Halo gaan Selamat datang di Thread acak kadut saya. Di thread ini saya akan memahas secara deskriptif tentang sejarah motor cross yamaha.
Check it out.
Beberapa dekade terakhir pabrikan yamaha memang sedang berkembang pesat. salah satu jenis motor yang di usung Yamaha adalah motor cross.
Spoiler for 2006:
Spoiler for 2010:
Namun dibawah ini adalah motor cross yang lahir pertama di pabrikan yamaha, dan menjadi patokan motor cross yamaha saat ini.
Spoiler for 1. Yamaha AT1 1969:
Pada tahun 1969, Yamaha merilis sebuah motor berkapasitas 125cc dengan sistem pembuangan 2 stroke. AT1 merupakan motor pertama Yamaha yang bisa dikatakan sebagai jenis trail meskipun modelnya pada masa itu seperti motor berjenis standar.
Spoiler for 2. Yamaha DT1-S 1969:
Pada tahun yang sama, yakni 1969 Yamaha menciptakan flagship DT1 berjenis S. Motor ini memiliki body yang hampir sama dengan motor-motor yang terkenal di eropa pada jamannya, yaitu cafe racer. Yamaha DT1-S ini berjenis enduro atau orang mengidentikkan dengan motor trail plus touring. Mengusung kapasitas mesin yang besar yakni 250cc 2 langkah, semakin mempertegasnya sebagai sebuah motor lintas trek (aspal dan berlumpur).
Spoiler for 3. Yamaha CT1 1970:
Melanjutkan generasi pertamanya, Yamaha meluncurkan CT1 mulai diproduksi pada tahun 1970 silam. Perbedaannya kali ini Yamaha, mempublikasikan CT1 dengan sebutan motor jenis trail.
Dengan AT1, kapasitas CT1 lebih diperbesar dengan mengusung mesin 2 langkah 175cc.
Spoiler for 4. Yamaha RT1 1970:
Pada tahun yang sama dengan pembuatan CT1, Yamaha sengaja memperluas segmen produk motor 'lumpurnya' dengan menambahkan varian RT1, 1970. Motor ini berjenis trail dengan mengusung mesin 2 langkah berkapasitas 360cc.
Yamaha pada waktu itu memang mempersiapkan beberapa varian mesin (besar dan kecil) pada tahun yang sama guna memenuhi keinginan konsumennya.
Spoiler for 5. Yamaha JT1 1971:
Pada tahun 1971, Yamaha sengaja memberikan perhatian kepada generasi anak muda pada masa itu, dengan meluncurkan JT1. Tipe yang satu ini pada masanya memang selalu diidentikkan dengan motor mini enduro untuk kalangan pemuda, lantaran posturnya yang bisa dikatakan lebih kecil dari generasi sebelumnya.
Yamaha JT1 lansiran 1971 ini mengusung mesin sebesar 160cc yang masih berteknologi 2 langkah. Generasi lanjutan DT-1 ini ada pula yang dibekali mesin 60 cc.
Spoiler for 6. Yamaha LT2 1972 :
Yamaha pada tahun selanjutnya yakni, 1972 menciptakan varian motor mini dengan nama atau model LT2. Agak sedikit lebih besar dalam penggunaan mesin dibanding JT1, LT2 mengusung mesin 100cc.
Spoiler for 7. Yamaha DT-2 MX 1972:
Pasar Amerika mengenal motor ini sebagai varian MX paling andal, khususnya performa mesin. Selain kapasitas besar (360 cc), mesin menyadur teknologi termaju saat itu. Dikenal dengan sebutan reed valve atau disebut pula Torque Induction.
Dengan teknologi ini, saluran tenaga tersalur rata di posisi low-end. Selain itu respon mesin lebih akurat, karena memang itu yang dibutuhkan motor tipe MX.
Spoiler for 8. Yamaha Z250 1975:
Inilah cikal bakal varian YZ yang terkenal di ajang kompetisi MX dunia. Walaupun pada versi ini yamaha memakai mesin bertenaga kecil dari versi sebelumnya, namun versi ini terbilang paling inovatif karena sudah mengadopsi sistem suspensi single shock pertama di dunia untuk motocross. Pola ini akhirnya juga diikuti pabrikan lain yang memproduksi motor MX.
Selain itu, Yamaha melakukan terobosan dengan pemakaian bahan aluminium untuk tangki. Tujuannya tidak lain adalah mereduksi bobot.
Sekian thread dari ane gan.
Ane mengharapkan
atau
Terima kasih