Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

imammechAvatar border
TS
imammech
Ini Lokasi Jalur Mudik Lampung yang Gelap Gulita
Sebulan menjelang arus mudik Lebaran 2014, jalur lintas tengah (jalinteng) Sumatera yang menjadi salah satu jalur utama perlintasan mudik, ternyata masih dalam kondisi gelap. Sejumlah titik yang dipantau Tribun dari Bakauheni hingga Terbanggi Besar rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Lampung IB Ilham Malik mengatakan, kondisi jalan yang gelap membahayakan pengguna jalan. Hal itu karena selain gelap, kondisi jalan di Lampung belum sepenuhnya baik.

"Akibat lampu jalan tidak menyala, ini bisa menimbulkan kerawanan terjadinya kecelakaan. Apalagi, jumlah pengguna jalan tentunya akan meningkat selama arus mudik maupun arus balik. Khususnya, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang bisa dikatakan menjadi ruas utama," kata Ilham, Minggu (29/6).

Pantauan Tribun di ruas Bakauheni-Terbanggi besar sepanjang 150 kilometer (km) pada Kamis (26/6) malam hingga Jumat (27/6) dini hari, mayoritas di jalinteng tanpa penerangan. Beberapa titik yang memiliki penerangan hanya ada di sekitar 700 meter Pelabuhan Bakauheni, Kecamatan Kalianda (2 km), jembatan rel kereta api Tarahan (100 meter), Pasar Natar (500 meter), depan Bandara Radin Inten II Lampung (500 meter), dan ruas Gunung Sugih-Bandar Jaya (2 km).

Penerangan jalan juga menyala di beberapa persimpangan, seperti di Persimpangan Rejosari, Gayam, ataupun Penengahan. Di beberapa ruas, penerangan jalan berasal dari lampu toko maupun rumah milik masyarakat yang berada di sisi jalan.

Beberapa penerangan industri, secara tidak langsung pun turut menyumbangkan penerangan ke jalan. Meskipun begitu, penerangan toko, rumah, maupun industri rata-rata hanya berjarak puluhan meter.

Titik gelap di Jalinteng tidak sepenuhnya terjadi karena belum tersedia infrastruktur lampu penerangan jalan umum. Banyak lampu jalan penerangan umum tampak tidak bekerja, alias mati. Terpanjang, kondisi tersebut dapat ditemui dari Kelurahan Pidada, Bandar Lampung hingga Pasar Natar, Lampung Selatan (Lamsel) sepanjang 28 km. Walaupun infrastruktur lampu jalan telah ada, tetapi tidak menyalaIni Lokasi Jalur Mudik Lampung yang Gelap Gulita
0
1.4K
5
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan