pasir.merahAvatar border
TS
pasir.merah
Mengenal False Nine & Pemain Terbaiknya
Welcome!



Spoiler for HT First:


Spoiler for Lagi:


Spoiler for NoRepost:


Quote:


emoticon-Bolaemoticon-Bola emoticon-Bola

False Nine?
Apa itu false nine? Itu adalah striker bohongan. Striker macam ini bukan striker bertipe bomber, berbadan besar dan menunggu bola didepan gawang lawan. Striker bohongan ini lebih mirip second striker, dia bisa bergerak ke segala arah, menjemput bola, bahkan merebut bola dan membantu pertahanan. Striker macam ini gak dituntut untuk berbadan besar, tapi lebih kepada tehnik dan skill mumpuni. Striker ini harus mampu menggiring bola, mengumpan dan tentu tidak lupa pada tugas originalnya: mencetak gol.

Secara definisi, false nine diartikan sebagai penyerang terluar yang turun ke tengah untuk mengacaukan konsentrasi pertahanan lawan. Para pemain menunggu dan menunggu dengan keras kepala. Mereka dengan asyiknya bermain dan menahan godaan untuk menembak bola ke gawang lawan sampai ada momen yang tepat untuk mengeksekusi sebuah gol. False nine menyebabkan tim yang menggunakannya terlihat bermain tanpa seorang penyerang.

Taktik itu bisa menjadi mimpi buruk bagi pertahanan lawan karena sulit untuk diantisipasi. Sebuah keadaan yang dilematis akan dialami bek lawan, bertahan di posisinya atau mengikuti pergerakan "penyerang palsu" itu. Jika mengikuti pergerakannya ke tengah, maka garis pertahanan akan menjadi tinggi sehingga rentan terhadap umpan terobosan ke sayap. Penulis sepak bola ternama, Jonathan Wilson, mengatakan bahwa taktik sepakbola adalah seni memanipulasi ruang dan false nine adalah salah satu bentuk manipulasi ruang yang terbaik.


Awal False Nine
Embrio false nine sebenarnya sudah muncul enam dekade lalu, tepatnya 25 November 1953. Saat itu, Inggris meladeni Hungaria pada partai persahabatan di stadion Wembley. Pada pertandingan yang dikenal dengan "match of the century" itu, Hungaria menang dengan skor telak 6-3. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, The Union Jack dikalahkan oleh tim non-Britania di kandang sendiri.

Inggris yang waktu itu merasa sebagai aristokrat sepakbola hanya terpana melihat bagaimana pola permainan kaku mereka diacak-acak oleh strategi pelatih Gusztav Sebes. Hungaria yang sempat dijuluki "tim dari luar angkasa" dimotori Ferenc Puskas, Sandor Kocsis, Zoltan Czibor dan Jozsef Bozsik. Tapi yang menjadi pusat perhatian dan menyulut kekacauan di areal pertahanan Inggris adalah pemain bernomor 9 yaitu Nandor Hidegkuti. Lazimnya pemain bernomor 9 pada masa itu dipasang sebagai penyerang tengah. Dia berfungsi sebagai finisher, tapi pergerakannya yang tak lazim membuat barisan pertahanan Inggris kalang kabut.


Quote:



9 Pemain False Nine Terbaik Sepanjang Sejarah




Posisi false nine memang baru dikenal luas di era sepak bola modern ini. Tetapi skema ini rupanya sudah mulai diterapkan di beberapa dekade silam, meski tidak sepopuler seperti sekarang.

Berikut beberapa pemain dunia yang tampil fantastis ketika menempati posisi false nine yg dirangkum oleh Bola.net:

1. Francesco Totti
Quote:


2. Lionel Messi
Quote:


3. Matthias Sindelar
Quote:


4. Ezequiel Lavezzi
Quote:


5. Robin van Persie
Quote:


6. Carlos Tevez
Quote:


7. Dennis Bergkamp
Quote:


8. Nandor Hidegkuti
Quote:


9. Johan Cruyff
Quote:




Quote:


Bagaimana Voteball Hollic? emoticon-Hammer2
Sudah mengerti apa itu Strategi False Nine? emoticon-Bola


Quote:


ada beberapa kata yg
ane quote dari sini emoticon-Big Grin


Spoiler for Nusantara:


emoticon-I Love Kaskus

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


Spoiler for Plus++:


Update di Post #2
Diubah oleh pasir.merah 20-10-2013 20:49
0
83.4K
765
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan