Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bradeyAvatar border
TS
bradey
FIFA : Indonesia Wakil Negara Asia Pertama Di Piala Dunia

Indonesia ternyata merupakan negara Asia pertama yang masuk Piala Dunia. Badan sepak bola dunia, Federation Internationale de Football Association (FIFA), memulai Kejuaraan Piala Dunia tahun 1930 di Uruguay. Saat itu Piala Dunia pertama hanya diikuti 13 negara yang berasal dari Eropa, Amerika Latin, dan Amerika Utara dan Tengah. Piala Dunia pertama itu akhirnya dijuarai oleh Uruguay. Pada Piala Dunia kedua tahun 1934, Mesir tampil yang pertama mewakili Afrika.Pada Piala Dunia ketiga di Perancis tahun 1938, Indonesia tampil sebagai wakil Asia pertama dengan menggunakan nama East Indies. Namun Indonesia dianggap masuk lewat pintu belakang, setelah Jepang dan kemudian AS menolak kesempatan untuk bertanding dengan mereka karena pertandingan play-off nya dilakukan di Perancis tahun 1938.Dari nama-nama yang tampil, pemain Indonesia (East Indies) ada yang bernama Indonesia asli dan ada juga yang bernama Belanda. Dari 16 pemain yang dilatih oleh pelatih Belanda (bukan Hindia Belanda) adalah Johannes van Mastenbroek. Pemain tengah Achmad Nawir (1 Januari 1911), pemain tengah Anwar Stan (21 Maret 1914), pemain depan Hans Taihitu (1 Januari 1909), dan Suvarte Soedarmadji (6 Juni 1915). Ada juga bernama China seperti Hong Djien Tan (12 Januari 1916) dan See Han Tan (1 Januari 1910).Selebihnya bernama Belanda seperti Dorst, Frans Hukon, Frans Meeng, G Faulhaber, G van den Burgh, Henk Sommers, J Harting, Jack Samuels, dan R Telwe.Dalam Piala Dunia 1938 tersebut, terdapat 18 tim yang tampil termasuk Indonesia (East Indies) dan Belanda yang menggunakan sistem gugur.



Pada babak pertama Indonesia langsung bertemu dengan tim kuat yang akhirnya tampil sebagai finalis yakni Hungaria pada tanggal 5 Juni 1938 di mana Indonesia kalah 6-0 (4-0), dan Tim Belanda yang dilatih pelatih Inggris Robert Glendenning dikalahkan Czechoslovakia 3-1.Pada babak perempat final, tanggal 12 Juni 1938 sembilan tim bertanding untuk mendapatkan empat tempat. Untuk itu empat tim harus bertanding dua kali untuk merebut dua tempat yakni Cuba, Rumania, Swiss, dan Jerman. Akhirnya empat tim yang masuk semifinal adalah Hungaria, Italia, Brazil, dan Swedia.Di babak semifinal Hungaria mengalahkan Swedia 5-1 dan Italia mengalahkan Brazil 2-1. Dalam pertandingan final tanggal 19 Juni 1938, Italia mengalahkan Hungaria (tim yang mengalahkan Indonesia di babak pertama) dengan skor 4-2 (3-1), sedangkan untuk tempat ketiga Brazil mengalahkan Swedia 4-2 (1-2).Pengalaman Hindia Belanda, nama yang dulu dipakai Indonesia sebelum merdeka dari Belanda, di Perancis memang hanya berlangsung 90 menit. Namun bagi FIFA, itu sudah cukup menjadi bukti bahwa Indonesia sudah pernah main di Piala Dunia sebagai Tim pertama dari Asia. Namun setelah itu Indonesia tidak pernah lagi ikut Piala Dunia, sehingga Indonesia menjadi satu-satunya tim yang pernah bermain hanya satu kali di Piala Dunia FIFA.



[qoute]
Jadi kalau Indonesia suatu saat nanti lolos ke Piala Dunia, maka FIFA akan menganggapnya sebagai penampilan kedua setelah yang pertama tahun 1938.
Saat ini FIFA menganggap asosiasi sepak bola Indonesia didirikan tahun 1930 dan menyatakan bergabung dengan FIFA tahun 1952.[/qoute]

[qoute]
Apa pun latar belakangnya ya karena FIFA sudah menganggap kita pernah masuk Piala Dunia 1938, kita siapkan saja untuk masuk Piala Dunia untuk kedua kalinya!
Tapi kapaaaaaan ya gan?!
emoticon-Sorry[/qoute]

Jangan bilang May ya gan, mayabi yes mayabi no!
emoticon-Ngakak
0
4.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan