Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nurapriyansyahAvatar border
TS
nurapriyansyah
8 tahun lumpur lapindo?mana tanggung jawab mu?

Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo menghadiri peringatan 8 Tahun Semburan Lumpur Lapindo dan menerima lumpur dari tangan warga di tanggul lumpur yang berada di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (29/5/2014).

bukan cuma janji belaka,jokowi langsung tanda tangan kontrak politik dengan warga sidoarjo


TRIBUNNEWS.COM, SIDOARJO - Bakal calon presiden dari PDIP Joko Widodo sore ini, Kamis (29/5/2014) menghadiri peringatan 8 tahun semburan lumpur lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur.

Pantauan Tribunnews.com, Joko Widodo tiba di tanggul lumpur Lapindo yang berada di tepi Jalan raya Porong, Sidoarjo, Jawa Timur pada pukul 15.45 WIB. Masih menggunakan kemeja kotak-kotak, pria yang akrab disapa Jokowi ini disambut ratusan warga Porong yang tengah berkumpul di tanggul.

Jokowi pun turun dari kendaraannya, Kijang Innova berwarna putih bernomor polisi B 1567 PRA. Dirinya langsung dikerubuti masyarakat yang telah menunggu sejak pagi. Jokowi diantar oleh puluhan masyarakat yang berdesakan sampai ke atas tanggul.

Di atas tanggul, telah didirikan panggung kurang lebih seluas 1,5 meter dengan tenda berwarna putih. Sebelum Jokowi ke panggung untuk berorasi politik, ia turun ke lumpur lapindo yang telah mengering untuk melihat pameran puluhan patung yang dibuat dari lumpur itu sendiri.

"Mari pak lihat dulu hasil karya dari seniman Dadang Kristanto. Patung-patung yang mencerminkan masyarakat yang terkena dampak," ujar seorang moderator melalui pengeras suara.

Mantan Walikota Solo ini menyaksikan ada empat orang yang berteaterikal dengan tubuh penuh lumpur. Satu orang yang penuh lumpur pun memberikan segegenggam lumpur kepada Jokowi.

Jokowi pun segera mengambil lumpur dari seorang yang memberikannya. Walhasil, kedua telapak tangannya penuh dengan lumpur dan menunjukkan kepada ribuan warga yang hadir di sana.
jokowi main lumpur


Ratusan patung manusia lumpur akan ditancapkan di atas lumpur Lapindo, Porong, Sidoarjo, (26/5). Patung ini sebagai bentuk peringatan dan protes warga pada dampak lumpur Lapindo selama 8 tahun. TEMPO/Fully Syafi

TEMPO.CO, Sidoarjo - Sejak pagi tadi, Rabu, 28 Mei 2014, puluhan korban lumpur Lapindo di Sidoarjo memasang perlengkapan untuk memperingati delapan tahun semburan lumpur panas yang menenggelamkan permukiman mereka. Peringatan itu akan dilaksanakan pada Kamis, 29 Mei 2014. Perlengkapan yang disiapkan antara lain panggung, sound system, dan spanduk berisi dukungan terhadap calon presiden Joko Widodo.

Rois, 35 tahun, salah satu korban lumpur yang ikut memasang spanduk, menjelaskan bahwa spanduk bertuliskan "Presidenku Joko Widodo Jujur Merakyat Sederhana" akan dipasang di sekeliling tanggul lumpur, terutama di Desa Siring, Porong, Sidoarjo, yang menjadi pusat peringatan delapan tahun lumpur Lapindo. "Sekitar 400 spanduk akan kami pasang," katanya.

Menurut Rois, satu-satunya calon presiden yang jujur, punya kehidupan sederhana, dan prorakyat adalah Jokowi (Baca pula: Disebut Non-Muslim, Jokowi Pidato dengan Selawat) Hal itu dia lihat dari penampilan dan kebiasan Jokowi melakukan blusukan selama menjadi Gubernur DKI Jakarta. "Tulisan dalam spanduk ini adalah suara kami bagi Jokowi," katanya.

Dia mengaku senang atas kedatangan Jokowi karena calon presiden yang hobi blusukan itu akan mendatangi kawasan lumpur dan melihat langsung penderitaan para korban lumpur Lapindo. Itu sebabnya dia bersemangat memasang spanduk dukungan itu di sekelliling kawasan lumpur sebagai bentuk penghormatan atas kedatangan Jokowi. "Apalagi dia akan datang ke sini dalam rangka menandatangani kontrak politik yang menguntungkan korban lumpur," ujarnya (Klik: Jokowi Akan Kontrak Politik dengan Korban Lapindo)

Adapun dana yang dipakai untuk membuat spanduk sebanyak 400 lembar dengan ukuran sekitar 4 x 2 meter itu berasal dari iuran warga yang dikumpulkan beberapa waktu lalu. "Ini salah satu bentuk dukungan kami," katanya.

Penggagas acara peringatan delapan tahun lumpur lapindo, Dodok Putra Bangsa, menegaskan bahwa sesuai dengan jadwal yang sudah beredar, Jokowi akan mendatangi malam puncak peringatan pada Kamis, 29 Mei 2014. Demi menyambut kedatangan Jokowi, kata Dodok, warga setempat memasang spanduk dukungan atas pencalonan mantan Wali Kota Solo itu. "Info yang kami terima sampai tadi malam dan tadi pagi, beliau positif datang," katanya.

Dari pantauan Tempo, spanduk-spanduk itu banyak dipasang di pintu masuk titik 21 Desa Siring ang menjadi pusat peringatan delapan tahun lumpur lapindo. Bagian bibir tanggul penuh dengan spanduk berwarna latar putih itu. Tempat untuk berteduh di sekitar kawasan lumpur pun dihiasi spanduk yang sama.

Turis-turis pun mulai berdatangan. Mereka berencana menyaksikan acara peringatan sewindu bencana lumpur tersebut. (Baca pula: Turis Mulai Berdatangan Peringati 8 Tahun Lapindo)

MOHAMMAD SYARRAFAH
sumber




TEMPO.CO, Sidoarjo - Puluhan korban lumpur Lapindo sejak pagi mendatangi tanggul di titik 21 Desa Siring, Kecamatan Porong, Sidoarjo. Di tempat itu didirikan panggung untuk menggelar istigasah bersama. Kegiatan tersebut untuk memperingati delapan tahun semburan lumpur Lapindo yang menenggelamkan ribuan rumah dan tanah mereka. "Kami ingin berdoa dan mengenang kampung halaman," kata Khozin, salah seorang korban, Kamis, 29 Mei 2014.

Menurut Khozin, para warga sudah bosan dengan janji-janji PT Minarak Lapindo Jaya dan pemerintah, karena sampai saat ini tidak ada realisasi ganti rugi, khususnya terhadap para korban yang berada di dalam peta area terdampak. "Kami sudah cukup sabar menunggu selama delapan tahun ini," kata dia. (Baca: Korban Lapindo: Pemerintah Beri Harapan Kosong)

Terkait dengan rencana kedatangan calon presiden Joko Widodo (Jokowi), Khozin berharap kader PDI Perjuangan itu dapat memberikan perubahan nasib korban lumpur menjadi lebih baik bila kelak terpilih. "Semoga Jokowi beda dengan presiden sebelumnya," kata dia.

Jokowi semula dijadwalkan mendatangi lumpur Lapindo sekitar pukul 08.00 WIB, namun diundur menjadi pukul 14.00 WIB. Jokowi juga dikabarkan akan menandatangani kontrak politik dengan korban lumpur Lapindo. (Baca: Korban Lapindo: Presidenku Jokowi... )

Demi menyambut kedatangan Jokowi, korban lumpur meletakan spanduk yang bertuliskan "Joko Widodo Presidenku" di sepanjang bibir tanggul, sehingga tanggul lumpur penuh dengan spanduk. Spanduk itu berasal dari iuaran warga yang berharap kedatangan Jokowi dapat mengubah nasib mereka.

MOHAMMAD SYARRAFAH
sumber
0
3.6K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan