armandzAvatar border
TS
armandz
Tips Saat Akan Main Badminton
Numpah share dikit aja tentang pengalaman ane wktu maen badminton., biar ga kehabisan tenaga n maennya enak. Ini berdasarkan pengalaman ane sendiri, klo mungkin agan2 ada tembahan lain silahkan, akan ane pajang di page one.

1. Pemanasan
Namanya pemanasan kayanya di semua olahraga yang menggunakan tenaga dan fisik emang penting. Pemanasan berguna untuk melemaskan otot2 yang kaku sebelum bekerja/ berolahraga berat. Tanpa pemanasan akan meningkatkan kemungkinan untuk kram / terkilir.

klo ane sendiri pemanasan awal dimulai dengan stretching/ perenggangan., dari atas, leher diputar searah jarum jam dan sebaliknya sesuai kebutuhan. kemudian tangan, tarik perlahan tangan dari belakang kepala dari masing2 tangan, kemudian di depan dada.juga pada kedua tangan. kemudian membungkuk posisi kaki rapat telapak tangan usahakan meyentuh lantai., untuk kaki, dalam posisi duduk salah satu kaki tekuk ke dalam dan tarik ujung kaki pada posisi kaki yang lurus, lakukan bergantian, kemudian lari2 kecil sampai sedikit berkeringat.

2.. Minum
Sebaiknya jangan sering2 minum pada saat main badminton, minum dilakukan pada saat emang bener2 mulut terasa kering atau mulai asam/pahit. karena terlalu banyak minum akan mempengaruhi kondisi dalam tubuh, minum bersifat dingin maka akan terjadi perbedaan suhu antara bagian terluar tubuh dan dalam tubuh, apalagi klo minum es..

klo ane minum hanya saat sebelum dan sesudah main 1 game, kadang 2 game baru minum, tujuannya untuk melatih ketahaanan tubuh. ane minum es juga dalam keadan sudah bener2 ga akan main, klo masih mau main, paling minum dengan suhu normal, apapun minumannya

3. makan
ini yang kebanyakan temen2 ane kurang pas waktu makannya. makan emang perlu untuk mendukung stamina dan tenaga. klo ga makan atau kondisi lapar, akan cepet capek dan lelah serta konsentrasi berkurangtapi waktunya yang perlu diatur.

ane biasanya makan sebelum main badminton, 2 jam sebelumnya, denagn porsi yg cukup tidak terlalu banyak. sebelumnya ane ga makan dulu sampai benar2 terasa lapar, baru ane makan. klo waktu main jgn makan yang berkuah/makan berat. tenaga kita akan terbagi untuk memproses makanan, makan aja snack ringan. roti/ buah (biasanya pisang) untuk menghilangkan rasa perut kosang aja.

3. tidur
tidurlah yang cukup namun klo bisa jangan pada waktu saat akan bermain, tidur berfungsi untuk mengistirahatkan semua organ tubuh, jika setelah bangun tanpa ada waktu jeda yang cukup maka tubuh akan terasa berat ubtuk bergerak saat bermain. (warning: jangan tidur setelah bermain, pernah 2 x ane nemiun org meninggal saat istirahat setelah badminton karena tidur, ane ga tau penyebabnya apa, tapi ini emang bener2 kejadiannya).

klo ane setelah main tapi makan dulu sampai kenyang baru tidur

Ini dulu gan, nanti ane tambahin lagi. klo ada yang mau nambahin silahkan ane akan senang berbagi tips untuk sehat disini
0
16K
42
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan