Abang OcepAvatar border
TS
Abang Ocep
[AKHIRNYA SADAR] Pemilih Pemula Beralih ke Jokowi-JK
MAKASSAR, FAJAR -- Dalam sepekan terakhir, terdapat sekira 300 ribu pemilih pemula yang didominasi kalangan pelajar dan mahasiswa di Sulsel, mengalihkan dukungan ke pasangan Jokowi-JK.

Hal itu ditegaskan tim pemenangan Jokowi-JK, Jumat, 4 Juli.

Pengalihan dukungan itu, terutama bagi mereka yang melek media sosial dan aktif berinteraksi via facebook ataupun twitter dan media sosial (medsos) lainnya. Seknas Jokowi Sulawesi bersama relawan Gerak Cepat Kaum Muda menaksir angka itu setelah mengamati perkembangan media sosial belakangan.

Yakni setelah sejumlah artis kondang tanah air secara terbuka menyatakan mengalihkan dukungan mereka ke pasangan Jokowi-JK. Mulai dari pengakuan Afghan melalui akun twitternya @afghanzyah_reza dengan kicauan "Dia bukan pemimpin yang cuma ngasih janji, dia berhasil bikin gw pengen ikut turun tangan buat memperbaiki indonesia. #akhirnyamilihjokowi"

Sampai pukul 19.00 Wita malam tadi, kicauan itu telah di retweet 5200an follower dan menjadi favorit 618 follower. Hal sama dilakukan artis Sherina, Sarah Sechan, Gita Gutawa, Agus Ringgo dan lainnya melalui akun twitter masing-masing.

Afgan sendiri memiliki follower (pengikut) lebih 6 juta, Sherina 7 juta, Gita Gutawa 4 juta, Sarah Sechan dan Agus Ringgo masing-masing 3 jutaan pengikut. Hastag #akhirnyamemilihJOKOWI bahkan menjadi trending topik di twitter saat ini.

"Ini adalah sebuah fenomena kaum muda mulai cerdas memilih pemimpin bangsa, mereka menemukan tema sentral perubahan bangsa melalui revolusi mental. Mental adalah sentral perubahan jika ingin bangsa ini maju dan bermartabat," kata Koordinator Presidium Seknas Jokowi Sulawesi, Milyadi Prajitno kepada Fajar, Jumat, 4 Juli.

Di Sulsel, angka 300 ribu muncul dari pengamatan lebih 2 juta pengguna aktif sosial media yang didominasi kalangan muda. Fenomena itu, menurutnya, menunjukkan kaum muda menginginkan pemimpin yang dekat rakyat, melayani dan mendengar. "Bukan pemimpin hanya retorika. Itu yang ditangkap kaum muda kita di Sulsel," sebut Mulyadi.

Aktivis LSM ini mengatakan dampaknya bukan hanya di Sulsel, melainkan kota-kota besar di Indonesia kaum muda ramai-ramai memilih Jokowi-JK untuk perubahan yang mendasar dalam kehidupan berbangsa. Seknas Sulsel sendiri menyikapi migrasi pemilih ini dengan mengakomodasi aspirasi mereka.

Yakni melalui pengembangan ekonomi kreatif yang menjadi trend kebutuhan kaum muda dalam berkontribusi dalam pembangunan. Hal senada disampaikan Ketua Relawan Pelajar dan Mahasiswa (Relasi) Sulsel untuk Jokowi-JK, Abd Abit.

Dia menyampaikan banyaknya artis nasional yang bermigrasi memilih Jokowi-JK memberi dampak besar di Sulsel. "Makin banyak masyarakat yang antusias mengikuti langkah tersebut, apalagi yang menulis status adalah selebritis papan atas yang memilikii banyak fans," katanya.

Trending Topic Dunia

Tokoh-tokoh terkenal, artis-artis, penulis, dan pekerja seni, mulai turun gunung. Kian hari mereka kian menunjukan pilihannya secara terang-terangan pada pasangan Jokowi - JK.

Jumat pagi 4 Juli "hastag" atau tagar #AkhirnyaMilihJokowi menjadi Trending Topic Worlwide yang artinya menjadi tag yang paling banyak diikuti pengguna piranti media sosial khususnya pengguna Twitter di seluruh dunia.

Seperti diketahui pengguna Twitter di Indonesia adalah pengguna nomor tiga terbesar di dunia menurut data yang dikeluarkan oleh Semiocast (2013). Sehingga apa yang menjadi topik paling disukai, apa yang ditulis sebagai tagar yang paling banyak diikuti oleh pengguna twitter di Indonesia akan langsung menjadi tagar paling populer di seluruh dunia.

Berdasarkan data statistik twitter dari Topsy.com, #AkhirnyaMilihJokowi telah menembus angka 164.861 pengikut tagar.

http://www.fajar.co.id/politik/3306840_5665.html

9 Juli menangkan Jokowi yaaa...
0
13.3K
174
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan