat. Sumber Majalah GATRA juga mengungkapkan, karena bulan Ramadhan dan pemilihan umum 2014 akan tiba sebentar lagi, maka perlu dicegah munculnya keresahan dan pro-kontra di masyarakat.

Sebelumnya, Ace Showbiz memberitakan bahwa Universitas Al-Azhar di Mesir menyatakan keberatan dengan film Noah karena melanggar hukum islam dan bisa memprovokasi perasaan orang-orang yang beriman. Juma al-Leem dari National Media Center Uni Emirat Arab juga menyebutkan adanya adegan dalam film Noah yang bertentangan baik dengan ajaran Islam maupun Alkitab, sehingga Uni Emirat Arab nemutuskan tak menayangkan film tersebut. Di Amerika Serikat sendiri, film yang dibiayai seharga 125 juta dolar ini mendapat respons negatif di beberapa negara bagian sebelum penayangan perdananya.

Rumah produksi Paramount Pictures menjawab filmnya merupakan bagian dari seni. Kisah dalam film Noah memang tidak sepenuhnya berasal dari Kitab Suci, karena dibuat serealistis mungkin dengan mengesampingkan hal-hal bersifat mitologi.

Dengan banyaknya kontra terhadap film maka Paramount ebih berhati-hati dalam memasang promosi filmnya. "Film ini terinspirasi kisah Nabi Nuh. Lisensi artistik telah diambil, kami percaya film ini mendekati kebenaran esensi, nilai-nilai, dan integritas dari cerita yang merupakan landasan iman jutaan orang di dunia. Kisah Nabi Nuh dari Kitab Suci dapat ditemukan di Kitab Kejadian," demikian pernyataan dari Paramount.

Selain Russell Crowe, Noah juga dibintangi oleh Emma Watson, Jennifer Connely, serta Ray Winstone.

http://www.gatra.com/entertainmen/fi...indonesia.html

yah sayang... it's just a movie padahal.
Gimana dengan Exodus-nya Ridley Scott yah?
Diubah oleh MoonSummoner 24-03-2014 02:01
0
26.5K
341
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan