mebisoAvatar border
TS
mebiso
10 Tips Sukses Berbisnis Fashion Di Toko Online
Bisnis online itu luas banget ya gan.
Apalagi sekarang heboh banget jualan baju, sepatu, tas dan produk fashion lainnya.
Nah coba deh yang mau sukses bisnis fashion online,
Ini ada tips dari kita emoticon-Big Grin


10 Tips Sukses Berbisnis Fashion Di Toko Online


Dunia bisnis online saat ini sudah tidak terbatas lagi, hampir semua barang bisa dijual secara online. Mulai dari produk fashion, makanan, kebutuhan rumah tangga hingga korek api pun sudah memiliki toko online. Ada banyak alasan yang diutarakan oleh pemilik toko online tersebut. Target pasar yang luas, management yang mudah menjadi alasan mengapa banyak toko online bermunculan di era teknologi saat ini. Nah, untuk produk fashion sendiri ada tips yang bisa dipelajari untuk bisa sukses berbisnis di rana online. Ini dia diantaranya:

1. Buatlah desain website yang menarik



Website toko online menjadi salah satu kunci kesuksesan ketika Anda memutuskan untuk berjualan secara online. Ada banyak desain toko online yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan konsep jualan Anda. Begitupula saat Anda ingin berjualan di bidang fashion, seperti pakaian, sepatu, accesories dan lain sebagainya. Untuk website toko online yang menjual produk fashion, ada baiknya menggunakan desain yang menarik. Sebenarnya bukan hanya produk fashion yang harus memiliki website yang desainnya menarik. Tapi ketika website toko online fashion Anda berpenampilan menarik, itu akan terlihat jauh lebih elegan dan berkelas. Ini yang akan membantu Anda menciptakan nilai dan pandangan yang baik kepada pelanggan – pelanggan Anda.

2. Gunakan logo dan nama domain yang sesuai
Saat mulai membuka bisnis online, logo dan nama domain adalah hal yang tidak bisa terlupakan. Logo dan nama domain yang akan Anda gunakan haruslah menarik dan sesuai dengan apa yang Anda jual. Kita tahu, logo dan nama domain menjadi salah satu alat yang digunakan untuk melakukan promosi atau branding kepada khalayak ramai. Logo yang dibuat tidak harus rumit, tidak perlu juga mencantumkan nama toko Anda. Namun logo harus mampu memberikan sedikit gambaran tentang website fashion yang Anda miliki. Nama domain juga demikian. Ketika Anda sudah memiliki konsep dan ide yang kira – kira menarik, segeralah untuk membeli dan membuat nama domain Anda. Nama domain yang mudah dan menarik, akan membuat orang mudah untuk mengingatnya.

Quote:


3. Jangan terlalu rumit
Ini dia, menciptakan sebuah tampilan website yang elegant dan berkelas tidak harus rumit dan penuh dengan pernak – pernik. Simple adalah kata kunci yang perlu Anda ingat ketika ingin membuat atau membeli sebuah template toko online untuk bisnis fashion yang Anda miliki. Ada kalanya website yang hanya menampilkan nama toko di awal saat orang mengakses, dengan tidak menggunakan banyak warna dan penggunaan jenis font yang sesuai, akan membuat dan menciptakan kesan elegant bagi website toko online Anda. Namun ini tergantung dari sasaran atau target pasar yang akan Anda tuju. Jika target pasar produk fashion Anda adalah pakaian atau produk fashion khusus anak kecil, untuk lebih menarik perhatian bunda dan ayah yang mengakses, Anda bisa menambahkan beberapa warna yang ceria dan juga gambar yang menarik perhatian. Dan ini tentu berbeda ketika target pasar Anda adalah anak muda yang dinamis dan menyukai sebuah tampilan yang sangat elegant dan juga tidak terlalu rumit.

Simple juga bisa diberikan bukan hanya pada tampilan, tetapi juga pada proses yang harus dilalui oleh pelanggan Anda. Biarkan pelanggan menemukan kemana dan bagaimana mereka bertransaksi dengan mudah dan cepat.

4. Tampilkan foto yang jelas dan dari berbagai sisi
Menjual produk fashion tentu akan menjadi berbeda dengan lainnya, terlebih ketika harus menampilkan gambar produk yang dijual. Foto produk yang digunakan tidak harus menggunakan foto para super model yang mampu menampilkan gaya yang indah dan elegant. Anda atau kerabat juga bisa menjadi model dari produk fashion yang Anda jual. Namun ada yang perlu diperhatikan. Selain dari kualitas gambar, pencahayaan untuk proses pemotretan, sampai foto yang juga harus jelas saat dicantumkan. Foto produk harus diambil dari berbagai sisi. Ini yang akan meyakinkan pelanggan mengenai produk yang ingin mereka beli. Anda bisa menampilkan foto yang diambil dari kejauhan hingga yang paling dekat, untuk menampilkan detail kain atau struktur produknya.

5. Beri deskripsi yang lengkap dan detail



Karena pelanggan hanya akan melihat gambar dari produk yang Anda jual, untuk meyakinkan mereka jika produk Anda adalah asli dan berkualitas, maka perlu kiranya Anda mencantumkan deskripsi produk yang lengkap dan detail. Mulai dari ukuran, bahan, merek, stock hingga harga yang Anda berikan. Jika ada pelanggan yang ragu dan menghubungi Anda untuk bertanya tentang detail deskripsi produk, maka jangan segan untuk menjawabnya dengan ramah dan lengkap. Berikan keyakinan kepada pelanggan bahwa produk Anda memang benar – benar berkualitas dan tidak asal dipajang.

6. Promosikan ke semua media
Sosial media lagi – lagi sangat bermanfaat bagi berbagai bisnis online. Termasuk ketika Anda sedang berjualan online produk fashion. Gunakanlah lebih dari 2 sosial media untuk lebih menjangkau pasar yang luas. Ada Facebook, Twitter, Instagram, Path, Pinterest dan lain sebagainya. Jaring teman sebanyak – banyaknya, karena ketika teman atau koneksi Anda sudah banyak, ini akan memudahkan Anda dalam mengenalkan dan mempromosikan produk Anda. Ada yang perlu diingat disini, ketika Anda menggunakan banyak media untuk promosi, jangan biarkan itu semua Anda tangani sendiri. Karena jika demikian, Anda tidak akan bisa fokus mengerjakan satu hal dan mengembangkan bisnis Anda. Anda bisa mulai meminta bantuan seseorang untuk menangani promosi Anda di sosial media yang sangat banyak Anda gunakan.

7. Manfaatkan event tertentu
Berbisnis fashion tentu tidak akan ada habisnya. Orang Indonesia yang banyak berkiblat pada negara maju akan terus mengadaptasi produk fashion yang sesuai dengan perkembangan zaman dan suasana tertentu. Ini yang mengharuskan Anda terus berinovasi dan menciptakan produk yang bisa digunakan kapanpun dan dimanapun. Cobalah untuk memanfaatkan event – event tertentu untuk bisa menarik perhatian pelanggan – pelanggan Anda. Tidakkah Anda sadar, beberapa produsen produk fashion akan memenuhi tokonya sesuai dengan event atau acara yang sedang berlangsung saat itu. Salah satu contohnya yaitu untuk produk pakaian, saat event Hari Raya besar umat Islam, beberapa toko akan memajang pakaian yang sesuai dengan event atau moment pada saat itu. Tidak ada salahnya jika Anda juga menggunakan cara ini untuk menarik perhatian pelanggan dan calon pelanggan Anda.

8. Berikan packaging yang menarik



Berpenampilan menarik bukan hanya harus Anda tunjukkan pada halaman website yang menjadi media Anda berjualan. Anda bisa memberikan tampilan yang menarik pada packaging produk Anda. Buatlah sebuah packaging yang mampu menarik perhatian pelanggan dan memberikan kesan baik terhadap pelanggan. Melalui packaging, Anda juga bisa melakukan proses promosi. Ada logo, warna, nama perusahaan, alamat, info contact yang bisa dihubungi. Ini akan menjadi branding tersendiri bagi Anda. Anda tidak perlu lagi mencetak brosur sebagai bantuan promosi bisnis Anda. Cobalah untuk membuat desain packaging yang sesuai dan menarik untuk produk yang Anda jual.

9. Berikan penawaran khusus



Siapa yang tidak tertarik dengan penawaran khusus yang Anda berikan kepada pelanggan? Penawaran atau harga khusus bisa menarik perhatian bagi pelanggan Anda. Contohnya, Anda akan memberikan kupon atau voucher untuk setiap pelanggan yang membeli produk tertentu yang Anda tawarkan. Selain voucher, diskon, bonus dan lain sebagainya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan Anda. Anda juga bisa memanfaatkan ini untuk promosi produk terbaru yang Anda jual.

10. Manfaatkan feed back pelanggan
Yang terakhir adalah tetap dengan memperhatikan dan mendengarkan setiap feed back yang pelanggan Anda berikan. Baik dari segi website, produk ataupun layanan yang diterimanya. Anda juga bisa mulai meminta pendapat mereka ketika ingin meluncurkan produk tertentu. Ini akan menjadi mudah bagi Anda untuk bsia menyediakan apa yang pelanggan Anda inginkan dan mereka butuhkan. Anda tidak perlu meminta kepada semua pelanggan Anda, akan sulit ketika Anda meminta dan menyaring satu per satu feed back dari pelanggan yang jumlahnya sangat banyak. Anda bisa mengkategorikan pelanggan yang ingin Anda mintai pendapatnya sebagai perwakilan dari seluruh pelanggan.

Baca juga:

Quote:


Sumbernya nih Gan emoticon-Big GrinMediabisnisonline
0
3.2K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan