Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mubarak.zimahAvatar border
TS
mubarak.zimah
Wamendikbud: Kalau UN Dihapuskan, Apa Indikator Keberhasilan Pelajar?


Jakarta - Wamendikbud Musliar Kasim kembali menanggapi wacana peniadaan Ujian Nasional (UN) bila salah satu capres menang. Menurut Musliar hal tersebut tergantung pemerintahan yang baru nantinya.

"Kalau tidak ada UN ya tergantung pemerintahan yang baru mau bagaimana. Tapi saya percaya siapa pun yang jadi Presiden nantinya menunjuk Menteri Pendidikan yang terbaik," kata Musliar usai pengumuman UN SMP di kantornya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (13/6/2014).

Namun demikian, ada pula menurut Musliar sejumlah kalangan yang bersikeras mempertahankan UN. Salah satu alasannya adalah UN dapat menjadi indikator keberhasilan pendidikan.

"Kalangan pro UN itu nanti pasti akan bilang kalau UN dihapuskan kemudian apa indikator keberhasilan pelajar? Dengan ada UN juga kan mendorong siswa untuk belajar lebih giat lagi," imbuh Musliar.

"Kalau menurut saya sebaiknya yang dievaluasi adalah kurikulum, bukan UN. Kalau soal menghapus UN, sekarang pun di SD tidak pakai UN," lanjut dia.

Sebelumnya di kesempatan lain Musliar telah menanggapi pernyataan seorang capres yang berjanji menghapus UN. Menurut dia hal tersebut tidak mungkin dilakukan.

"Kalau ingin meningkatkan kualitas harus ada ujian eksternal. Kalau ujian dari dalam saja pasti kurang," ujar Musliar Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (12/6) lalu.

Adalah capres Joko Widodo (Jokowi) yang mewacanakan ingin menghapus UN untuk tingkat SD dan SMP. Sementara untuk tingkat selanjutnya akan tetal ada.

"Menurut saya, UN di SD dan SMP itu lebih baik tidak ada. Kalau SMA, UN itu tidak dipakai untuk kelulusan tetapi untuk pemetaaan kualitas pendidikan," kata Jokowi pada Lokakarya Peningkatan Kualitas dan Kesejahteraan Guru di Jl Walter Monginsidi, Medan, Sumatera Utara, Selasa (10/6) lalu.


http://news.detik.com/read/2014/06/1...jar?n991102605
0
5.1K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan