bimscompAvatar border
TS
bimscomp
Hasil Survei Psikolog CAPRES & CAWAPRES 2014

Akademisi Psikologi Politik Universitas Indonesia mengkaji soal masing-masing kepribadian calon presiden dan calon wakil presiden 2014. Masing-masing capres dan cawapres memiliki sisi menonjol dan keunggulan berbeda.

Hasilnya:
CAPRES PRABOWO mendapatkan nilai 44, tertinggi dari sisi ketegasan. Pasangannya, Hatta mendapat nilai 32, tertinggi dari sisi ketenangan.

CAPRES JOKOWI mendapatkan nilai 26, tertinggi dari sisi pekerja keras, dan wakilnya Jusuf Kalla mendapat 22, tertinggi soal keberanian.

Pakar psikologi politik UI Hamdi Muluk mengatakan metodologi yang digunakan adalah dengan mengumpulkan biografi hidup dari masing pasangan capres dan cawapres. Sebanyak 204 orang psikolog ditugaskan untuk membaca biografi tersebut.

"Kami kumpulkan biografinya, kita catat aspek-aspek penting sepanjang hidupnya," ujar Hamdi usai diskusi hasil survei 'Menakar Kepribadian Capres-cawapres Indonesia 2014' di D'Consulate, Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (3/6/2014).

Hamdi menyeleksi hal-hal yang dilakukan pasangan kedua pasangan calon secara konsisten dari waktu ke waktu. "Jadi ada hal-hal yang konsisten dari waktu waktu, dan titik penting sepanjang hidup sepanjang waktu. Kami sajikan, setelah itu kami minta mereka (psiklog, red) rating," lanjutnya.

SUMUR
Diubah oleh bimscomp 04-07-2014 03:04
0
2.9K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan