kutangajaibAvatar border
TS
kutangajaib
[WAJIB MASUK] Kuliah di PTS vs PTN berdasarkan pengalaman ane, DIJAMIN BERGUNA BANGET
kebenran nih mau SPMB. nama saya adalah kutang bin ajaib. saya seorang alumni PTN (S1-reguler) dan melanjutkan studi S-2 di PTS. saya ingin sharing sebentar.

karena pernah kuliah di PTN dan PTS saya dapat melakukan komparasi. bukan saja karen pernah kuliah tapi juga pengalaman anak PTS yg di share ke saya.

apa sih plus-minus kuliah di PTN/PTS ??

saya sendiri tak mau mengeneralisir semua PTN bakal seperti ini termasuk jurusan. saya anak jurusan sadis sebuah PTN di depok. begitu pula tempat saya kuliah selanjutnya (PTS dengan akreditasi A).

saat kuliah:

1.a. di PTN namanya dosen itu bagaikan raja, lu gak boleh komplain dan memang mahasiswanya gak mau komplain. yang namanya mahasiswa lu harus nunduk. gak semua sih dosen kyk gitu tp ada juga yg demokratis.

1.b. di PTS namanya dosen itu bagaikan hubungan konsumen produsen. bener-bener komersialisasi pendidikan. dosen yang harus nunduk sama mahasiswa.

2.a. di PTN yang namanya dosen itu mengajar dikelas gak pernah secara teknis. biasanya dosen menceritakan tentang hal yang tidak berhubungan langsung berdasarkan pengalaman mereka. tapi anehnya pas ujian, soal yang d itanyakan berhubungan dengan teknisnya. oleh karena itu agan harus belajar sendiri dari buku.

2.b. di PTS dosen malah mengajarkan pelajaran tentang teknisnya. seperti bagaimana menghitung x ? bagaimana mendapatkan y ? latihan soal dst. dan enaknya lagi latihan soal dikelas dijadikan soal untuk ujian emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

3. a. soal ujian, kalau agan gak mau pake cara "curang" dan fairplay dijamin gak selamet. apa cara curangnya ? belajar dari soal-soal tahun lalu yg dialmbil secara "illegal". tapi ada juga dosen yg hobi ganti soal tiap semester.

3.b. soal ujian, seperti yg ane bilang, sering soal latihan dikelas dijadikan soal ujian. maka berbahagialah kalian emoticon-Big Grin

intinya lu di PTS lebih bahagia emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

Nahh masa-masa mencari kerja...ini yang penting....

jujur ada pengkastaan asal kampus untuk masuk dunia kerja. jadi untuk PTN dan PTS posisinya berbeda. seperti di bank asing X maunya cuma alumni UI,ITB, atau UGM saja.

atau bisa juga untuk di bank x alumni PTS bisa masuk tapi cuma jadi "cecunguknya" aja. kalau anak PTN biasanya masuk via program ODP atau management trainee, anak PTN masuknya via jalur biasa.

begitu pula saat diterima di posisi yang sama di perusahaanx. alumni PTS jangan seneng dulu, biasanya ditempatkan diposisi yang anak PTN gak mau. yah boleh dibilang posisi sisa emoticon-Frown. kayak di perusahaan perminyakan biasanya anak PTN yg kerja dikantor sedangkan anak PTS yang kerja dilapangan.

yahh intinya kalau anak PTN biarpun IPK-nya ancur nyari kerja lama tapi kalau dapet kerja posisinya enak tapi kalau PTS cepet nyari kerja tapi posisinya boleh dibilang kurang memuaskan.

boleh dibilang emang ada kasta dunia kerja alumni PTN dengan PTS.

kenapa begitu ? karena alumninya sendiri.

np: pengalaman ane berdasarkan informasi banyak orang, jangan mengeneralisir kejadian satu-dua orang.

tapi ga semua PTN vs PTS kayak gini, menurut ane gak semua PTN sama sadisnya tapi dapat sama benefitnya dalam mencarai kerja

temen ane DO dari jurusan ane lalu pindah ke jurusan IPS di sebuah PTN di Jogja IPK dia cum-laude lulus 3.5 tahun

SOLUSI:

oleh karena itu saran ane, mending agan-agan ini milih kampus PTN "kelas 2". ane lihat dan tanya-tanya ternyata tingkat kuliahnya gak jauh beda sama PTS. tapi saat mencari kerja toh agan dapat benefit yg sama karena sama-saam dipandang sebagai PTN.
Diubah oleh kutangajaib 09-06-2014 04:04
0
105.7K
176
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan