V4PAvatar border
TS
V4P
[SEBENANRYA] PRABOWO MENANG VS. JOKOWI KALAH TELAK 2014
TEMPO.CO, Jakarta - Lembaga Survei Nasional (LSN) memperkirakan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa bakal menang dalam pemilu presiden 2014. Perkiraan itu berdasarkan survei lembaga ini yang menyebut elektabilitas Prabowo-Hatta mengalahkan elektabilitas pesaingnya, yakni Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Survei kami 46,3 persen memilih Prabowo-Hatta dan 38,8 persen memilih Jokowi-JK. Sisanya 14,9 persen belum punya pilihan," kata Dipa Pradipta, peneliti LSN, saat menggelar jumpa pers di Le Meridien Hotel, Jakarta, Kamis, 12 Juni 2014. (Baca:Survei: Jokowi Unggul di 4 Kota, Prabowo di 3 Kota)

LSN digelar cukup singkat, yakni pada 1-8 Juni 2014 di 34 provinsi se-Indonesia. Survei yang melibatkan 1.070 responden itu dilakukan dengan metode wawancara dengan kuisioner. LSN mengklaim hanya memiliki tingkat kesalahan 3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei itu, kata Gema Nusantara, peneliti LSN lainnya, diperoleh setelah melihat elektabilitas Jokowi-JK yang hanya menang di Jawa Tengah, daerah yang merupakan basis PDI Perjuangan, partai pengusungnya. Di daerah lainnya Jokowi-JK kalah telak. "Jawa Tengah 47,5 persen memilih Jokowi-JK dan 43,3 persen ke Prabowo-Hatta," katanya. (Baca:Cyrus: Angka Pemilih Kritis 5 Persen)

Gema mengatakan ada tiga faktor yang menyebabkan tingkat keterpilihan Jokowi-JK rendah dibanding Prabowo-Hatta. Publik dianggap jenuh terhadap figur Jokowi yang tidak berhenti diangkat oleh media massa bak manusia setengah dewa.

Kemudian, mesin partai pendukung Jokowi-JK tidak bekerja optimal mengusung mereka. Bahkan, publik dianggap mulai meragukan kapabilitas Jokowi karena menunjukkan penampilan yang tidak mengesankan. "Misalnya pada pengundian nomor urut dan deklarasi damai," ucapnya.

TRI SUHARMAN

http://pemilu.tempo.co/read/news/201...Ungguli-Jokowi



akh..sudahlah...memang gitu kenyataannya... emoticon-Kiss
0
3.6K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan