mat_indonAvatar border
TS
mat_indon
Mengkritisi Artikel di Kitapks Seputar Keanehan Website KawalPemilu.org
Aslinya tadi ane nulis di BP, tapi berhubung dihapus ane pindahin ke sini emoticon-Big Grin

Ane kebetulan tadi nemu ini di facebook teman gan, bukan ane yang nulis loh yah...

[URL="https://S E N S O Rbits-and-pieces-of-my-mind/927406a3e478"]sumber[/URL]

Membedah Keanehan “Membedah Keanehan Website KawalPemilu.org (Bagian1)”


A: Loe iseng banget, sih? B: Pokoknya™

Ini hanya tulisan iseng karena suntuk mikirin kenapa mp3 di dalam tag <audio> tidak bisa jalan di UIWebView #eh.

Mari kita bedah “keanehan” dari tulisan di situs kitapks yang berjudul:

Membedah Keanehan Website KawalPemilu.org (Bagian1)
Dimulai dari:

Quote:



Tidak ada yang salah dari website yang menggunakan jQuery tanpa css. Selama pemilik merasa tampilan yang ada sudah mencukupi untuk tujuan yang diinginkan, selesai.


Quote:


Saya berasumsi, pemilik website baru saat itu mendaftarkan domain karena tanggal itu juga KPU merelease form C1. Jadi, ybs sebelumnya tidak ada niat membuat website kawalpemilu.org.


Quote:


Menurut saya, ini juga wajar. Siapa tahu ybs memang tidak ingin terkenal. Mungkin, bagi pemilik situs, yang penting bisa membantu mengawal pemilu kali ini berjalan dengan baik dan jujur.


Quote:


Ya jangan disamakan dong, koneksi modem dengan kalau pakai speedy, atau fastnet, atau dedicated yang lainnya . Anyway, di halaman komentar ada yang bilang tuh, 1 TPS cuma butuh sekitar 5 detik. Coba kali ini kita hitung ulang menggunakan informasi tersebut:


Quote:


Ndak sampai 1 jam, mas. Ya.. boleh deh dibuat jadi 3 jam, siapa tahu ngisinya sambil pipis atau istirahat ngerokok. Tapi tetap, tidak sampai 1 hari, setengah hari juga tidak.


Quote:


Berdasarkan kalkulasi di atas dan informasi kapan domain ini didaftarkan, rasanya semua itu masih masuk akal. Tanggal 11 daftar domain, 3 hari membuat program sampai siap di-release, tanggal 14 membuka facebook page agar relawan bisa mendaftar dan mulai mengisi data. Karena berdasarkan perhitungan, hanya butuh 3 jam, kalau anda lihat tanggal 15 sudah 99%, itu juga masih masuk akal.


Quote:


Kok di-pending, sih? kan jadi ndak bisa membantu input data?


Quote:


Ada masalah ya, dengan relawan yang tinggal di Singapura?


Quote:


Tuh kan, jadi tanya di mana inputnya? salah sendiri ndak jadi like dan daftar menjadi relawan. Jadi ndak tau deh, alamat input ada di mana.


Quote:


Yang membantu negara menjadi relawan untuk menjalankan demokrasinya dengan jujur, adil, dan transparan, dan tanpa dibayar itu ada banyak, mas. Saya saja membantu input data puluhan TPS tanpa dibayar. Dan saya juga ndak ngeluh, karena ini bagian dari partisipasi aktif.


Quote:


Yang ini ndak usah dikomentari, ya. Kan sudah sepaket dengan quote yang di atas. Paling cuma butuh untuk server, dreamhost itu bisa simpan banyak domain dalam 1 akun, kapasitas servernya sampai 2TB. Kok tahu? karena saya juga punya website yang dihosting di sana. Jadi, besar kemungkinan, biaya yang dibutuhkan cuma untuk beli domain dan kopi/rokok untuk menemani ngoding.


Quote:


Ah ente, bisa lihat website dibuat pakai jQuery, kok ya ndak bisa ngecek kalau semua yang di pilpres2014.kpu.go.id itu juga ambil gambarnya lewat scanc1.kpu.go.id? Padahal tinggal buka javascript console, lalu aktifkan Net logging. Ini contohnya:



Sama2 akses scanc1.kpu.go.id, kan?


Quote:



Caranya sudah saya tunjukkan di atas, ketika membuka website scan c1 KPU, tinggal buka javascript console, lalu lakukan klak-klik seperti biasa untuk melihat hasil scan, biarkan javascript console mencatat semua URL yang dibuka oleh AJAX yang ada.


Quote:


Saya ikut bersambung juga deh, kerjaan masih banyak :|


---------------------------------------


skak ster emoticon-Ngakak

ane simpen dolo web arsipnya siapa tahu dihapus kitapks karena malu
Code:
https://web.archive.org/web/20140716061743/http://kitapks.com/?%2Fbaca%2F74%2FMembedah-Keanehan-Website-KawalPemilu.org-%28Bagian1%29.html


UPDATE: nggak ada lima menit setelah ane arsipkan di archive.org/web halamannya sudah 404 Not Found
tapi ane lihat2 masih ada tuh di sono, cuman ganti angka Bagian1 ke Bagian2:
Code:
http://kitapks.com/?/baca/74/Membedah-Keanehan-Website-KawalPemilu.org-%28Bagian2%29.html


emoticon-Big Grin
0
6.3K
75
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan