CekibroooTAvatar border
TS
CekibroooT
Dachiri Dawa Sherpa asal Nepal-Daki Lemongan-Semeru
Gunung Semeru, Bromo dan Lemongan didaki oleh sejumlah pelari ekstrem dunia. Dari 20 peserta pelari ektrem gunung api, ternyata ada Dachiri Dawa Sherpa asal Nepal, juga ikut serta dan menjadi sponsor kegiatan mengenalkan olah raga yang sedikit sekali peminatnya itu.

Sherpa mengaku baru pertama kali melakuka pendakian Gunung Api di Jawa Timur sebagai langkah ujicoba untuk mengetes fisik tubuhnya. Pasalnya, Sherpa yang dikenal pendaki Gunung Mount Everet tertantang menaklukan gunung api yang eksotis di pulau jawa bagian timur.

Peserta Les Volcano Del’extreme 2011, diikuti atlet Indonesia, Itlay, Perancis, Nepal, Madagaskar dan Swiss. Sebelum menaklukan Gunung Lemongan, peserta menaklukan Gunung Bromo. Yang paling dasyat, peserta bisa menaklukan pendakian gunung Semeru naik turun selama 5 jam dari Ranu Pane-Puncak Semeru-Ranu Pane.

Pendakian Gunung Lemongan-Lumajang dengan ketinggian 1676 Dpl yang dilakukan oleh Sherpa hingga puncak ditempuh hanya 1 jam 4 menit dan turunya ditempuh 35 menit. Padahal, bagi pendaki gunung Lemongan bisa dicapai untuk mendaki 5 jam lebih untuk naik dan turu dari Puncak Lemongan bisa 4 jam-an.

Adanya pendaki sambil lari gunung Lemongan dari luar negeri, dibuat kagum dan tertegun. Karena jalur gunung Lemongan yang ekstrem dan terjang serta memiliki kemiringan trak pendakian 75 derajat dinggap sangat berat oleh pendaki pemula maupun yang sudah berpengalaman.

“Pendakian Gunung Semeru biasa dan tidak membutuhkan teknik tinggi, tapi lemongan sangat beda, perlu teknik khusus,” kata Sherpa pada sejumlah aktivis Laskar Hijau yang mengawal kegiatan Kompetisi altet pelari ekstrem.

Dia mengungkapkan, Gunung Lemongan yang gersang perlu dilakukan penghijauan. Bahkan, dirinya bersama peserta lainya diajak melakukan penghijau oleh Laskar Hijau mengaku senang dan ikut dalam penanggulangan Global Warming.

“Penghijauan is good, I like that,” ujar Sherpa.

Gunung Lemongan yang sebelumnya, hanya didaki oleh pendaki lokal. Kini sudah dilirik oleh pendaki dunia sambil berlari. Para Peserta Les Volcano Del’extreme 2011, usia menaklukan Gunung Semeru, Bromo dan Lemongan, ternyata akan menaklukan Gunung Raung dan Ijen.

Sungguh luar biasa, Sherpa sang penakluk Gunung Dunia dengan berlari mencoba mendaki gunung di Lumajang-Jawa Timur. Semoga Sherpa bisa mengabarkan pada dunia, Indonesia memiliki alam yang indah dan masyarakatnya sangat ramah. Thanks very so Much Sherpa..! Sampai jumpa lagi tahun depan.
sumber..http://sosok.kompasiana.com/2011/06/...mongan-semeru/
smoga tidak salah senthong
tata604
nona212
nona212 dan tata604 memberi reputasi
2
12.8K
129
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan