Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

EconomicHitmanAvatar border
TS
EconomicHitman
[No Hora-Hore] Prabowo Vs Jokowi Dalam Subsidi BBM
Jakarta -Para calon presiden-wakil presiden telah menyerahkan visi dan visi mereka ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Duet Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memberi judul visi dan misi mereka Agenda dan Program Nyata untuk Menyelamatkan Indonesia. Sementara Joko Widodo-Jusuf Kalla menamai dokumen visi dan misi mereka sebagai Jalan Perubahan untuk Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian.

Salah satu poin dalam visi dan misi kedua pasangan ini adalah upaya mengurangi subsidi, khususnya bahan bakar minyak (BBM). Tahun ini saja, pemerintah menganggarkan dana lebih dari Rp 300 triliun untuk subsidi, baik energi maupun non energi.

Prabowo-Hatta punya program mengurangi subsidi BBM khusus terhadap orang kaya, melalui mekanisme pajak dan cukai, serta membangun sistem subsidi energi yang lebih tepat sasaran dan berkeadilan.

Sementara Jokowi-JK berjanji mengurangi subsidi dengan melakukan transformasi sektor transportasi dari berbasis BBM ke yang berbasis gas. Kemudian langkah kedua adalah melakukan realokasi subsidi BBM ke penyediaan biofuel.

Agustinus Prasetyantoko, ekonom Universitas Katolik Atma Jaya, menilai subsidi memang harus dikurangi bagaimana pun caranya. "Jadi bukan soal optimistis atau tidak optimistis. Ini memang harus dilakukan, karena subsidi sudah tidak masuk akal. Tahun ini sudah lebih dari Rp 300 triliun, kalau tahun depan tidak dilakukan apa-apa pasti akan membengkak," paparnya saat dihubungi detikFinance di Jakarta, Rabu (21/5/2014).

Namun, lanjut Prasetyantoko, siapa pun yang terpilih jadi presiden nanti akan menghadapi tantangan ketika ingin mengurangi subsidi. Tantangan pertama adalah politik.

"Jika Pak Jokowi yang menang, maka dukungan di parlemen tidak optimal karena partai pendukungnya tidak menjadi mayoritas. Kebijakan pengurangan subsidi tidak akan berjalan lancar," kata Pras, sapaan akrab Prasetyantoko

Namun jika Prabowo yang jadi presiden, lanjut Pras, hal serupa juga akan terjadi. "Apalagi selama ini masyarakat terlanjur menganggap apa yang dilakukan Jokowi selalu benar, dan Prabowo tidak punya hal itu," ujarnya.

Tantangan kedua, tambah Pras, adalah dari sisi makro ekonomi. Mengurangi subsidi akan menyebabkan lonjakan inflasi, dan akibatnya bisa saja investor lari dari pasar Indonesia.

"Apalagi kalau timing-nya pas dengan kenaikan Fed Fund Rate (suku bunga acuan di Amerika Serikat). Ini akan mengganggu stabilitas di market," kata Pras.

Meski penuh tantangan, Pras menegaskan rencana pengurangan subsidi harus dilakukan. Pemerintahan mendatang perlu menerapkan kebijakan ini dengan pertimbangan yang matang.

"Perlu ada kajian yang mendalam mengenai realokasi subsidi, apakah ke sektor kesehatan, pendidikan, atau infrastruktur. Dengan begitu dampak dari pengurangan subsidi bisa sedikit teratasi. Masyarakat juga harus terus diedukasi supaya bisa memahani bahwa subsidi begitu memberatkan anggaran," tutur Pras.
sumber

Penilaian ane keduanya gak menyelesaikan masalah
Prabowo-Hatta : gak feasible soalnya kontrol lapangannya pasti sulit, gimana coba ngebedain yg kaya atau gak pas lagi di pom.emoticon-Malu (S)
Jokowi-JK : BBM ke BBG itu finishingnya, proses kesananya yg gak diselesaikan sama pasangan ini. Investasi di BBG itu jarang yg mau karena investor ngeliat potensi pasarnya kecil apalagi ketika BBM masih disubsidi.
Biofuel seperti pernah ane post di thread pendukung prabowo juga gak menyelesaikan masalah soalnya harga biofuel gak beda jauh dengan BBM non-subsidi, produktivitasnya gak stabil, dan lagi permasalahan kerusakan lingkungan hidup.

Solusi ane simpel, naikin harga BBM secara bertahap, atau pakai saran BI besaran anggaran untuk subsidi BBM di bikin fix marginnya dengan harga ekonominya.
Polling
0 suara
Pasangan mana yang memberikan solusi dalam masalah subsidi BBM?
0
2.6K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan