kuronekoAvatar border
TS
kuroneko
[Diskusi Ringan] Kenapa Saya Pilih Analog (Film) Daripada Digital.. !
Sekedar diskusi ringan.. sambil nyeruput coklat hangat di malam yang dingin.. (disini dingin loh.. jadi jangan protes.. ^_^)

Sesuai dengan judul thread ini.. kita kembali ke diskusi tahun pertengahan 1990-an .. saat digital mulai merambah dunia fotography..
Digital Photography memperkenalkan kenikmatan proses yang singkat dan praktis dibandingkan film..
dan diramalkan saat itu.. bahwa film akan punah dalam beberapa dekade

sekarang udah tahun 2010.. atau hampir sekitar 20 tahun an semenjak kamera digital consumer pertama dikenalkan Kodak dengan body Nikon F3 dengan resolusi "hanya" 1.3 mpxls pada tahun 1991 yang cukup fenomenal saat itu dan cukup besar untuk sekedar pengiriman foto berita dari satu tempat ke kantor pusat secara cepat.

bagaimana nasib film di tahun 2010?

harus diakui .. tersendat-sendat.. antara hidup dan tidak..
terutama di negeri kita Indonesia.. (menurut kabar dari teman2)...
walau di negeri Jepang.. dan negara maju.. pengguna film belum merasakan kesulitan seperti halnya di Indonesia..
Mungkin karena di Indonesia (ngga hanya di Indonesia sih).... kebanyakan orang lebih cenderung cari yang praktis, dan ngikutin "Trend" yang ada sekarang... which is "Digital"..

pengguna film hanya tinggal beberapa orang "maniak" dan "aneh" yang lebih rela repot2 nyari film yang sulit didapat .. kadang harus berebut menuhin kulkasnya biar stok nya ngga abis.. atau minta kawan untuk kirim dari luar negeri.. atau pesan langsung dari luar negeri .. atau beli sendiri saat pergi ke negeri tetangga.. (ex singapura)
pokoknya ribet deh.. dan film yang bagus juga harganya "relatif" tidak murah untuk di tebus..
sebagai gambaran film slide Velvia 50 punya bandrol sekitar 100rb rupiah untuk satu rol filmnya..
dan yang termurah film b/w Lucky.. punya bandrol sekitar 20rb...
jadi untuk film harus ada "Operational Cost" untuk setiap pemotretan..

ngga hanya cari filmnya..
tapi untuk develop filmnya pun sudah menjadi masalah di Indonesia..
untuk film Hitam-Putih..(BW).. kebanyakan penggemar film sih bisa develop sendiri.. sehingga ngga terlalu kesulitan untuk develop film hitam-putih..
tapi untuk film warna .. saat ini masih mengandalkan minilab yang jumlahnya semakin menipis..
dan untuk film slide positif (reversal film).. yang menggunakan proses tersendiri (E-6).. saat ini sudah tidak bisa lagi ditemukan di Indonesia..
karena peminatnya sudah hampir tidak ada.. atau tidak profitable untuk sebuah business..

dan untuk bisa sharing ke temen2 di internet.. pengguna film analog harus merubah film analog/hasil cetak nya ke dalam format digital..
yaitu dengan cara scan.. baik scan dari film secara langsung.. ataupun scan hasil cetaknya dengan scanner biasa..

Jadi, pada dasarnya harus diakui...
motret dengan film itu lebih panjang prosesnya daripada motret dengan digital yang tinggal cepret2 .. terus upload langsung ke komputer.. dengan digital kita bisa dapet "almost free operational costs".

tapi kenapa beberapa orang "maniak" dan "aneh" itu (termasuk gw sendiri) masih tetep mengambil jalan fotografi dengan system analog/film? di jaman orang udah pake digital...

Alasan setiap orang pasti beda2..

tapi..
Buat gw pribadi..
  1. memotret dengan film itu justru step-up pembelajaran buat gw yang dulu nya lebih seneng motret pake digital..
    jadi alasan gw pake film sekarang.. ya.. itung2 nambah skill motret.. dan melatih kesabaran!. dan belajar untuk lebih merhatiin detail..!..
    dan menghargai setiap frame yang akan diambil.. (karena di analog ada istilah "operational costs")

  2. dan selain itu.. gw seneng motret pake slide.. karena hasilnya justru yang langsung bisa gw nikmatin kapan aja.. tanpa perlu gw nyalain komputer dan browsing file dengan image viewer..
    dengan slide gw justru tinggak buka album gw.. dan liat hasil2 foto nya langsung.. printed in a "very high" quality.

  3. hasil foto yang gw dapat dari analog.. ngga akan hilang atau lenyap hanya karena hdd gw error.. atau kena virus..
    gw masih punya klise jaman gw masih umur 5 tahun dan acara keluarga sekitar 20 tahun yang lalu..(disimpen terus di lemari sama nyokap gw) .. sementara foto2 digital gw yang 10-5 tahun belakang aja..kebanyakan udah hilang entah kemana..(beberapa terselamatkan karena gw backup ke CD.. mudah2an CD gw masih bisa dibaca!..)...
    tapi simpen data secara digital masih sangat rentan terhadap waktu.. dan sangat rentan terhadap hilang.. once DVD backup kita kegores saat pindah rumah.. yang hilang bukan hanya satu foto.. tapi semua foto yang ada.

    mungkin hilang waktu gw upgrade komputer.. atau entahlah..!.

    bener kita bisa beli HDD tambahan untuk backup file2 kita.. tapi kasusnya gw sih.. karena gw motret sembarangan pake digital.. terlalu banyak file "JUNK" yg ada.. sehingga bikin pusing waktu gw pengen liat2 lagi..
  4. dengan gw pake analog.. bukan berarti gw kehilangan dan mengorbankan kualitas gambar yang baik.. kualitas analog film saat ini justru masih tipis di atas digital terbaik saat ini pun.. (untuk low ISO dan high quality scanner)..
    untuk slide..malah gw bisa project gambarnya ke screen gw pake slide projector.. . dengan ukuran 2x3 meter tanpa pecah dan masih punya detail yang sangat baik.. lebih baik dari LCD projector dengan resolusi 1600x1200 sekalipun!..
    dan untuk negatif.. dengan scanner gw yang terbatas aja.. gw bisa peroleh ukuran resolusi gambar sampe 20mpxls dengan hasil yang bagus..
    dengan scanner yang benar2 ok .. ukuran resolusi gambar sampe 32mpixel jg tidak masalah..!. (lebih bagus daripada kamera full-frame terbaik saat ini)

    contoh hasil scan slide analog

    pembesaran 100% nya






jadi...
buat gw pribadi..gw sih bakalan nyaranin ke orang..

kalo buat belajar.. dari bego banget gga tau apa apa..

Beli Digital!.. biar belajarnya cepet dan hasilnya bisa diliat langsung.. dan bisa nambahin semangat langsung .. kalau ternyata hasilnya bagus..bisa nambah interest terhadap fotografi itu sendiri..

dan kalo udah bisa motret dengan bener.. coba deh.. pake analog, asah skill motretnya dengan bener.. coba hargai setiap frame yang diambil..
check pencahayaan sebelum ambil gambar, check detail framing yang diambil..
check komposisi.. check focus..
check tingkat exposure (kalo pake manual exposure)
sebelum tombol shutter dipencet..

kesimpulannya.. buat guw.. kenapa gw pilih film daripada digital sekarang..
adalah buat pembelajaran.. dan lebih mengerti rasa dari fotografi..karena gw lebih menghargai sebuat frame.. dan selalu berusaha untuk mengambil frame yang ada maknanya buat gw..
ngga gaya motret digital.. "dari 100 pasti ada lah yang bagus 10 atau 20 frame sih.. sisanya delete aja!" (kalo sempet delete.,hehe. seringnya sih jadi "junk" di hardisk kita)
target gw sih setelah pake analog.. "dari 100 at least yang bagus itu 70-80 frame.."
*bagus disini.. adalah nilai bagus menurut gw pribadi!.. hehe

gimana dengan agan?

sorry buat bahasa yang ngga enak dibaca.. atau tata bahasa yang blepotan!
0
35K
996
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan