NatogaAvatar border
TS
Natoga
Ekspedisi Karimata Mapala Silvagama


Setelah 10 tahun vakum dalam kegiatan ekspedisi, Mapala Silvagama kembali menggelar ekspedisi pada 25 Januari hingga 22 Februari 2012. Kegiatan ekspedisi ini mengambil tema eksplorasi dan pengabdian masyarakat, yang mengambil tempat di Pulau Karimata, Cagar Alam Laut Karimata, Kepulauan Karimata.
Pulau Karimata termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Maya Pulau Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat dengan letak geografis 1° 25‘ - 1° 50' LS dan 108° 40' - 109°10' BT. Status kawasan Gugusan Kepulaun Karimata ditunjuk sebagai Cagar Alam berdasarkan surat Keputusan Menteri kehutanan No.259/Kpts – II/2000, dengan luas total CAL Kepulauan Karimata sebesar 77.000 ha.

Spoiler for Letak Pulau Karimata:
Sebagai gambaran dasar, Pulau Karimata memiliki 4 ekosistem yaitu ekosistem hutan mangrove, ekosistem hutan pantai, ekosistem hutan tropis dataran rendah, dan ekosistem terumbu karang. Variasi ekosistem di dalam pulau ini memungkinkan adanya keanekaragaman jenis flora dan fauna yang unik, karena keadaan geografis, wilayah Pulau Karimata yang merupakan sebuah kepulauan yang terpisah berjauhan sehingga mendorong terjadinya proses spesiasi.

Pulau Karimata memiliki SDA peralihan yang khas antara Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera yang awalnya merupakan satu kelompok kerak benua yang dikenal sebagai Dangkalan Sunda. Keunikan dan kekhasan sumber daya alam tersebut didukung dengan kondisi bentang alam Pulau Karimata. Pulau ini dikelilingi oleh wilayah perairan laut, menyebabkan pulau ini terisolir karena tidak ada koridor penghubung antar pulau disekitarnya.Sampai saat ini informasi mengenai sumber daya alam berupa flora dan fauna di Pulau Karimata yang tersedia masih terbatas.

Karena sedikitnya penelitian dan data yang ada mengenai Pulau Karimata, oleh sebab itu perlu diadakannya survei awal untuk melihat dan mengetahui secara langsung potensi yang terdapat di Pulau Karimata. Pada tanggal 11 Juli 2011 survei telah dilakukan selama 19 hari, dan telah memberi informasi dasar bagaimana gambaran Pulau Karimata.

Spoiler for Salah satu pemandangan pantai di Pulau Karimata:

Spoiler for Salah satu pemandangan pantai di Pulau Karimata:

Spoiler for Salah satu pemandangan pantai di Pulau Karimata:


POTENSI FAUNA
Spoiler for POTENSI FAUNA:



POTENSI FLORA
Spoiler for POTENSI FLORA:


POTENSI SOSIAL
Spoiler for POTENSI SOSIAL:



POTENSI WISATA
Spoiler for POTENSI WISATA:



PERMASALAHAN PADA KAWASAN CAGAR ALAM PULAU KARIMATA
Spoiler for PERMASALAHAN PADA KAWASAN CAGAR ALAM PULAU KARIMATA:
0
7K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan