sfebri13Avatar border
TS
sfebri13
Pola Kampanye Hitam ke Jokowi dan Obama Nyaris Sama
Pola Kampanye Hitam ke Jokowi dan Obama Nyaris Sama



JAKARTA - Juru Bicara Tim Pemenangan Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK), Hasto Kristiyanto mengatakan ada kemiripan pola serangan ke Capres Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden AS Obama.

“Apa kemiripan serangan yang ditujukan ke Obama dan Jokowi? Ternyata sama persis. Obama diserang isu Islam, Jokowi dengan isu Kristen; Obama sosialis, Jokowi dengan keji diserang komunis, pas bulan puasa lagi,” kata Hasto, di Jakarta, Jumat (4/7/2014).

Obama juga diserang sebagai warga negara yang tidak terlahir di Amerika. Sama halnya dengan serangan ke Jokowi dengan isu China. Lalu, Obama dituduh mendapat dana dari lobbyist, Jokowi pun di sini dituduh mendapatkan dana dari konglemerat. “Wow, mirip betul,” tukasnya.

Atas hal itu, Hasto mengaku pihaknya mencoba mencari keterkaitan pola serangan Jokowi dan Obama itu. Akhirnya menemukan keterkaitan setelah membaca artikel oleh Made Supriatma, seorang Peneliti masalah-masalah politik militer dan jurnalis lepas.

Mengacu pada kampanye hitam yang dialamatkan ke Jokowi dan Obama pada saat itu, Hasto menilainya memang ada kemiripan, bahkan persis. Atas dasar kemiripan tersebut, lanjut Hasto, maka patut diduga, betapa konsultan asing mampu mengharubirukan jagad politik Indonesia sehingga jauh dari tradisi demokrasi Indonesia.

"Kegelapan moral pun datang melanda mengancam persatuan bangsa. Pertanyaannya, siapa yang paling bertanggung jawab atas ketegangan ini?,” ungkapnya seraya menyatakan dugaan adanya konsultan asing dalam upaya menyerang Jokowi sangat kuat.
(ful)
0
2.7K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan